5 Fakta Kuyang, Sosok Mengerikan dengan Organ Terburai

Spread the love

Saat pacar kamu mengatakan kuyang, jangan GR dulu karena itu bukan panggilan sayang. Si doi nyatanya sedang membicarakan sosok ‘hantu’ yang melegenda di wilayah Kalimantan. Katanya, masyarakat di sana, khususnya Banjar, selalu waspada jika makhluk yang diduga hantu ini berkeliaran saat malam hari. Buka cuman nakut-nakutin, konon sosok kuyang ini sedang berburu sesuatu. Btw, kamu udah tahu sosok ‘hantu menyeramkan’ ini apa dan seperti apa? Kalau belum, simak lima fakta kuyang berikut ini.

1. Fakta Kuyang: Darah Dijadikan Sebagai Santapan Sehari-hari

Kuyang diketahui sebagai seorang wanita yang berubah menjadi sosok mengerikan di waktu-waktu tertentu. Pekerjaan sehari-harinya adalah berburu darah dengan tujuan agar dia lebih sakti, kekal, dan tidak mudah ditumbangkan oleh kekuatan apapun. Mengerikannya lagi, ia lebih senang mengincar darah bayi dan ibu hamil,. Jadi, dia udah stand by kalau di kampung tersebut ada ibu-ibu yang baru saja melahirkan.

Jika ia gagal mendapatkan darah bayi atau ibu hamil, si kuyang ini akan berkeliaran untuk mencari bekas pemb*lut yang masih ada sisa darahnya. Jadi, kalau kamu lagi ada di Banjar, pastikan pemb*alut dan sejenisnya dibersihkan terlebih dahulu. Selain bisa diburu kuyang, hal itu emang jorok aja, sih.

Atau, si kuyang juga bakal menghisap darah dari pangkal paha atau lengan orang yang sedang tidur jika rtidak mendapatkan darah bayi atau sisa pemb*lut. Korbannya akan merasakan sakit pada bagian kakinya dengan bekas kebiru-biruan dengan sedikit rasa gatal.

2. Fakta Kuyang: Wujudnya Anti Mainstream

ilustrasi via Youtube

Kuyang bisa dibilang punya wujud yang anti mainstream. Saat kuntilanak dan pocong hanya bermodalkan kain warna putih saja, si kuyang ini malah sengaja nggak pake apa-apa. Lebih parahnya lagi, dia pede banget mempertontonkan organ dalamnya yang dibiarkan terburai begitu saja. Justru, itulah yang jadi daya tarik kuyang, yang mana masyarakat suka jadi kepo ingin melihat langsung sosok tersebut.

Kuyang terkenal dengan wujud kepala perempuan dengan organ dalam tubuh yang menggantung tanpa kulit dan tulang. Bagian kiri dan kanan mulutny memiliki taring, sehingga sosoknya semakin seram saat gentayangan. Karena dia nggak punya kaki dan tangan, sosok kuyang ini beredar dengan cara melayang. Biar nggak ketahuan sama warga, kuyang ini biasanya berubah wujud sementara menjadi burung atau kucing.

3. Wanita yang Mempelajari Ilmu Hitam

via editor.id

Banyak yang beranggapan kalau kuyang itu adalah hantu, seperti yang dipertontonkan di film-film. Namun, sosok yang satu ini sebenarnya adalah manusia biasa. Orang tersebut menganut ilmu hitam dan melakukan perjanjian dengan iblis, sehingga wujudnya bisa berubah-ubah. Di siang hari, ia biasa menggunakan pakaian besar atau jubah. Sedangkan pada malam hari, ia akan berubah menjadi sosok mengerikan. Bahkan, masyarakat yang mengaku pernah melihatnya menilai sosok kuyang ini looknya seperti burung besar.

4. Tidak Hanya Ditemukan di Kalimantan

foto: istimewa

Kuyang sebenarnya tidak hanya ditemukan di Kalimantan. Sosok yang satu inijuga bisa dijumpai di Bali dan Sumatera Barat. Di kalimantan sendiri, Kalimantan Timur adalah wilayah yang dikenal sebagai sarang kuyang. Mereka selalu menampakan diri di Sungai Belayan, Kutai Kartanegara, dan Kecamatan Pasir Belengkong Kabupaten Paser.

Di Minangkabau, ada sosok yang rupanya mirip seperti kuyang, yaitu Palasik Kuduang. Palasik Kuduang ini nggak bersahabat sama ibu-ibu disana karena anak-anaknya selalu jadi incaran sosok mengerikan itu. Palasik Kaduang juga mengincar ibu-ibu hamil dan bayi.

Selain itu, sosok kuyang ini juga ditemukan di negara tetangga, salah satunya di Negeri Jiran, Malaysia. Kalau di Malaysia, sosok ini dinamakan Penanggal Malaysia. Wujudnya sama persisi seperti kuyang yaitu kepala dengan organ dalam tubuh yang terbuka. Lambung, ginjal, usus, dan jantungnya terlihat jelas dan membuat siapa saja ngeri jika nggak sengaja berjumpa dengan sosok yang satu ini.

Menurut kepercayaan masyarakat Malaysia, sosok Penanggal ini merupakan bidan wanita biasa yang sudah membuat perjanjian dengan iblis untuk mendapatkan ilmu yang gaib untuk kekuatan diri. Pantangannya adalah tidak memakan daging-dagingan selama 40 hari. Karena melanggar, akhirnya ia dikutuk menjadi sosok yang mengerikan dan tidak bisa kembali seperti semula.

5. Fakta Kuyang: Bisa Diusir

via Bukalapak/UB. Zubda

Kalau beneran ketemu sosok kuyang, hal pertam ayang ingin kamu lakukan adalah sembunyi atau mengusirnya secara langsung. Konon, kuyang ini ternyata bisa diusir, lho. Masyarakat Banjar biasa menggunakan bawang merah tunggal karena rempah ini dipercaya sangat ditakuti oleh kuyang. Selain itu, kuyang juga takut dengan cermin, sisir, pisau dan rumput jariangau. Benda-benda tersebut biasa diletakan di dekat ibu hamil atau bayi yang baru dilahirkan agar sosok kuyang ini tidak berani mendekat.

Selain alat-alat tersebut, orang Banjar juga menggunakan tali ijuk untuk mengusir kuyang. Tali tersebut dimanfaatkan jadi tali ayunan bayi. Konon,kuyang dan makhluk halus lainnya tidak suka dengan tali ijuk. Selain dijadikan tali ayunan, tali ijuk ini juga sering dipakai sebagai dinding atau pelindung rumah. Masyarakat percaya bahwa kuyang bisa saja tersangkut pada tali tersebut saat  gentayangan. Kebayang nggak sih gimana rasanya kalau ginjal lo nyangkut? Kuyang sih kayanya tahan-tahan aja 🙁

Selain bisa diusir, kuyang juga nyatanya bisa dibunuh. Caranya adalah dengan menemukan bagian tubuhnya yang ditinggalkan (tangan, kaki, dll). Jika sudah ketemu, masyarakat biasanya langsung memasukkan benda-benda tajam di sambungan lehernya. Dengan demikian, kuyang tidak bisa menyatu lagi dengan tubuhnya dan perlahan-lahan dia akan mati.

Berikan komentarmu