Share this
Share

Share

shares

5 Gunung Mistis di Jawa Barat dan Cerita Horornya

27 September 2020  Ajeng

Mendaki gunung kini menjadi tren di kalangan anak muda. Tidak sedikit yang menyempatkan waktu saat  weekend untuk sekedar tidur di dalam tenda dan menikmati api ungun bersama teman-teman. Namun, ada juga yang penasaran dengan cerita-cerita mistis dibalik indahnya gunung tersebut. Gunung mistis di Jawa Barat sendiri ada banyak, lima diantaranya yang paling terkenal dengan cerita horornya. Penasaran? Baca sampai habis ulasan di bawah ini.

1. Gunung Mistis di Jawa Barat Cakrabuana

via statik.tempo.co

Gunung Cakrabuana terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung yang satu ini terkenal dengan cerita mistisnya. Ini juga pernha dibuktikan oleh seorang travel blogger bernama Sulung Siti Hanum saat mendaki gunung ini bersama teman-temannya.

via radardepok.sgp1.cdn.digitaloceanspaces.com

Kejadian mistis itu ia alami setelah waktu magrib. Teman Siti Hanum melihat bayangan orag tua bungkuk yang berjalan mengarah ke salah satu tenda temannya. Dan di pagi harinya, ia baru menceritakan ke semua teman-temannya kejadian tersebut. Suasana semakin menegangkan apalagi ditambah seperti bekas cakaran hewan buas yang membuat tenda menjadi bolong.

Setelah dicek, ternyata di sekeliling tenda tersebut ada jejak kaki harimau. Karena suasana sudah mulai tidak beres, akhirnya mereka mulai turun gunung pagi itu juga.

Menurut salah satu kuncen gunung tersebut, Siti Hanum dan teman-temannya mendirikan tenda di tempat yang salah. Katanya, sosok yang dilihatnya merupakan harimau jadi-jadian yang berubah wujud menjadi manusia.

2. Gunung Burangrang

via Flickr.com/ Ikhlasul Amal

Untuk mencapai Gunung Burangrang, kamu cukup datang langsung ke  daerah Cisarua, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Gunung dengan ketinggian 2.050 mdpl ini adalah sisa-sisa dari hasil letusan besar Gunung Sunda di zaman prasejarah.

Dibalik pemandangannya yang cantik dan eksotis, gunung yang satu ini memiliki sejumah cerita mistis, salah satunya yang dialami oleh Habib Allbi Ferdian, salah satu karyawan swasta di Jakarta Selatan. Pada bulan Juli 2017, ia bersama tiga orang temannya mendaki Gunung Burangrang. Saat diperjalanan, ia mendengar ada seseorang yang memanggilnya dari kejauhan.

ilustrasi via blue.kumparan.com

“Pas lagi di jalan, saya denger ada orang yang manggil dari kejauhan beberapa kali. Jedanya lumayan lama, kurang lebih lima sampai sepuluh menit lah. Tapi, saya mencoba bodo amat soalnya teman-teman yang lain juga nggak terlalu peduli. Sekali, sampai dua kali, kita cuekin. Pas yang ke tiga kalinya, akhirnya kita memutuskan untuk berhenti,” ujar Allbi. 

Sebenarnya, tidak hanya suara-suara aneh saja. Saat mereka beristirahat, tiba-tiba temannya yang bernama Morrys menempuk pundak Allbi. Dia menyuruh Allbi untuk melihat ke atas pohon. Dalam keadaan lemas, Allbi pun mendongak dan melihat bayangan putih yang terbang dari satu pohon ke pohon yang lain.

Sontak Allbi kaget saat melihat sosok wanita tersebut. Rambutnya panjang, namun mukanya tidak terlihat jelas karena suasananya memang gelap. Nampaknya Rizal dan Agung juga menyadarinya. Jadi, mereka langsung melanjutkan perjalanan agar tidak lagi melihat penampakan menyeramkan itu.

Sepanjang perjalanan. Allbi dan teman-temannya juga mendengar suara-suara misterius. Sepert suara raungan makhluk buas dan monyet bersahutan. Namun, mereka tetap tenang karena tidak ingin membuat suasana semakin mencekam.

Namun, mereka semua tidak kapok naik gunung. Baginya, naik gunung bukan sekedar hobi, tetapi juga bisa menelisik lebih dalam arti dari sebuah kehidupan. Hm, pemberani juga, ya.

3. Gunung Mistis di Jawa Barat Bukit Tunggul

via backpackerjakarta.com

Gunung Bukit Tunggul merupakan salah satu sisa dari hasil letusan besar Gunung Sunda Purba di Zaman Prasejarah. Konon, gunung yang satu ini juga menyimpan beberapa cerita misis yang dialami oleh para pendaki. Saah satunya adalah yang dialami oleh Allbi yang mendaki Gunung Bukit Tunggul pada Juli tahun 2016 lalu.

“Waktu  mendaki Gunung Bukit Tunggul ini, saya mengalami ada banyak kejadian mengerikan. Mula dari tersesat di hutan bersama enam orang dan mencari jalan keluar selama 36 jam, menelusuri pohon yang dipenuhi lumut, daun-daun berduri, dan bertemu hewan-hewan asli pedalaman,” ujarnya.

Keganjilan tersebut dirasakan Allbi dan teman-temannya setelah mendaki kurang lebih selama tiga jam. Saat itu, ia harus melewati jalan yang terjal, mencecar batang-batang kayu dengan sebilah golok, kemudian memasuki area hutan gelap.

“Kami mencoba untuk membuka jalan baru agar bisa cepat sampai di puncak.Namun, itulah kebodohan kami. Memutuskan sesuatu tanpa dipikirkan terlebih dahulu. Kami tersesat setelah melewati tiga kali pohon tumbang besar yang melintang di tengah jalan. Agung yang pertama kali menyadari kalau kita sedang tersesat,” tambahnya.

ilustrasi via backpackerindonesia.com

Setelah itu, Allbi membuat tenda pada malam harinya. Dan pada pagi harinya, Allbi dan temannya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan. Di tengah jalan, mereka menemukan sebuah gubuk yang di dalamnya ada seekor burung dalam sangkar. Burung itu terlihat basah dan kurus. Mereka pun terheran-heran, orang mana yang memelihara burung di tengah hutan seperti ini.

Selama di perjalanan, pikiran mereka sudah kalang kabut. Mereka takut tidak bisa pulang ke rumah, sedangkan persediaan makanan sudah mulai menipis. Namun, pada akhirnya mereka bertemu dengan warga sekitar.

“Saat kami sudah mulai putus asa, terdengar musik dangdut dari arah timur. Kami ikuti suara itu, dan akhirnya kami bertemu dengan seorang warga yang kebetulan sedang mencari obat-obatan. Akhirnya kami bisa menemukan jalan keluar,” kenangnya.

4. Gunung Gede Pangrango

via travelspromo.com

Amadea Laras merupakan salah satu pendaki yang mengalami kisah mistis saat mendaki Gunung Gede Pangrango. Ia dan rekan-rekan klub pencinta alamnya pergi mendaki sekitar tahun 2013.

Saat di perjalanan, ia melihat sesosok makhluk menyerupai manusia saat berada di Puncak Gunung Gede Pangrango tepatnya di Lembah Mandalawangi.

“Seingat saya sosok tersebut menggunakan celana pendek. Wujudnya yang seperti manusia biasa. Saya pikir dia itu senior atau teman saya. Terus nggak lama dia bilang ke saya, ‘eh ngapain kamu di sini? jangan berisik, ya. Jangan ganggu,’” kata Amadea.

Amadea cukup lama mengobrol dengan sosok tersebut. Dan lama kelamaan sosok itu menghilang dan tidak pernah terlihat lagi.

ilustrasi via ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Tidak hanya itu, pengalaman mengerikan juga dialami salah satu teman Amadea. Ia tiba-tiba menangis dan melihat seekor anjing dengan mata yang menyala. 

Selain itu, durasi turun gunungnya juga bisa dibilang lebih lama dari yang dibayangkan. Mereka merasa tidak pernah sampai di puncak dan hanya berkeliling di sekitar situ saja.

“Jadi pas turun gunung itu kami berjalan sekitar 8 jam perjalanan. Ini tentu saja durasi yang 2 atau 3 kali lipat lebih lama karena nggak ada papan penunjuk arah, padahal senior saya mungkin sudah bolak-balik gunung itu udah puluhan kali karena dia udah biasa mendaki. Terus selama perjalanan juga kedenger suara-suara aneh gitu. Ngeri lah pokoknya” kenang Amadea.

5. Gunung Ciremai

via superadventure.co.id

Selain ke empat gunung di atas, Gunung Ciremai juga terkenal dengan kisah-kisah mistisnya. Gunung berapi yang terletak di antara Kabupaten Kuningan dan Majalengka di Jawa Barat ini mejadi incar para pendaki dari berbagai daerah.

Meskipun cantik dan asri, gunung ini dibalut dengan kisah mistis yang banyak dialami oleh para pendaki. Salah satunya dialami oleh Fahmi, seorang karyawan swasta di Jakarta saat melakukan pendakian di gunung ini.

ilustrasi via dok. Anwar Effendi

Sekitar bulan Juni 2018, Fahmi dan temannya, Gerald melakukan pendakian ke Gunung Ciremai. Selama di perjalanan, Fahmi dan temannya merasakan hal aneh, yaitu seperti ada sosok yang mengikuti dari pos 3 ke pos 4.

“Kejadiannya waktu pas naik dari pos 3 ke pos 4. Rasanya kayak ada yang ngikutin kita. Tapi saya berusaha buat tetep fokus, dan untungnya nggak ada hal-hal aneh sampai saya pulang,” ujarnya.

Itulah lima gunung mistis di Jawa Barat dengan cerita horor para pendaki. Kamu pernah ngalamin hal yang sama? di gunung mana?

Berikan komentarmu

Related articles

 #alat untuk mendaki gunung #cerita horor di gunung #cerita mistis pendakian #cerita seram pendaki gunung #gunung horor #gunung mistis di jawa barat #gunung papandayan buka #gunung pendakian di jawa barat #gunung seram #gunung terkenal angker #gunung yang sudah buka #penampakan di gunung #tips mendaki gunung
Share di whatsapp

Pilihan editor