Share this
Share

Share

shares

6 Tas Ramah Lingkungan Pengganti Kantong Plastik

26 June 2020  Ajeng

Kantong plastik atau keresek menjadi salah satu wadah yang banyak digunakan untuk menampung barang. Bentuknya yang simpel dan bobotnya yang ringan membuat kantong ini lebih banyak digunakan. Padahal, tau nggak sih kalo sebenarnya penggunaan kantong plastik tidak disarankan? Semakin banyak yang pakai, semakin menumpuk juga sampah plastik. Oleh karena itu, tas ramah lingkungan lebih disarankan untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Tidak seperti kantong plastik, tas yang ramah lingkungan bisa dipakai berkali-kali. Ini artinya kamu tidak menumpuk sampah setiap harinya, sehingga lingkungan menjadi lebih bersih. Lalu, tas apa saja yang bisa kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Tas Kanvas

Sumber: muhrid.com

Tas kanvas merupakan kantong yang mudah ditemukan di mana-mana. Tas yang satu ini banyak digunakan untuk aktivitas sehari-hari, mulai dari belanja sampai pergi kuliah. Tas yang satu ini tergolong ramah lingkungan karena bukan termasuk barang sekali pakai. Kamu bisa mencucinya berkali-kali jika tas tersebut sudah kotor. Kalaupun sudah tidak layak pakai, tas kanvas bisa terurai secara alami, bahkan bisa digunakan sebagai tambahan kompos. Oleh karena itu, pilihlah tas kanvas dengan bahan kapas organik agar lebih awet dan mudah untuk diuraikan.

Tas kanvas hadir dalam berbagai motif dan variasi. Untuk memberikan kesan kekinian, tas kanvas dirancang sesuai dengan selera anak muda. Oleh karena itu, tidak heran kalau tas ini cocok digunakan untuk berbagai aktivitas. Tas kanvas khusus belanja biasanya dirancang polos, sedangkan untuk keperluan kuliah atau ‘gaya’ dirancang dengan motif yang bervariasi.

2. Tas Karung Goni

Sumber: packingable.com

Sama seperti tas kanvas, tas karung goni juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Tas yang satu ini terbuat dari serat nabati yang dikenal lebih tahan lama. Oleh karena itu, tas ini sangat cocok digunakan sebagai pengganti kantong plastik saat berbelanja. Selain itu, tas ini juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya, sehingga desainnya pun dirancang dengan motif dan warna yang variatif. Jika tas ini sudah rusak, kamu bisa memanfatkannya menjadi tambahan kompos.

3. Kantong Kertas

Sumber: pexels.com

Kantong kertas atau paper bag juga bisa digunakan sebagai alternatif tas ramah lingkungan. Saat ini, penggunaan paper bag banyak diterapkan oleh sejumlah pusat perbelanjaan, sehingga terkesan lebih ramah lingkungan. Kelemahan dari paper bag ini adalah mudah sobek dan rusak, sehingga umumnya hanya satu kali pakai saja. Meskipun begitu, kantong tersebut bisa didaur ulang atau digunakan sebagai kompos.

4. Tas Polypropylene 

Sumber: m.id.cnlgchenxing.com

Tas polypropylene bisa digunakan sebagai pengganti kantong plastik saat berbelanja maupun membawa barang-barang lainnya. Tas yang sat ini terbuat dari plastik dengan berbasis bahan bakar fosil yang merupakan hasil dari penyulingan minyak. Tas ini umumnya bisa digunakan selama dua tahun. Jika sudah rusak, kamu bisa membuangnya tanpa harus khawatir mencemari lingkungan. Bahannya yang terbuat dari sumber daya terbarukan membuat tas ini menjadi mudah diurai.

5. Tas Ransel

Sumber: pexels.com

Ransel merupakan tas yang bisa digunakan untuk kebutuhan apapun. Tas yang satu ini biasanya digunakan untuk memebawa barang dalam jumlah yang banyak. Kapasitasnya yang besa bisa menampung berbagai barang seperti botol minum, buku, laptop, bekal makanan, dan masih banyak lagi. Jika kamu malas membawa kantong plastk, bawa saja ransel, ya!

6. Tas Kain dari Baju

Sumber: allfortheboy

Jika ada baju bekas di rumah, sebaiknya jangan langsung dibuang. Kamu bisa mengkreasikan baju tersebut menjadi tas kece dan kekinian. Berbekal gunting dan mesin jahit saja, tas sudah bisa disulap menjadi kantong yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Saat ini, banyak sekali tutorial membuat kantong berbahan kain atau baju, sehingga tidak ada alasan untuk tidak reuse barang tersebut.

Itulah enam tas ramah lingkungan yang bisa kamu gunakan untuk berbagai aktivitas. Kamu sudah pakai tas yang mana?

Berikan komentarmu

Related articles

 #kantong keresek #paper bag #tas handmade #tas ramah lingkungan
Share di whatsapp

Pilihan editor