Share this
Share

shares

5 Tips Penting Yang Membuatmu Mendapatkan Pekerjaan

3 June 2017

5 Tips Penting Yang Membuatmu Mendapatkan Pekerjaan Cerpin Com 1

Selamat, buat kamu yang akhirnya lulus dari universitas. Sekarang halangan yang akan kamu temui adalah dimana dan bagaimana kamu mendapatkan kerja yang berhubungan dengan jurusan kulahmu. Disini Pulpn.com akan menulis beberapa tips yang mungkin berguna untukmu.

1. Buat Lamaran, CV secara dengan baik dan jelas

Pertama-tama, sebelum melamar kerja pastikan kamu punya CV dan lamaran yang telah kamu buat dengan baik. Jelaskan di dalam CV atau lamaran kamu bahwa kamu adalah kandidat terbaik mengapa perusahaan harus menerima orang sepertimu. Sebelum membuat lamaran, bacalah baik-baik deskripsi pekerjaan yang perusahaan tawarkan atau lowongan yang disediakan. Kamu dapat mencari lowongan pekerjaan untuk fresh graduate atau untuk profesional di jobsdb.com atau jobstreet.co.id. Intinya adalah “Jelas” apa yang disajikan. Kamu bisa tanya dari orang yang sudah pengalaman melamar kerja dan mintalah pendapatnya tentang CV atau lamaran yang telah kamu buat. Informasi yang ada dalam CV dan lamaran harus konkrit dan tersusun dengan baik.

2. Teliti

Sesuai dengan jurusan yang telah kamu tempuh selama perkuliahan, kamu dapat mencari informasi tentang pekerjaan yang kamu sukai dan sesuai dengan jurusanmmu. Setelah kamu menentukan target pekerjaan, kamu dapat mengirimkan CV dan lamaran tersebut kepada perusahaan yang bersangkutan. Biasanya berkas yang sudah dikirimkan ke pihak perusahaan tidak akan dijawab oleh mereka di hari yang sama, dalam masa ini kamu harus bersabar dan kamu dapat mencari-cari pekerjaan lain sebagai bahan pertimbangan. Tenang saja, masih ada ratusan lowongan pekerjaan lain yang dapat kamu pilih sesuai dengan minat dan passionmu. Buat kamu yang memiliki link, channel kerjaan dari keluarga terdekat, teman, kamu dapat bertanya kepada mereka. Dalam hal ini, masing-masing orang memiliki keberuntungan berbeda. Tapi untuk kamu yang tidak, jangan khawatir. Cari kerja ibarat cari jodoh, kalau sudah jatahmu, gak akan kemana-mana!

3. Gunakan Social Network (Jejaring sosial)

Selain digunakan untuk kepentingan pribadi dan selfie (loh!), social network juga dapat kamu manfaatkan untuk kepentingan professional. Daftar ke beberapa forum diskusi online yang tersedia di internet, tidak perlu malu bergabung dengan para senior yang sudah berpengalaman, karena kesempatan dapat ditemukan dimanapun. Dengan meninggalkan bekas bahwa kamu adalah fresh graduate yang ingin mencari kerja, seseorang yang tertarik dengan potensimu mungkin saja akan menghubungimu suatu saat nanti.

4. Usahakan jadi yang berbeda dari yang lain

Human Resources adalah para orang yang bertugas untuk mengkualifikasi para calon pelamar yang masuk ke email mereka di suatu perusahaan. Setiap hari bisa saja masuk ratusan atau ribuan CV dan lamaran dari para pelamar termasuk kamu. Karena saking banyaknya, mereka bisa saja tidak punya cukup waktu untuk melihat dengan detail satu-persatu. Karena kesalahan fatal dari orang yang membuat CV dan lamaran adalah “Copy Paste” yang menjadikan berkas tersebut terlalu mainstream dan terlihat membosankan. Untuk menghindari hal tersebut, yang kamu harus lakukan adalah jangan copy-paste CV atau lamaran orang atau sekedar download di internet. Kamu harus buat sendiri, design sendiri supaya berbeda dari yang lain. Buatlah CVmu terlihat ‘mahal’, seolah-olah hanya kamu seorang di dunia ini yang dapat memiliki CV tersebut.

Baca juga:

5. Percaya diri dan jangan ‘pernah’ menyerah

Bacalah point terakhir ini baik-baik dan simpan di kepalamu. Mungkin ada sebagian dari kamu yang sudah melakukan kirim CV, lamaran ke berbagai tempat, mungkin kamu sudah lelah setiap hari harus membuka layanan email untuk sekedar kirim lamaranmu. Dan kamu tahu kalau sampai detik ini, belum ada kesempatan yang datang, belum ada panggilan masuk ke hapemu. Tapi sadarlah, kalau kamu tidaklah sendiri, kamu adalah satu diantara ribuan dan jutaan pelamar kerja di seluruh indonesia yang juga merasakan hal yang sama. Untuk seseorang yang baru pertama kali bekerja, masa-masa seperti ini memang butuh perjuangan dan kesabaran. Kalau kamu menyerah sekarang, kamu akan dikalahkan oleh teman-temanmu yang lain. Ini adalah kompetisi, hanya yang bertahan yang akan menang dan merasakan enaknya ‘Gaji pertama’.
Kegigihan adalah hal terpenting dalam hidup ini.

Good luck!

Berikan komentarmu

Related articles

 #kerja
Share

Pilihan editor