Share this
Share

Share

shares

6 Tips Wawancara Kerja Via Video Call Biar Kamu Nggak Grogi

9 July 2020  Ajeng

Berkat teknologi yang semakin canggih, kamu bisa lebih mudah berkomunikasi dengan orang-orang tanpa harus bertatap muka langsung. Ini juga berlaku untuk wawancara kerja yang bisa dilakukan secara online, apalagi di masa pandemi seperti ini. Biasanya, wawancara dilakukan melalui video call. Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang masih merasa grogi saat harus berhadapan dengan HRD di depan layar. Untuk itu, tips wawancara kerja sangat dibutuhkan bagi kamu yang ingin sukses melakukan wawancara tanpa grogi yang berlebihan.

Agar kamu bisa lebih percaya diri dan tidak grogi saat wawancara, simak ulasan di bawah ini.

1. Melakukan Riset

Sumber: pixabay.com

Mencari informasi mengenai perusahaan terkait sangat penting. Pihak HRD biasanya akan menanyakan seputar perusahaan untuk mengetahui sejauh mana keseriusan kamu melamar di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, jangan malas untuk mencatat semua informasi perusahaan tersebut. Kamu bisa mencatat beberapa hal penting seperti profil, visi dan misi, produk perusahaan, dan masih banyak lagi.

Dengan mempersiapkan hal ini, kamu tidak akan grogi saat ditanya oleh HRD. Kamu akan tampil lebih pede meskipun harus bertatapan di layar. So, jangan lupakan poin ini, ya! Jika perlu, hafalkan beberapa jam sebelum wawancara dimulai.

2. Mencari Lokasi Wawancara yang Nyaman

Sumber: pixabay.com

Karena dilakukan secara online, mau tidak mau kamu harus mencari tempat yang nyaman untuk wawancara. Carilah tempat yang terhindar dari keramaian seperti kamar, dan ruangan-ruangan lainnya. Dengan spot yang lumayan sepi dari teriakan Mang Bakso, wawancara kamu bisa berjalan lebih kondusif. Selain itu, perhatikan juga pencahayaan agar wajah kamu terlihat jelas oleh HRD. Beritahu semua keluarga kamu untuk tidak mengganggu saat melakukan wawancara, ya!

3. Menggunakan Pakaian yang Fomal

Sumber: pixabay.com

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah menentukan pakaian yang akan digunakan. Meskipun tidak melakukan tatap muka secara langsung, pihak HRD akan menilai persiapan dan keseriusan kamu dalam melamar pekerjaan, salah satunya dari pakaian. Oleh karena itu, persiapkan pakaian formal jauh-jauh hari. Kamu hanya perlu bagian atasan saja karena umumnya tampilan video call hanya sebatas sampai bagian perut saja. Jika tidak punya baju formal, pinjam teman atau saudaa saja agar tidak perlu mengeluarkan uang.

4. Latihan Wawancara

Sumber: pixabay.com

Sebelum wawancara dimulai, lakukan persiapan terlebih dahulu dengan berlatih mejawab berbagai pertanyaan. Pertama-tama, kamu harus membuat list pertanyaan beserta jawabannya, lalu berlatihlah di depan cermin. Agar latihan terasa lebih real, mintalah teman atau saudara untuk membantu kamu berlatih. Dengan melakukan persiapan ini, kamu nggak bakalan grogi yang sampai mengeluarkan keringat dingin, lho! Santai aja, semuanya pasti akan berjalan baik-baik saja jika persiapan kamu matang.

5. Mengisi Perut Sebelum Wawancara

Sumber: pixabay.com

Perut yang keroncongan bisa saja mengganggu wawancara kamu. Sesekali kamu bisa sakit perut atau keroncongan, sehingga kamu malah jadi grogi. Akibatnya, wawancara bisa jadi tidak seperti yang diharapkan karena kamu nggak bisa mejawab semua pertanyaannya dengan baik. Oleh karena itu, makanlah terlebih dahulu secukupnya. Jangan makan terlalu banyak karena itu bisa bikin kamu ngantuk.

6. Senyum!

Sumber: pexels.com

Saat wawancara tiba, pastikan kamu menampakan wajah yang ramah. Jangan sampai kesan wawancara menjadi tidak menyenangkan karena kamu menampakan wajah grogi atau cemberut. Tarik napas dalam-dalam, dan berikan sapaan hangat kepada HRD. Berikan senyuman sesekali agar rasa grogi bisa diminimalisir. Kesan yang ramah bisa memberikan energi positif saat wawancara, sehingga kamu bisa lebih mudah melalui tanya jawab dengan pihak HRD. Setelah wawancara selesai, jangan lupa mengucapkan terima kasih, ya!

Itulah enam tips wawancara agar kamu tidak grogi. Lakukan persiapan sebaik mungkin agar wawancara bisa berlangsung dengan baik. Jangan lupa minta do’a restu dari orang tua, ya!

Berikan komentarmu

Related articles

 #jawaban wawancara kerja #tips wawancara #tips wawancara tidak grogi #tips wawancara video call #wawancara cpns
Share di whatsapp

Pilihan editor