Share this
Share

Share

shares

5 Perpustakaan Unik yang Bisa Bikin Kamu Betah

27 June 2020  Ajeng

Umumnya, perpustakaan dirancang senyaman mungkin agar pengunjung lebih betah saat membaca buku. Kursi dan meja akan ditempatkan serapi mungkin dengan rak-rak buku yang tersusun apik di sekitarnya. Pemandangan seperti ini tentu saja  tidak aneh, sehingga suasana membaca pun akan sama saja seperti berada di perpustakaan sekolah maupun perpustakaan umum. Namun, kamu pasti akan terkesima saat harus membaca di dalam kapsul atau membaca dengan pemandangan hijau di sekitarnya. Ya, perpustakaan unik seperti itu nyata adanya.

Seiring dengan berjalannya waktu, desain perpustakaan dibalut dengan sentuhan futuristik. Ini tentu saja menjadikan perpustakaan semakin canggih dan nyaman dengan inovasi yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Perpustakaan ini bisa kamu jumpai di berbagai belahan dunia, yaitu seperti berikut.

1. Mediatheque Puzzle de Thionville Library – Perancis

Sumber: franceculture.fr

Inovasi unik dalam membuat desain perpustakaan dihadirkan oleh arsitek Dominique Coulons Associes. Arsitek asal Perancis tersebut merancang sebuah perpustakaan di Kota Thionville-Perancis pada tahun 2016. Untuk memberikan kesan yang segar dan alami, perpustakaan ini didominasi oleh warna hijau. Menariknya, di perpustakaan tersebut disediakan kapsul-kapsul kecil yang dilengkapi busa di dalamnya, sehingga kamu akan lebih fokus dan nyaman saat membaca buku. Gimana, tertarik untuk membuat suasana seperti ini di perpustakaan rumah kamu?

2. Seattle Public Library

sumber: demcointeriors.com

Perpustakaan unik lainnya terletak di Washington, Amerika. Seattle Public Library dibuka pada 23 Mei 2004. perpustakaan yang satu ini mampu menampung hingga 1,5 juta buku yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Banyak pengunjung yang menhabiskan akhir pekannya di sini karena tempatnya cukup nyaman untuk menyegarkan pikiran. Menariknya, perpustakaan ini dibuat dari kerangka kaca dan baja besar, sehingga memberikan kesan yang modern. Oleh karena itu, tidak heran jika perpustakaan ini dinobatkan oleh American Institute of Architects sebagai bangunan terfavorit di Amerika.

3. Vennesla Library and Culture House

Sumber: archdaily.com

Siapapun akan merasa betah saat mengunjungi Vennesla Libary and Culture House. Perpustakaan yang terletak di Vennesla, Norwegia ini menerapkan konsep modern minimalis dengan sentuhan warna krem dan putih hampir di seluruh ruangannya. Konsep seperti ini membuat pengunjung lebih betah karena serasa membaca buku di rumah.

Agar fungsi ruang menjadi lebih maksmial, bangunan ini dilengkapi dengan 27 rak buku berbahan kayu sekaligus dengan bangku khusus membaca. Selain itu, desain ruangannya juga dibalut dengan jendela kaca besar yang bisa memaksimalkan pencahayaan dari luar.

Perpustakaan ini juga memberikan kenyamanan lainnya pada pengunjung. Selain dimanjakan dengan ribuan buku, kamu juga bisa menikmati hidangan lezat yang disediakan di perpustakaan tersebut dan juga beberapa ruangan pertemuan lainnya sebagai fasilitas tambahan.

4. Starfield Library

Sumber: arcadata.com

Kamu pasti akan takub saat melihat perpustakaan yang satu ini. Starfield Libarary memiliki konsep yang unik, di mana perpustakaan tersebut terletak di sebuah pusat perbelanjaan Starfield COEX Mall, Gangna, Seoul, Korea Selatan. Yang menjadi daya tariknya adalah rak buku yang menjulang tinggi dengan nuansa emas yang begitu cantik.

Di tempat ini kamu bebas memebaca berbagai jenis buku. Ada buku-buku asing dari penulis terkenal, majalah, dan buku-buku lainnya. Selain itu, Starfield Library juga menyediakan perangkat elektronik seperti iPad, sehingga pengunjung bisa membaca berbagai e-book. Oleh karena itu, tidak heran jika perpustakaan ini banyak dikunjungi karena sudah mengusung konsep modern.

5. Epos Book Boat

Sumber: literaryhoots.com

Kamu pernah nggak sih membaca buku saat berada di dalam kapal? Rasanya tentu saja akan pusing karena kamu jadi tidak fokus akibat pergerakan kapal tersebut. Namun, di Fjord Norwegia, kamu bisa merasakan sensasi membaca buku di dalam kapal tanpa harus merasa oleng.

Kapal Epos meyediakan perpustakaan khusus di dalamnya, dengan 6.000 jenis buku yang bisa dibaca siapa saja. Setiap tahunnya, kapal tersebut berkeliling mengunjungi komunitas-komunitas yang ada di pulau-pulau kecil Fjord. Di kapal ini juga ada seorang pustakawan yang akan menemani pengunjung saat membaca buku.

Itulah lima perpustakaan unik yang tersebar di berbagai belahan dunia. Menurut kamu, mana yang paling unik?

Berikan komentarmu

Related articles

 #perpustakaan luas #perpustakaan unik #tempat baca di bandung
Share di whatsapp

Pilihan editor