Share this
Share

Share

shares

5 Tips Travelling Buat Kamu yang Nggak Kuat Jalan-jalan Saat New Normal

25 June 2020  Ajeng

Virus corona membuat aktivitas di luar menjadi lebih terbatas. Sejak pemerintah menerapkan aturan social distancing, masyarakat dianjurkan untuk diam di rumah selama tidak ada keperluan yang mendesak. Ini tentu saja menjadi bencana bagi kamu yang hobi jalan-jalan. Untuk mengobati rasa rindu menghirup udara bebas,  google street map bisa menjadi solusinya. Namun, ini tentu saja tidak memuaskan karena kamu nggak bisa liat pemandangan sunset sambil makan martabak mini.

Karena satu dan dua hal, akhirnya pemerintah setempat memberlakukan konsep ‘New Normal’ di beberapa wilayah di Indonesia. Ini artinya kamu bisa beraktivitas seperti biasanya, namun dibarengi dengan protokol kesehatan. Selain itu, beberapa objek wisata pun mulai beroperasi dengan standar ‘keamanan’ yang baru. So, kabar baik ini tentu saja menjadi jawaban bagi orang-orang sudah menahan hasrat untuk travelling saat new normal. 

Jika kamu berencana untuk jalan-jalan dalam waktu dekat ini, sebaiknya ikuti aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Adapun cara aman jalan-jalan saat masa new normal, yaitu sebagai berikut.

1. Menentukan Destinasi Wisata yang Aman

Sumber: pixabay.com

Menentukan destinasi wisata saat new normal sangatlah penting. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui wilayah mana saja yang sudah masuk kategori zona hijau. Zona hijau adalah wilayah yang beresiko rendah penularan covid-19. So, kamu jangan malas untuk mencari informasi terbaru mengenai perkembangan kasus corona saat ini. Sebaliknya, hindari bepergian ke area zona merah dan kuning. Resiko penularan corona di wilayah tersebut cenderung masih tinggi. Inget, jangan sampai memakasakan diri, ya!

2. Mematuhi Aturan New Normal

Sumber: pixabay.com

New normal bukan berarti sama persis dengan kondisi sebelumnya. Kamu harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah diatur oleh pemerintah saat berada di luar rumah. Selain itu, pahami juga aturan yang ada di objek wisata yang akan kamu kunjungi. Misalnya, aturan jaga jarak, penggunaan masker, jumlah kunjungan, dan masih banyak lagi. Dengan mematuhi aturan ini, perjalanan kamu akan lebih aman dan nyaman.

3. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Sumber: pexels.com

Transportasi pribadi lebh disarankan saat akan berjalan-jalan di masa new normal. Menggunaan motor atau mobil pribadi cenderung lebih aman karena tidak ada ‘orang asing’ yang berpotensi menularkan virus corona. Lain halnya jika kamu menggunakan transportasi umum. Kamu tidak akan tau apakah kendaraan tersebut sudah steril dari virus atau belum. Selain itu, kamu juga akan duduk bersama penumpang lain yang belum tentu bersih dari virus menyebalkan ini.

4. Menggunakan Masker

Sumber: pexels.com

Menggunakan masker wajib hukumnya saat masa new normal. Meskipun objek wisata yang akan kamu kunjungi berada di zona hijau, kewaspadaan tetap harus dilakukan. Kamu bisa menggunakan masker non-medis dengan kualitas terbaik untuk menangkal virus. Jika kamu akan bepergian selama berhari-hari, bawalah lebih dari satu masker.

5. Membawa Hand Sanitizer dan Obat-obat Pribadi

Sumber: pexels.com

Selai menggunakan masker, kamu juga wajib membawa hand sanitizer dan juga obat-obatan pribadi. Bersihkan tangan setiap kali menyentuh benda asing. Jangan ssesekali menyentuh wajah saat tangan belum dibersihkan. jika perlu, cuci tangan dengan sabun agar lebih efektif membunuh kuman dan virus. Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan pribadi agar perjalanan kamu tidak merepotkan.

6. Menjaga Jarak

Sumber: pexels.com

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga jarak dengan sesama pengunjung. Kamu pasti tidak mau, kan, tiba-tiba positif corona sepulang dari berjalan-jalan? Oleh karena itu, tetap terapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan menjaga jarak.  Misalnya, saat antri di toilet, memesan tiket, dan masih banyak lagi. Selain itu, hindari bersalaman jika bertemu dengan teman lama di sana. Lebih baik cari aman saja, ya!

Lima tips travelling saat corona di atas tentu akan sangat membantu kamu tetap aman saat pergi berwisata. Oleh karena itu, tetap patuhi aturan new normal agar perjalanan kamu lebih aman sekaligus menyenangkan. Stay safe!

Berikan komentarmu

Related articles

 #jalan jalan saat corona #new normal #solo traveling #travelling saat new normal
Share di whatsapp

Pilihan editor