Share this
Share

shares

3 Cara Pintar Yang Dapat Kamu Lakukan Saat Tidak Bisa Tidur

3 June 2017

Ada suatu momen dimana kamu tidak bisa tidur dan kamu bertanya-tanya kenapa kamu tidak bisa tidur atau belum mengantuk. Disaat seperti itu biasanya kita memikirkan sesuatu kegiatan yang dapat membantu kita untuk cepat mengantuk.

Sebenarnya ada banyak alasan kenapa kamu tidak bisa tidur disaat kamu sedang butuh tidur. Stress adalah salah satu alasan paling umum kenapa seseorang tidak bisa tidur. Stress itu dapat menjaga seseorang sampai pagi tanpa tertidur dan pastinya hal tersebut akan membuat orang itu kehilangan kesegarannya di pagi hari. Seseorang yang menjalani harinya tanpa mendapatkan tidur tidak akan menyelesaikan pekerjaannya secara maksimal dan hal itu tentu dapat menimbulkan stress yang baru dan menjadi enggan untuk tidur di malam berikutnya.

Akan tetapi stress bukanlah satu-satunya alasan kenapa seseorang menjadi Insomnia. Terkadang kamu juga pasti merasakan kenapa kamu tidak bisa tidur tanpa alasan. Kamu yang biasanya tenang dan bahagia, terlebih lagi kamu juga tidak memiliki masalah apapun, tapi tetap saja kamu masih sulit untuk memejamkan mata. Aneh sih emang.

Hal lainnya yang dapat menyebabkan Insomnia adalah jadwal tidur yang tidak biasa. Karena kita harus menyadari betapa pentingnya untuk dapat bangun dan pergi tidur di waktu yang normal setiap hari. Jadwal tidur yang tidak biasa dapat membawamu menuju tahap insomnia yang kronis dan bila hal itu terjadi, kamu harus pergi ke dokter untuk konsultasi untuk dapat segera menyelesaikan masalah tidurmu.

Ketika kamu tidak bisa tidur, akan sangat penting untuk dapat melakukan sebuah kegiatan yang dapat membantumu untuk tidur dalam beberapa menit. Untuk sebagian orang mungkin ada yang masih terus menutup mata dan menunggu keajaiban datang atau mulai menghitung domba dalam pikiran mereka. Padahal hal tersebut hanya buang-buang waktu dan akan menimbulkan sebuah kekhawatiran. Ketika kamu tidak bisa tidur dan tanpa melakukan apapun, kamu hanya terus memejamkan mata dan merasa khawatir kenapa kamu tidak bisa tidur atau lebih buruk lagi, kamu akan mulai berpikir lebih lama dan lebih jauh tentang masalah yang pernah terjadi dalam hidupmu di masa lalu atau hal yang hampir kamu lupakan di masa lalumu. Tentu saja hal itu menjadi masalah baru dan semakin membuatmu tidak bisa tidur. Kalau begitu, inilah 4 cara pintar yang dapat kamu lakukan bila kamu tidak bisa tidur yang mudah-mudahan dapat bermanfaat dan mengurangi rasa khawatirmu.

1. Menulis jurnal

Mungkin untuk kamu yang biasa menulsi jurnal akan lebih mudah melakukannya, untuk kamu yang belum pernah, silahkan ambil sebuah buku yang masih kosong, dan cobalah menulis beberapa tentang hal apa yang membuatmu gelisah, atau masalahmu saat itu. Kegiatan ini adalah salah satu cara pintar untuk membuatmu berhenti berpikir tentang hal-hal buruk tersebut. Setelah kamu menuliskannya, kemudian mulailah berpikir tentang kebahagiaan dan momen indah yang terjadi dalam hidupmu, dan tuliskan lagi. Kemudian kamu tulis lagi 10 hal yang kamu syukuri dalam hidupmu, berpikirlah tentang hal tersebut dan mulailah menulis hal-hal menarik dan berkesan. Menulis seperti ini dipercaya akan membuatmu menjadi mengantuk lebih cepat dan tidur dalam fase yang lebih baik sehingga dapat bangun segar di pagi selanjutnya. Namun untuk kamu yang tidak suka menulis jurnal atau memang ini bukan gayamu, It’s okay, kamu bisa ambil secarik kertas dan coba menulis bebas tentang apa yang sedang ada di pikiranmu, mungkin sebuah cerita pendek yang menarik yang kamu ingin tuangkan. Beberapa orang mengaku kalau kegiatan menulis ini dapat membantu seseorang untuk lepas dari insomnia.

Dengan memiliki sebuah jurnal dapat memberikanmu banyak manfaat. Sebuah jurnal dapat membantumu mengurangi tingkat stress, menyingkirkan pikiran-pikiran yang negatif, dan menemukan solusi yang lebih baik terhadap masalahmu dan juga membantumu untuk melihat hal yang paling positif yang pernah kamu alami dalam hidupmu.

2. Meditasi

cara-pintar-yang-dapat-kamu-lakukan-saat-tidak-bisa-tidur-3

Meditasi adalah kegiatan yang cukup populer dilakukan orang pada saat ini. Kegiatan ini juga diketahui menjadi salah satu cara terbaik untuk menyingkirkan stress yang berkepanjangan, kegelisahan dan depresi. Meditasi juga dikenal sebagai kegiatan yang dapat mencegah dan melawan ketidaknormalan jadwal tidur seseorang. Lakukan meditasi ketika kamu tidak bisa tidur, kegiatan ini dapat membantumu menenangkan pikiran dan tubuhmu dan dapat membantumu untuk lebih cepat mengantuk. Untuk kawan-kawan yang Muslim, lebih dianjurkan untuk mengganti meditasi dengan sholat malam dan berdizikir, karena tidak ada malam yang lebih baik selain bersujud dan menyembahNya.

3. Baca buku

Membaca buku di kasur adalah cara yang paling banyak dipercaya orang untuk dapat membantu cepat mengantuk. Jika kamu bukanlah seorang pencinta buku, bacalah apapun yang membuatmu tertarik selama itu positif di sekitar rumahmu. Butuh waktu minimal 20 menit saja untuk kamu menjadi bosan dengan apa yang kamu baca dan dapat membuatmu mengantuk dan segera menuju alam mimpi. Tapi, jika kamu adalah seorang yang pecinta dan penggila baca buku, sangat dianjurkan untuk tidak membaca buku kesukaanmu atau membaca sesuatu yang dapat membuatmu melek terus kalau kamu tidak ingin membaca sepanjang malam. Bacalah buku dengan tema yang paling kamu tidak inginkan, mungkin buku yang kamu dapat dari seseorang dan kamu tidak begitu menginginkannya.

Itu adalah sedikit cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat membantumu tidur. Sedikit tips tambahan bila tidak ingin insomnia: jangan terlalu banyak tidur siang, hindari punya kebiasan nonton TV terlalu lama dan jangan sampai terlibat pertengkaran dengan anggota keluarga sebelum tidur. Cerpin.com berharap sedikit tips di atas dapat membantumu tidur lebih cepat atau setidaknya kamu tidak akan bingung lagi mau melakukan apa bila tidak bisa tidur.

Berikan komentarmu

Related articles

 #tidur #tips
Share

Pilihan editor