Share this
Share

Share

shares

6 Jenis Bau Badan yang Nggak Bisa Kamu Remehkan, Ada Tanda Penyakit Kronis, Lho!

6 July 2020  Ajeng

Bau badan tidak hanya mengganggu indera penciuman kamu sendiri. Saat berpapasan dengan orang lain, bisa saja mereka juga terganggu dengan aroma tidak sedap dari badan kamu. Bau badan  memang bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti tidak mandi seharian, keringat yang berlebihan, mengonsumsi makanan-makanan tertentu, dan masih banyak lagi. Namun, bau badan yang menyengat bisa saja tanda bahwa kamu mengalami penyakit kronis.

Secara ilmiah, orang yang sedang sakit bisa mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Dikutip dari MedExpress, sistem imun tubuh akan bekerja lebih keras untuk melawan patogen, sehingga akan ada bau yang tidak sedap keluar dari tubuh seperti mulut, urin, dan tubuh. Oleh karena itu, kamu harus waspada jika sewaktu-waktu badan kamu mengeluarkan aroma bau yang tidak seperti biasanya.

Agar tidak was-was, sebaiknya kenali dulu enam jenis bau badan yang bisa saja terjadi pada kamu.

1. Bau Keringat yang Menyengat

Sumber: quest2fitness.info

Keringat memiliki bau khas tersendiri, sehingga kamu bisa membedakannya dengan bau ketiak. Namun, jika ternyata bau keringat yang dihasilkan cukup menyengat, bisa jadi kamu mengalami masalah pencernaan. Ini disebabkan oleh tubuh yang kekurangan zinc, sehingga aroma keringat menjadi tidak sedap. Penyakit yang bisa dialami adalah Crohn’s disease (peradangan pada lapisan dinsing pencernaan) dan Kolitis Ulseratif (peradangan pada usus besar).

2. Badan Bau Busuk

Sumber: quora.com

Aroma badan yang wangi tentu bisa meningkatkan kepercayaan diri. Namun, apa daya jika badan kamu tetap bau meskipun sudah mandi dan memakain wewangian. Ini bisa saja disebabkan oleh tubuh yang kekurangan magnesium. Ini bisa terjadi saat kamu terlalu banyak mengonsumsi kafein, gula, dan berbagai jenis makan olahan.

Untuk menghindari kondisi seperti ini, perbanyak konsumsi sayuran. Kamu bisa makan bayam, brokoli, dan sayuran lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang tinggi mineral seperti ikan, coklat hitam, gandum utuh, tahu, tempe, dan masih banyak lagi.

3. Napas Bau Apel Busuk

Sumber: creekstonedental.com

Aroma napas yang tidak sedap saat bangun tidur bisa hilang seketika dengan gosok gigi atau minum air putih. Namun, lain halnya jika kamu mengalami bau napas yang seperti apel busuk. Baunya seperti aroma sisa-sisa makanan, sehingga bisa sangat mengganggu orang-orang di sekitar kamu.

Jika mengalami hal seperti ini, kemungkinan besar kamu mengidap diabetes tipe 1. Menurut Journal of International Society of Preventative and Community Dentistry, kadar insulin pada tubuh berkurang. Oleh karena itu, segera konsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yan tepat.

4. Napas Bau Telur Busuk

Sumber: preferreddentalcaresantarosa.com

Jika tadi bau apel busuk, sekarang siapa saja bisa mengalami bau napas yang seperti telur busuk. Ini bisa menyerang siapa saja yang sedang mengalami gangguan pencernaan. Aroma bau tersebut disebabkan oleh bakteri H. pylori. Bakteri tersebut berada di saluran pencernaan dan bisa menyebabkan berbagai penyakit. Misalnya, radang lambung, GERD, celiac, sampai kanker perut. Untuk mengobatinya, kamu bisa mengonsumsi antibiotik atau berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

5. Vagina Bau Tidak Sedap

Sumber: healthista.com

Menjaga kebersihan organ intim sangatlah diperlukan. Selain menjadi lebih bersih, vagina pun akan lebih sehat, sehingga tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap. Namun, jika vagina tiba-tiba bau amis, bisa jadi kamu sedang mengalami bacterial vaginosis. Reaksi bakteri yang berlebihan pada area intim ini bisa disebabkan oleh kondisi mentruasi atau setelah melakukan hubungan seksual. Oleh karena itu, segera kunjungi dokter jika bau tersebut tidak kunjung hilang.

6. Luka Bau Aneh

Sumber: wickhampharmacy.com.au

Biasanya, tubuh yang terluka takan mengeluarkan bau amis darah saat kamu menciumnya. Namun, kamu tentu saja harus curiga jika luka yang dialami mengeluarkan bau yang aneh alias tidak seperti biasanya. Ini bisa saja disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, dan mikroorganisme lainnya. Jika luka tidak kunjung sembuh dan masih mengeluarkan bau, segera hubungi dokter terdekat.

Dengan mengetahui enam jenis bau badan di atas, kamu bisa lebih waspada terhadap kondisi tubuh kamu sendiri. Jangan lupa untuk selalu melakukan pola hidup sehat agar tubuh tetap bugar dan tidak mengeluarkan bau busuk yang aneh. Yang nggak kalah penting, biar lebih percaya diri juga, guys!

Berikan komentarmu

Related articles

 #bau ketiak #penyebab bau badan #penyebab bau ketiak #tips mengatasi bau badan
Share di whatsapp

Pilihan editor