5 Fakta Deep Dive Dubai, Kolam ‘Epic’ Se-dalam 60 Meter!

Spread the love

Manusia di planet bumi mana yang nggak terkesima dengan Dubai. Kota terpadat di Uni Emirat Arab ini salah satunya terkenal sebagai pusat pariwisatanya yang menawan.  Mulai dari lereng ski dalam ruangan yang megah, Jumeirah Beach, sampai dengan Burj Khalifa yang merupakan bangunan pencakar langit tertinggi di dunia. Baru-baru ini, Dubai kembali menciptakan rekor “paling” di dunia. Apalagi kalau bukan Deep Dive Dubai yang menjadi kolam renang terdalam di planet bumi. Tempat yang satu ini resmi dibuka untuk kebutuhan pariwisata pada Rabu 7 Juli 2021, beberapa hari setelah menyandang Guinness World Record sebagai kolam renang paling dalam di dunia.

Pembangunan kolam renang terdalam ini tentu saja bukan sekedar untuk memecahkan rekor. Menurut juru bicara Deep Dive Dubai, Abdulla bin Habtoor, menegaskan kalau tempat ini sengaja didirikan sebagai bentuk penghargaan kepada penyelam mutiara Uni Emirat Arab di masa silam. Berkat mereka, Dubai kini bisa berdiri sebagai kota metropolitan yang begitu digandrungi wisatawan mancanegara.Buat kamu yang kepo banget dengan Deep Dive Dubai ini, langsung aja simak lima fakta menariknya di bawah ini.

1. Fakta Deep Dive Dubai: Kolam Diving Terdalam di Dunia

Kolam terdalam yang berlokasi di Nad Al Sheba, Dubai ini memiliki kedalaman 60,02 meter. Rekor kedalaman tersebut terpaksa menggeser posisi kolam di Polandia se-dalam 45 meter yang sebelumnya menyandang gelar kolam terdalam di dunia. Kolam ini bisa menampung 14 juta liter air, yang mana sama saja seperti menggabungkan enam kolam renang ukuran olimpiade. Pihak pengelola menyatakan bahwa air kolam ini selalu disirkulasikan setiap enam jam.

2. Mengusung konsep kota tenggelam

Kolam yang satu ini memiliki konsep yang unik dibandingkan dengan kolam diving lainnya. Salah satu yang mejadi daya tariknya adalah pemandangan kota di dalam air. Nantinya, pengunjung/penyelam bakal menjelajahi dunia bawah laut. Disana, kita bisa menemukan pemandangan jalanan, apartemen, garasi, arcade, dan hiasan lainnya yang punya kesan sangat tua atau terbengkalai.

Selain itu, pengunjung juga bakal dimanjakan dengan beragam fasilitas menarik. Ada apartemen, perpustakaan, restoran istimewa, dan sebuah studio film bawah air yang luar biasa. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot bawa kamera karena di bawah sana sudah tersedia fasilitas canggih untuk mengambil gambar.

Disana, ada juga fitur menarik yang disematkan pada kolam tersebut. Ada dua habitat bawah air dengan ruang kering, 56 kamera bawah air yang bisa menjangkau seluruh sudut kolam, suara-suara bawah air, serta sistem pencahayaan yang baik.

3. Bentuk bangunan Deep Dive Dubai yang unik

Fakta menarik Deep Dive Dubai lainnya adalah struktur bangunannya yang unik. Kolam ini dirancang menyerupai tiram raksasa dengan luas sebesar 1500 meter persegi. Arsitektur bangunan itu disesuaikan dengan sejarah negara Uni Emirat Arab, yaitu sebagai negara para penyelam mutiara. Di dalamnya ada toko selam, toko suvenir Dubai, dan beberapa ruangan luas, salah satunya untuk konferensi. Di lantai bawah gedung, pengunjung bakalan disuguhkan dengan area pandang besar, yang memungkinkan mereka untuk meniikmati keindahan bawah laut saat berada di resoran atau ruangan-ruangan lainnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

4. Menawarkan Pengalaman Menyenangkan

Mengunjungi kolam ini tentu aja nggak bakalan asal cemplung gitu aja. Sebelumnya, petugas disana akan memberikan opsi kursus di tiga kategori, yaitu discoverdive dan develop. Ketiga kategori tersebut bisa dipilih siapa saja yang berusia di atas sepuluh tahun, mulai dari pemula sampai penyelam profesional.

Kategori discover cocok banget buat pemula yang hanya akan melakukan satu kali penyelaman, atau bisa juga dipilih kalau kita mau mengambil sertifikasi pemula sebagai penyelam. Kategori deep khusus bagi pengunjung yang sudah punya bata batas sertifikasi menyelam, mulai dari amatir hingga profesional. Sedangkan kategori develop khusus bagi pengunjung yang ingin belajar dan mengembangkan keterampilan menyelamnya. Nantinya, petugas akan memberikan sertifikasi scuba diving dan free diving.

Untuk alat-alatnya sendiri, kita tidak perlu repot membawanya dari rumah. Pihak Deep Dive Dubai ini sudah menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan penyelam. Bahkan untuk foto dan video juga ada!

5. Deep Dive Dubai Bisa Untuk Pemula

Meski namanya Deep Dive, bukan berarti cuman profesiona aja yang bisa bersenang-senang disini. Kita yang masih pemula juga bisa nyemplung ke dalamnya, dengan mengikuti kursus terlebih dahulu. Pihak pengelola menyediakan kursus keterampilan menyelam khusus penyelam baru. Demi keselamatan, kolam ini dipertahankan pada temperatur 30 derajat Celcius, sehingga pengunjung tetap aman meski menggunakan pakaian selam tipis atau baju renang. Tidka perlu takut ‘celaka’ karena disini disediakan 12 penyelamat yang selalu sigap jika terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Deep Dive Dubai ini menerima pengunjung setiap hari Rabu hingga Minggu dari pukul 10 pagi hingga 8 malam. Untuk tiketnya sendiri sebesar AED 800 atau sekitar Rp 3,2 juta per orang.

Itulah lima fakta menarik Deep Dive Dubai dengan segala hal yang modern dan kekinian di dalamnya. Gimana, kapan mau nabung buat wisata kesana?

Berikan komentarmu