5 Fakta Indigo, Beneran Bisa Lihat Hantu Atau Khayalan Aja?

Spread the love

Kita seringkali antusias saat punya teman yang bisa melihat yang “tak kasat mata”, atau sebut saja anak indigo. Setiap ada hal-hal ganjil terjadi, nggak jarang kita langsung berkonsultasi sama dia. Dengan lugasnya, dia mengatakan kalau ada hantu ini dan itu di rumah kamu. Dengan anehnya, kita percaya aja dan langsung melakukan tabur garam. Btw, kenapa ya kita bisa langsung percaya aja kalau dia indigo? Padahal bisa saja dia berbohong, dan cuman pengen cari perhatian aja biar dianggap spesial. Nah, fenomena seperti ini jelas ada kajian dan penelitiannya. Fakta indigo lainnya ternyata nggak selalu berhubungan dengan hal-hal supranatural.

Nancy Ann Tappe adalah orang yang pertama kali mencetuskan istilah indigo. Dia sendiri mengaku sebagai seorang indigo sekaligus pendiri Corology. Dalam penelitiannya pada 1970, Nancy menyatakan bahwa setiap anak dilahirkan dengan warna aura yang berbeda-beda. Warna-warna tersebut diklaim bisa menentukan kepribadian anak tersebut. Untuk anak yang dicap indigo, dia punya aura nila atau biru keunguan, yang disebut punya kemampuan spesial atau indera keenam.

Carrol dan Tober juga menulis sebuah buku yang berjudul The Indigo Child. Buku tersebut menyebutkan bahwa indigo adalah sifat atau psikologis pada seorang anak yang belum teridentifikasi. Namun, penjelasan buku tersebut malah menuai pro dan kontra. Dengan kata lain, penjelasan secara ilmiah mengenai fenomena indigo ini semakin menyita perhatian dan tak sedikit yang melakukan penelitian.

Salah satunya adalah Rifan Rizal yang mengkaji tentang fenomena indigo ini dan dipaparkan dalam jurnalnya. Untuk itu, langsung aja kita simak rangkuman dari isi jurnal mahasiswa Universitas Komputer Indonesia berikut ini.

1. Fakta indigo: Punya sensitivitas yang tinggi

Fakta pertama terkait anak indigo adalah mereka punya sensitivitas yang tinggi. Beberapa orang yang didiagnosis indigo cenderung punya kepekaan yang lebih besar terhadap sekitrnya. Mereka lebih mudah dalam memahami dan merasakan emosi yang ada di sekitarnya. Misalnya, mereka bisa merasakan energi negatif saat bertemu dengan orang jahat, atau bahkan merasa energi tidak kasat mata, yang seringkali diartikan merasakan kehadiran makhluk halus.

2. Kerap didiagnosis ADD/ADHD

Anak-anak indigo ternyata seringkali terdiagnosis masalah psikologis serius. Menurut penelitian para ahli, anak indigo sering terdiagnosis masalah Attention Deficit Disorder (ADD) atau Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD). Mereka serngkali menunjukan perilaku yang impulsif, hiperaktif, dan kurangnya perhatian. Untuk itu, mereka seringkali terlihat begitu pendiam, menjauh dari teman-temannya, atau bahkan bertingkah aneh untuk mencari perhatian. Jika memang anak tersebut terdiagnosis masalah psikologis tersebut, orang tuanya harus segera membawanya pada dokter ahli untu melakukan rangkaian terapi agar jiwa dan emosinya kembali stabil.

3. Fakta Indigo: Tidak semua anak mengalaminya

Gelar indigo sebenarnya nggak bisa didapatkan oleh semua anak. Indigo sendiri adalah istilah yang digunakan pada mereka yang punya kemampuan spesial. Untuk itu, cuman ada beberapa anak atau orang saja yang diberikan “anugerah” ini. Adapun perbedaannya terlihat pada sikap, watak, atau kebiasaan mereka. Umumnya, anak indigo juga punya IQ yang cenderung tinggi. Saking tingginya IQ mereka, kadang-kadang mereka jadi stres sendiri karena kepalanya selalu penuh dengan pertanyaan.

4. Fakta Indigo: Sering dianggap halusinasi

Dalam jurnal tersebut, dituliskan pernyataan yang disampaikan oleh Lia Tjokro, PhD dari  University of California, bahwa hingga saat ini masih belum ada penelitian ilmiah yang bisa menjelaskan bagaimana kemunculan indigo pada seseorang. Pasalanya, sebuah penelitian ilmiah haruslah berlandaskan pada faktor yang bisa diuraikan secara data pasti yang sistematis. Namun, faktanya fenomena indigo ini tidak memiliki penjabaran data yang pasti, sehingga penelitian secara ilmiah pun sulit menemui titik terang. Pada intinya, anak indigo ini juga sering dianggap berhalusinasi.

5. Fakta Indigo: Sulit dideskripsikan secara matematis

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fenomena indigo ini sulit dijabarkan secara ilmiah. Akibatnya, beberapa spekulasi pun bermunculan.  Ada yang menyebutkan kalau indigo ini bisa terjadi akibat orang tersebut mengalami kejadian traumatis atau gangguan psikologis, sehingga dia lebih banyak berkhayal. Ada juga yang beranggapan kalau indigo ini adalah karunia dari Tuhan, sehingga pantas saja kalau memang hanya segelintir orang saja yang mendapatkannya.

Sebagai tambahan, fenomena indigo ini juga pernah dibahas oleh Doreen Virtue. Dalam bukunya yang berjudul ‘The Care and Feeding of Indigo Children’, ia menjabarkan beberapa ciri anak indigo, yaitu:

  • Punya sikap yang lebih dewasa dibandingkan anak-anak seusianya
  • Keras kepala
  • Kreatif dan Ambisius
  • Sering mengalami insomnia
  • Mudah kecanduan
  • Intuitif
  • Lebih suka menyendiri
  • Mandiri
  • Mudah bosan
  • Pernah didiagnosis menderita gangguan perilaku
  • Rentan depresi
  • Punya kecenderungan terikat dengan hal-hal gaib (teman khayalan, dll).

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berbicara tentang fakta indigo, ternyata belum ada kajian ilmiah yang memastikan kebenaran fenomena tersebut. Pada intinya, indigo lebih ditekankan pada kondisi psikologis seseorang dengan perilakunya yang cenderung berbeda dengan yang lain. Terkait bisa nggaknya lihat makhluk halus, bisa jadi iya, atau tidak. Pasalnya, orang indigo diklaim memiliki sensitivitas tinggi, sehingga dia berpotensi merasakan kehadiran makhluk halus.

Kalau dilihat dari kacamata agama, konon hanya bangsa jin lah yang bisa melihat kita, sebaliknya manusia tidak punya kemampuan untuk itu.  Bahkan, menurut Ustadz kondang Abdul Somad, indigo adalah orang yang ketempelan jin. jin-jin tersebut akan mengganggu indera penglihatan mereka, dan membisikan informasi-informasi “palsu” atau menyesatkan. Menurutnya, orang tersebut harus diruqyah agar terhindar dari gangguan makhluk-makhluk tak kasat mata.

Jadi, gimana? Kamu percaya anak indigo?

Berikan komentarmu