6 Cerita Bus Hantu: Jurusan Bekasi-Bandung Paling Chaos!

Spread the love

Melakukan perjalanan antar kota memang paling sip kalau menggunakan tranportasi darat. Sebut saja naik bus. Transportasi umum yang satu ini cenderung lebih disukai. Selain karena ongkosnya lebih murah, bus juga sering berhenti di beberapa rest area, sehingga kita punya kesempatan buat makan-makan atau sekedar istirahat. Dibalik ‘kenyamanan’ ini, ternyata beberapa penumpang pernah mengalami kejadian mistis. Bahkan sampai ada yang membuat thread di Twitter saking parnonya dengan pengalaman seram tersebut. Pada akhirnya, kejadian tersebut punya hashtag tersendiri, yang tak lain adalah bus hantu. Sejauh ini, terangkum ada enam cerita bus hantu di Indonesia. So, langsung aja simak biar nggak penasaran.

1. Cerita Bus Hantu: Bus Pantura

Pada tahun 2017,  seorang karyawati pabrik diketahui sedang menunggu bus jurusan Banyuwangi-Surabaya. Saat itu jam masih menunjukan pukul 21.00. Beruntung, ia bisa menemukan bus tujuannya dengan banyak penunmpang di dalamnya. Penumpang tersebut terlihat tidur semuanya. Anehnya, mereka semyua mengenakan kain putih. Tidak ada hal yang mencurigakan selama perjalanan, hingga akhirnya perempuan tersebut sampai di tujuannya.

Sat turun dari bus, ada seseorang yang nggak dikenal melihatnya dengan wajah terheran-heran. Lantas si orang ini bertanya pada perempuan tersebut, kenapa ia naik bus yang penuh dengan pocong. Perempuan tersebut kaget setengah mati. Setelah ia melihat ke arah buts tersebut, benar saja!  Semua penumpang tersebut adalah pocong, dan matanya melotot ke arah si perempuan itu.

2. Bandung – Sukabumi

Seorang mahasiswa, sebut saja namanya Bayu, berencana untuk pulang kampung ke Sukabumi. Akhirnya ia mendapatkan bus malam dan berangkat pada pukul 23.00 WIB. Bus tersebut ramai penumpang. Untungnya, dia masih kebagian tempat duduk. Karena memakan waktu perjalanan yang lama, si Bayu ini memutuskan untuk tidur saja.

Bayu terbangun di tengah perjalanan akibat bau melati yang tiba-tiba menusuk hidungnya. Sesaat ia melihat ke sekitarnya, dan ternyata di kursi belakang ia mendapati sosok perempuan berpenampilan seperti pesinden. Merasa janggal, ia pun berusaha untuk tidak terbawa sugesti.

Namun, beberapa kejadian aneh mulai bermunculan. Ia merasa kalau bus yang ditumpanginya berjalan begitu lambat, bahkan suara mesinnya saja tidak terdengar. Bus akhirnya berhenti, dan si Bayu ini melihat ada seorang pria yang berhenti di tengah jalan. Penasaran, si Bayu ini langsung turun dan menghampiri bapak tersebut.

Ekspresi yang ditunjukan si bapak ini sangat ketakutan. Bayu pun bertanya-tanya ada apa sebenarnya. Si bapak ini akhirnya bilang kalau si Bayu ini daritadi menaiki keranda. Kaget, Bayu menyangkalnya dan memastikan kalau dia benar-benar naik bus. Namun, keraguan Bayu pun akhirnya terjawab setelah bus yang ditumpanginya tadi menghilang tiba-tiba.

Menurut legendanya, dulu ada kecelakaan tragis yang melibatkan mobil jenazah dengan seluruh penumpangnya yang tewas. Sejak saat itulah, masyarakat atau pengendara mendapati penampakan tersebut, baik dalam wujud mobil jenazah ataupun bus.

3. Cerita Bus Hantu: Bekasi – Bandung

Hebbie Agus Kurnia pernah mengalami kejadian mistis sata melakukan perjalanan dari Cikampek menggunakan bus jurusan Bekasi-Bandung. Saking takutnya, ia membagikan pengalaman mistisnya itu di Instagram pribadinya @hebosto, dan menjadi viral. Saat itu, ia mengaku suasana bus ramai dengan penumpang. Namun, wajahnya memang pucat dan duduknya begitu tegap. Anehnya lagi, tidak ada satupun dari mereka yang bersuara. Yang lebih anehnya lagi, Hebbie ini menemukan sebuah botol minum yang mana tahun produksinya adalah 2004.

“Gue ngeliat kok orang-orang pas lampu bus dinyalain, pada tegang dan pucet. Duduknya bener-bener tegap, tapi mukanya pucet. masuk jam 8 malem itu lampu bus kayak nyala mati nyala mati. LOGIKA GUE, mungkin dinyala matiin gitu takut ada copet apa gimana lah. Biar pada tau” tulisnya dalam Instastory.

Hebbie juga merasakan bus ini berjalan begitu lambat. Lalu ia memotret keadaan di dalam bus, dan hal aneh pun terjadi. Jika dilihat dengan kasat mata, bus ini penuh dengan penumpang. Namun setelh difoto, ternyata bus ini kosong. Netizen yang melihatnya pun terheran-heran, kok bisa si Hebbie ini liat banyak orang, padahal nggak ada siapa-siapa.

Akhirnya si Hebbie ini selamat sampai tujuan. saat akan membayar ongkos, kondekturnya malah tidak menerima uang tersebut.

“Gue kasih uang dan bilang, Pak punten saya tadi belum bayar,kan? ” Dan kernetnya malah bilang: Mangga a turun aja gapapa..” ujar kondekturnya.

Seram, kan?

4. Solo-Surabaya

Diceritakan ada seorang laki-laki yang sedang menunggu bus jurusan Solo-Surabaya. Saat itu, waktu menunjukan pukul 12 malam.  Setelah menemukan busnya, ia langsung naik dan mendapati beberapa penumpang yang anehnya semuanya menggunakan baju putih. Pria ini pun tertidur, sampai beberapa jam kemudian di bangunkan oleh kernetnya. Kernet ini berwajah pucat dan tidak mengatakan apa-apa.

Bus ini pun akhirnya berhenti di terminal Madiun. Waktu ini dimanfaatkan pria tersebut untuk buang air kecil. Setelah hajatnya selesai, betapa terkejutnya dia saat melihat bus yang ditumpanginya sudah tidak ada. Ia sempat emosi bahkan sampai berkata kasar. Akhirnya, ia pun bertanya pada petugas disana. Ia kaget bukan main setelah tahu kalau bus yang ditumpanginya ternyata mengalami kecelakaan di siang harinya, menewaskan delapan orang termasuk sopir dan kernetnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

5. Cerita Bus Hantu: Banyuwangi-Surabaya

Winarsih saat itu sedang menunggu bus jurusan Banyuwangi-Surabaya pada pukul 20.30 WIB. Bus yang ditunggu-tunggu pun akhirnya tiba pada pukul 21.00 WIB , dan ia bisa bernapas lega karena masih dapat tempat duduk di tengah banyaknya penumpang. Namun, ia langsung dibuat heran karena semua penumpangnya menggunakan baju putih. Mereka semua tertidur pulas.

Singkat cerita, bus sudah masuk terminal Bungurasih. Satpam terminal lantas datang menghampiri Winarsih dengan tergesa-gesa. Ia menanyakan kenapa penumpangnya semuanya seperti pocong. Ia begitu kaget dan langsung melihat jam tangannya. Kaget! waktu masih menunjukkan pukul 21.05. Padahal dia tadi naik bus tepat jam 21.00. Bisa dikatakan kalau waktu tempuh perjalanan Banyuwangi Surabaya hanya lima menit saja.

Saat memeriksa karcis, Winarsih lagi-lagi terkejut. Karcis tersebut ternyata milik bus yang beroperasi pada tahun 1965. Setelah dicek, ternyata bus ini mengalami kecelakaan masuk jurang di sebuah hutan yang ada di Banyuwangi.

6. Bus Sumber Kencono

Yang terakhir adalah cerita tentang seorang lelaki yang sedang menunggu bus jurusan Yogyakarta-Surabaya di wilayah Jalan Janti Yogya. Saat itu, wakut menunjukan pukul 12 malam. Setelah menunggu selama berjam-jam, ia akhirnya bisa naik bus yang dituju yang sudah padat oleh penumpang. Namun, ia merasakan hal yang tidak biasa.

Pertama, ekspresi penumpangnya sangat datar. Kedua, bus ini tidak terdengar suara mesinnya. Dan yang ketiga, kondektur bus ini tidak kunjung memberikan tiket karcis. Untuk mencairkan suasana, akhirnya lelaki ini mengajak ngobrol penumpang di sebelahnya.

“Mas, sampeyan mau turun mana?” tanya lelaki tersebut.

Lelaki tersebut diam saja. Tatapannya kosong. Akhirnya, si lelaki in berusaha menepuk pundak penumpang ini, dan ternyata….tangannya malah menembus bahu! Panik, si laki-laki ini langsung minta turun saja.

Wilayah Janti terkenal sebagai saksi bisu kejadian pembunuhan. Seseorang yang sedng menunggu bus tewas setelah ditusuk preman.  Arwahnya konon gentayangan dan sering ikut naik bus.

Enam cerita bus hantu diatas tentu saja hanya segelintir dari sekian banyak cerita-cerita seram lainnya di luar sana. Kalau kamu punya pengalaman serupa, boleh banget share di kolom komentar, ya!

Berikan komentarmu