4 Wisata Rafting di Bandung, Surga Bagi Pencinta Petualangan

Spread the love

Di tengah suasana Bandung yang kini semakin padat dan panas, wisata alamnya jelas masih menarik perhatian. Kalau melipir ke sebelah utara, kita bisa menjumpai beragam objek wisata seperti Curug Maribaya, Lembang Park & Zoo, dan masih banyak lagi. Kalau yang lebih sejuk, adem, dan menantang lagi, ada yang namanya wisata rafting. Ini bakalan cocok banget buat kamu yang suka dengan petualangan dan aktivitas pemicu adrenalin. Di Kota Kembang sendiri, kurang lebih ada empat wisata rafting di Bandung yang nggak pernah sepi peminat. Nggak usah nunda penasaran, langsung aja kepoin ulasannya di bawah ini.

1. Wisata Rafting di Bandung: Kampung Singkur – Pangalengan

Salah satu kawasan rafting yang selalu diminati wisatawan ada di Kampung Singkur. Lokasinya ada di Jl. Raya Situ Cileunca KM. 4 Desa Warnasari Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Wajar saja kalau kawasan ini memang tidak pernah sepi pengunjung karena Kampung Singkur ini dihiasi oleh deretan pohon pinus yang menjulang tinggi. Udaranya jelas sangat sejuk, sehingga kamu nggak akan ngerasa kepanasan saat beraktivitas disini.

Kampung Singkur ini sebenarnya menyediakan aneka fasilitas wisata. Selain, camping, paint ball, dan outbound, ada juga kegiatan rafting yang nggak kalah seru. Aktivitas ini membutuhkan kekompakan saat mengarungi sungai. Arusnya sendiri lumayan deras dengan medan yang menantang. Untuk perjalanan raftingnya sendiri, kamu bakal mengawalinya dari Situ Cileunca, dengan arus yang lumayan kuat.

Sebelum memulai aktivitas ini, kamu akan diberi beberapa perlengkapan keselamatan seperti pelampung dan helm. Ada pemandunya juga, kok.. jadi nggak perlu khawatir. Tiket masuk ke Kampung Singkur yaitu sebesar Rp 10ribu. Sedangkan untuk Rafting mulai dari Rp. 50ribu tergantung jenis paket yang kamu ambil.

2. Wisata Rafting di Bandung: Sungai Ciwidey

Selanjutnya ada tempat Rafting di Ciwidey, tepatnya di Bale Bambu resto Adventure. Disini, kamu bisa merasakan sensasi ngju nyali dengan beberapa paket yang bisa dipilih. Ada short trip, medium trip, dan long trip dengan grade 2-3. Perjalanannya dimulai dari Bale Bambu atau dari Leuwih Bilik dan berakhir di Sungapan untuk short trip. Sedagkan untuk long trip bakal berakhir di Leuwih Munding atau Leuwih Kuya Sodong.

Untuk paket harganya sendiri bervariasi, yaitu sebagai berikut:

1. Paket Rafting Short Trip

Paket pertama ada Short Trip dengan harga Rp.185ribu/orang. Harga tersebut sudah mencangkup fasilitas guide, safety rescue, peralatan, makan 1 kali, dokumentasi, souvenir/pin, dan transport lokal serta asuransi.

2. Paket Rafting Medium Trip

Jika ingin mengambil paket ini, kamu harus membayar Rp.300ribu/Orang. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas guide, safety rescue, peralatan, makan 1 kali, coffee break, dokumentasi, souvenir/pin, transport lokasi, dan asuransi.Disini,kamu bakal diajak berpetualang sepanjang 12 km dengan medan yang cukup menantang.

3.Paket Rafting Long Trip Rp.400ribu/orang

Yang terakhir ada paket Long Trip yang harga paketnya sebesar Rp.400ribu/orang. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas guide, safety rescue, peralatan, makan 1 kali, coffee break/kelapa muda 2 kali, dokumentasi, souvenir/pin, transport lokal dan asuransi. Paket ini cocok buat kamu yang sudah terbiasa melakukan aktivitas rafting, ya..

3. Ciater Spa, Lembang-Subang

Aktivitas rafting di Ciater Spa juga nggak kalah seru. Lokasinya bisa dibilang tidak jauh dari Bandung karena berada di perbatasan Kota Lembang dan Kabupaten Subang. Disini, kamu bisa menikmati petualangan menyusuri sepanjang 1 km dengan lebar sungai kira kira 4 meter. Medannya juga nggak terlalu ekstrem, meski di sisi kiri kanannya ada bebatuan besar. Untuk itu, ini cocok banget buat kamu yang masih pemula.

Menariknya, air ini sungainya hangat. Nggak heran karena arusnya berasal dari bendungan kolam belerang Ciater Spa. Kalaupun kamu tercebur, nggak usah takut menggigil. Anggap saja sedang berendam. Meski begitu, pastikan selalu minta fasilitas guidem ya. Meski tidak terlalu ekstrem, aktivitas rafting ini menggunakan sistem bendung limpahan mata air. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp.70ribu/orang.

4. Wisata Rafting di Bandung: Sungai Cisangkuy, Pangalengan

Tempat rafting di Bandung lainnya ada di Desa Lamajang Kec. Pangalengan Bandung. Katakan saja di Sungai Cisangkuy, yang airnya mengalir di antara lembah dari 2 gunung, yaitu Gunung Puntang dan Gunung Patuha. Kondisi sungainya yang lebar membuat aktivitas rafting menjadi lebih seru dan menantang. Belum lagi arusnya yang deras, dengan lintasannya yang lumayan jauh, yaitu  sekitar 5 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Sungai Cisangkuy ini airnya berasal dari pegunungan yang bersih dan bening. Selama menyusuri sungai,kamu juga bakal disuguhkan dengan pemandangan cantik hamparan perkebunan serta pesawahan di kanan kiri sungai. Sungai Cisangkuy ini lumayan ekstrem, ya, jadi pemula nggak disarankan untuk nguji nyali disini. Tapi kalau mau juga nggak aa-apa, asalkan ada guidenya.

Adapun paket rafting yang bisa kamu pilih, yaitu paket Hemat, Medium, Complete, yang di dalam nya terdiri dari rafting, flying fox, paint ball,dan beberapa fasilitas lainnya. HArga paketnya mulai dari Rp 185ribu/orang.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Kalau kamu ingin coba suasana baru, boleh banget melipir ke objek wisata rafting yang lokasinya dekat dari Bandung. Uji nyali di Cipunagara, misalnya.

Cipunagara, Subang

Kalau kamu udah menjelajahi semua rafting atau arung jeramdi Bandung, nggak ada salahnya buat nyobain berpetualang lagi di Cipunagara. Sungainya melewati tiga kabupaten, yaitu Subang, Sumedang, Indramayu. Arus sungainya lumayan besar, sehingga penantang adrenalin bolehlah merapat kesini.

Sambil menyusuri sungai, kamu juga bisa menikmati pemandangannya yang memukau. Beberapa diantaranya adalah kondisi airnya yang tergolong masih bersih karena belum tercemar, dan penampakan pesawahan yang hijau yang bisa menyegarkan mata.

Kamu yang baru pertama kali melakukan kegiatan rafting, sungai ini sangat cocok. Namun, tetaplah minta pendampingan dari professional selama kegiatan berlangsung. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp. 300ribu/Orang (satu perahu lima orang).

Berikan komentarmu