Share this
Share

Share

shares

5 Efek Samping yang Harus Diketahui Oleh Orang yang Doyan Ngupil

12 July 2020  Ajeng

Ngupil tentu sah-sah saja. Siapa saja akan merasa tidak nyaman saat ada kotoran yang menyangkut di dalam hidung. Apalagi, jika kamu sudah berada di area berpolusi, sehingga kotoran dalam hidung akan menumpuk. Namun, aktivitas ngupil ini bisa jadi keenakan bagi sebagian orang. Pasalnya, ngupil yang dilakukan terlalu keras dan dalam bisa melukai bagian dalam hidung. Lebih parahnya, efek ngupil juga bisa membahayakan kesehatan hidung kamu.

Lalu, apa saja efek buruk karena kebiasaan ngupil? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Bisul

Sumber: escholarship.org

Kamu tau kan gimana rasanya bisul? Nah, sekarang coba bayangkan jika bisul tersebut ada di dalam hidung kamu. Sakitnya pasti minta ampun. Jari kotor yang digunakan untuk ngupil tentu saja mengandung bakteri dari kuman. Saat menyentuh bagian dalam hidung, kuman dan bakteri akan menempel, sehingga menginfeksi bagian rambut folikel. Jika ini terjadi, saluran pernapasan akan terganggu, sehingga kamu nggak akan nyaman saat bernapas. Oleh karena itu, cuci tangan terlebih dahulu sebelum ngupil biar nggak bisulan.

2. Infeksi Lubang Hidung

Sumber: buoyhealth.com

Selain bisul, ngupil juga bisa mengakibatkan infeksi pada hidung. Kebiasaan ini tentu saja harus dihentikan karena infeksi tersebut bisa saja berbahaya apalagi jika tidak ditangani dengan baik. Penyebabnya tidak lain adalah bakteri dan kuman yang menempel pada jari kamu. Untuk itu, pastikan jari dalam keadaan bersih sata akan ngupil. Jika perlu, gunakan tisu atau kain bersih untuk membersihkan kotoran hidung kamu.

3. Mimisan

Sumber: freepik.com

Kebiasaan ngupil juga bisa menyebabkan mimisan, khususnya pada anak kecil. Kuku yang tajam bisa menyebabkan bagian dalam hidung terluka. Selain mengalirkan darah, luka tersebut juga bisa menyebabkan infeksi yang cukup serius. Untuk itu, pastikan kuku jari tidak tajam dan jangan ngupil terlalu dalam. Cuci tangan terlebih dahulu agar lebih higienis, ya! Jika mimisan sudah terjadi, segera obati dengan antiseptik khusus.

4. Perforasi Septum

Sumber: healthline.com

Ngupil juga bisa menyebabkan masalah serius lainnya, yaitu perforasi septum. Kondisi seperti ini menyebabkan sekat antara lubang hidung kiri dan kanan kamu terluka. Untuk kasus yang lebih parah, sekat tersebut bisa sampai terbuka. Kebayang, kan, gimana sakitnya? Oleh karena itu, orang yang mengalami masalah ini biasanya langsung diberikan tindakan operasi. So, jangan ngupil terlalu dalam, ya!

5. Memperparah Flu

Sumber: healthline.com

Kamu pasti merasa terganggu, kan, kalau harus bersin terus-menerus? Nah, kamu bisa menghundari hal ini dengan tidak terlalu sering ngupil. Memasukan jari ke alam lubang hidung bisa membuat rambut-rambut halus dalam hidung rontok. Akibatnya, debu menjadi lebih mudah masuk karena tidak tersaring dengan baik, sehingga kamu bisa bersin-bersin sampai flu.

Itulah lima efek ngupil yang harus kamu ketahui. Sebaiknya, bersihkan hidung menggunakan jari yang bersih agar kotoran tidak masuk ke dalam hidung. Kamu juga bisa menggunakan kain bersih atau tisu agar lebih higienis. Btw, nggak usah terlalu sering  ngupil, ya!

Berikan komentarmu

Related articles

 #efek samping ngupil #mimisan #ngupil #sinusitis
Share di whatsapp

Pilihan editor