Share this
Share

Share

shares

5 Tempat Wisata Ini Melarang Pengunjungnya Menggunakan Sunscreen, Kok Bisa?

10 July 2020  Ajeng

Saat berencana untuk traveling, ada beberapa item yang wajib dipersiapkan. Selain baju, tiket transportasi, dan akomodasi, kamu juga harus mempersiapkan sunscreenItem yang satu ini sangat penting agar kulit kamu tidak terbakar selama travelling. Namun, penggunaan tabir surya ini dilarang di berbagai kawasan destinasi wisata dengan alasan-alasan tertentu.

Senyawa kimia oxybenzone pada sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit tubuh dan wajah dari sinar UV. Nyatanya, senyawa yang satu ini bisa memicu kerusakan terumbu karang. Terumbu karang bisa teracuni dan kehidupan di dalamnya pun bisa terganggu.

Untuk itu, penggunaan sunscreen dilarang di lima kawasan objek wisata berikut ini.

1. Pantai Reviera Maya – Meksiko

Sumber: travelpulse.com

Mexico memiliki salah satu daya tarik pantai yang menjadi incaran wisatawan. Reviera Maya merupakan salah satunya. Objek wisata yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk menghabiskan libur panjang bersama teman maupun keluarga. Pemandangannya yang cantik dilengkapi dengan langit biru sekaligus sunset dan sunrise yang memukau.

Namun, kamu tidak diperbolehkan utuk menggunakan tabir surya saat mengunjungi objek wisata ini. Alasannya tentu saja karena demi kelestarian terumbu karang yang ada di sekitarnya. Jika perlu, kamu bisa menggunakan tabir surya alami seperti minyak gandum, minyak alpukat, minyak biji raspberry merah, dan lain-lain.

2. Palau

Sumber: airmagz.com

Palau merupakan salah satu negara kepulauan yang letaknya tidak jauh dari Indonesia. Negara republik yang satu ini disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di Samudera Pasifik karena memiliki pantai yang bersih dan asri dengan pemandangan yang eksotis. Namun, pemerintah setempat tidak mengizinkan wisatawan manapun untuk memggunakan tabir surya sata berkunjung ke Palau. Bahkan, masyarakat yang ketahuan menjual tabir surya akan dikenakan denda.

3. Pulau Virginia

Sumber: simphortour.com

Pulau Virgin merupakan salah satu negara bagian di Amerika Serikat. Jika kamu ingin menghabiskan libur panjang di tempat ini, pastikan tidak membawa tabir surya. Pemeritah setempat mulai memberlakukan aturan ini sejak Maret 2020. Siapa saja yang melanggar aturan tersebut tentu akan mendapatkan sangsi yang cukup serius karena sudah tercatat pada Undang-undang pemerintah setempat. So, tetap patuhi aturan agar kamu bisa berlibur dengan tenang, ya!

4. Hawaii

Sumber: travel.dream.co.id

Hawaii dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang memiliki pesona pantai yang memukau. Tidak heran jika beberapa destinasi wisata di Hawaii dipadati oleh wisatawan mancanegara pada saat libur panjang. Untuk tetap menjaga biota terumbu karang yang ada di sana, pemerintah setempat akan melarang siapa saja menggunakan tabir surya. Aturan ini akan diberlakukan di tahun 2021 mendatang. Selain tabir surya, pemerintah juga melarang berbagai penggunaan kosmetik yang berdampak buruk pada lingkungan.

5. Key West – Florida

Sumber: keywest.com

Keywest, Florida merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan mancanegara. Tempat yang satu ini memiliki ciri khas dengan rumah keong beratapkan palem serta pohon-pohonnya yang tersusun rapi. Selain itu, Keywest juga dikenal sebagai salah satu kawasan terumbu karang yang paling besar di Amerika.

Oleh karena itu, pemerintah mulai memberlakukan kebijakan penggunaan tabir surya. Sebaiknya, wisatawan menggunakan tabir surya alami agar lingkungan sekitar terumbu karang tetap terjaga kelestariannya. Siapapun yang menggunakan atau menjual tabir surya berbahan kimia akan dikenakan sangsi.

Itulah lima objek wisata yang melarang wisatawan maupun masyarakat setempatnya untuk menggunakan dan menjual sunscreen. Melestarikan biota terumbu karang harus tetap dilakukan agar keseimbangan ekosistem laut tetap terjaga. Semoga bermanfaat!

Berikan komentarmu

Related articles

 #agar tidak hitam saat di pantai #sunscreen #wisata pantai
Share di whatsapp

Pilihan editor