Share this
Share

Share

shares

6 Kisah Mengharukan Orang Selamat dari Kecelakaan Pesawat

13 August 2020  Ajeng

Insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT 160 membuat siapa saja merinding saat mendengarnya. Bahkan, bagi sebagian orang ini bisa menimbulkan luka yang mendalam karena teman atau anggota keluarganya menjadi korban atas kecelakaan tersebut. Musibah seperti ini tentu saja tidak bisa dihindari. Namun, jika Tuhan bekehendak, apa saja bisa terjadi. Dalam berbagai insiden kecelakaan pesawat di dunia, ada 6 kisah mengharukan orang yang selamat dari kecelakaan tersebut. Ini tentu saja sebuah keajaiban yang langka terjadi.

Orang-orang tersebut sudah dipastikan beruntung. Mereka yang selamat dari insiden kecelakaan transportasi udara bisa dikatakan sangat jarang. Namun, kamu akan mengetahui siapa saja sosok yang selamat dari insiden kecelakaan pesawat pada ulasan di bawah ini.

1. Ruben Von Assouw

via nydailynews.com

Pesawat The Afriqiyah Airways mengalami insiden kecelakaan di tahun 2010. Pesawat berjenis AirBus teA330 tersebut hancur terbakar di sebuah pedalaman hutan Afrika. Akibat peristiwa naas tersebut, 103 penumpang dan 11 awak kabin pesawat dipastikan meninggal dunia. Namun, media kemudian dihebohkan dengan salah satu penumpang yang selamat dari peristiwa tersebut. Ia bernama Ruben Von Assouw. Usianya masih 9 tahun pada saat itu.

Semua orang yang mendengar berita ini tentu saja terheran-heran. Bagaimana bisa ia selamat dari kecelakaan yang bahkan menewaskan hampir 100 orang. Menurut salah satu petugas yang sedang melakukan evakuasi korban, ia mendengar teriakan lemah yang berasal dari puing-puing pesawat. Saat didekati, ia terkejut saat melihat Ruben tertindih pecahan-pecahan bangkai pesawat.

2. 6 Kisah Mengharukan Erika Delgado

via topcounselingschools.org

Erika Delgado juga menjadi salah satu penumpang yang selamat dari insiden jatuhnya pesawat terbang. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 17 Maret 1995 di Kolombia ketika pesawat DC-9 jatuh ke sebuah rawa. Insiden kecelakaan tersebut menelan 149 korban jiwa, termasuk kedua orang tua Erika. Beruntungnya, ia bisa selamat dari kecelakaan yang menegrikan itu setelah dievakuasi oleh tim penyelamat.

Yang lebih mengejutkan, Erika tidak tenggelam ke dalam rawa-rawa seperti korban-korban lainnya. Ia mendarat pada tumpukan daun bunga teratai, sehingga ia tetap mengambang. Oleh karena itu, masyarakat Kolumbia menjulukinya Little Miss Miracle.

3. James Polehinke

via cnn.com

2006 menjadi tahun yang cukup menegangkan bagi warga Lexington, Kentucky, Amerika Serikat. Saat itu, pesawat Delta Connection Penerbangan 5191 mengalami kecelakaan tragis dalam rute penerbangannya dari Lexington menuju Atlanta. Insiden ini menewaskan 46 penumpang dan 3 awak pesawat. Beruntungnya, seorang perwira Angkatan Udara Amerika Serikat, James Polehinke, selamat dari kecelakaan tragis ini.

James menceritakan bahwa ia sudah menyadari adanya kesalahan pada saat pesawat akan lepas landas. Sebelum kecelakaan itu terjadi, James sudah berisap-siap di dekat pintu darurat untuk loncat dari pesawat. Meskipun selamat dari peristiwa tersebut, ia mengalami gegar otak, pendarahan berat, dan patah tulang pada kaki kirinya.

4. 6 Kisah Mengharukan Anette Herfkens

via dailymail.co.uk

Kecelakaan pesawat juga terjadi pada 14 November 1991 di Vietnam. Kecelakaan tersebut terjadi akibat pesawat terbang terlalu rendang, sehingga menabrak pegunungan. Dari total 25 penumpang, hanya 1 orang yang selamat dari insiden mengerikan tersebut, yaitu Annette Herfkens. Ia mengalami luka berat, sehingga harus terbaring lemah di lokasi jatuhnya pesawat selama 8 hari sebelum akhirnya petugas membawanya ke rumah sakit. Pada saat itu, ia hanya bisa terbaring tanpa makanan, dan hanya mengandalkan air hujan untuk minum.

5. 6 Kisah Mengharukan Bahia Bakari

via mirror.co.uk

Pada 30 Juni 2009, peristiwa mengenaskan terjadi pada pesawat Yemenia Flight 626-A310. Pesawat tersebut jatuh ke Samudera Hindia di pantai utara Grande Comoro. Akibatnya, sebanyak 152 awak dan penumpang tewas seketika. Beruntung, Bahia yang pada saat itu ada di pesawat tersebut selamat. Ia tetap bertahan pada pecahan-pecahan puing pesawat selaa kurang lebih 9 jam. Akhirnya, tim penyelamat datang dan menolong gadis yang pada saat itu usianya masih 9 tahun.

6. Juliane Koepcke

via dailymail.co.uk

Pada tanggal 21 Desember 1971, pesawat Lansa Flight 508 menuju Peru terjebak dalam sebuah badai yang hebat. Pesawat itu kemudian oleng dan jatuh ke dalam Hutan Amazon akibat sambaran petir. Sebanyak 14 penumpang tewas dalam insiden tersebut, namun tidak untuk Juliane Koepcke. Gadis yang saat itu berusia 17 tahun terlempar dari pesawat di ketinggian 10.000 kaki tanpa parasut. Ia masih dalam keadaan terikat di tempat duduknya.

Juliane bertahan di pedalaman hutan selama 11 hari dengan kondisi luka berat pada tangan dan kakinya. Selain itu, ia juga mengalami gegar otak dan patah tulang leher. Pada akhirnya, Juliane berhasil menemukan kamp penebang hutan, kemudia ia dibawa ke rumah sakit.

itulah 6 kisah mengharukan orang-orang yang selamat dari insiden kecelakaan pesawat terbang. Apapun yang terjadi, tentu saja atas kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu memohon perlindungan dan keselamatan saat hendak bepergian.

Berikan komentarmu

Related articles

 #adam air #cerita kecelakaan pesawat #kecelakaan lion air #orang yang selamat dari kecelakaan #pesawat jatuh #pesawat meledak #tips naik pesawat
Share di whatsapp

Pilihan editor