15 Tempat Camping Terbaik, Bandung Paling Banyak!

Spread the love

Wisata alam emang nggak pernah mengecewakan. Suasananya yang sejuk dan pemandangannya yang memukau sangat ampuh meredam penatnya rutinitas. Kalau kamu ingin berlama-lama disana, aktivitas camping bisa jadi solusinya. Berkemah bersama teman-teman akan membuat aktivitas ini semakin seru dan berkesan. Di Indonesia sendiri, setidaknya ada 15 tempat camping terbaik yang bisa jadi tempat bermalamu. Apa saja? Simak rekomendasinya di bawah ini.

1. Dusun Kreatif – Medan

Dusun Kreatif adalah salah satu spot andalan masyarakat Medan untuk berkemah. Selain digunakan untuk camp outbound pelajar atau mahasiswa, tempat yang satu ni juga cocok banget buat kamu yang ingin berkemah bersama teman maupun keluarga. Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan selain menikmati pemandangan alamnya yang cantik. Kamu bisa bermain traditional game village (engklek, dakon, egrang , terompah, teklek-bakiak, terompah panjang, dll), mengikuti aktivitas Jelajah Indonesia (bamboo cannon, cycling activity, susur desa/cross country, etnich photography, gardening, cooking classes, catching fish, handy craft and creativity), dan masih banyak lagi.

Pokoknya disini kamu benar-benar menyatu dengan alam. Untuk fasilitasnya sendiri lengkap banget, ya. Ada mushola, toilet, lahan parkir, gazebo, penyewaan sepeda, dan masih banyak lagi.

2. Tempat Camping Terbaik, Grafika Cikole Lembang – Bandung

Bandung bisa dibilang surganya tempat perkemahan. Salah satunya ada di Grafika Cikole, Lembang. Kamu bisa memilih untuk menggelar tenda di bawah pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi atau menginap di replika rumah The Hobbit. Menariknya, kamu nggak perlu membawa peralatan dari luar karena disini sudah disediakan sleeping bag, kayu bakar, tenda, dan peralatan lainnya.

Selain itu, Grafika Cikole Lembang juga menyediakan jagung mentah untuk acara bakar-bakar. Kamu juga nggak perlu khawatir kalau hp low batte karena fasilitas listrik juga disediakan disini. Gimana, kamu tertarik?

3. The Pines Taman Dayu- Pasuruan

Golf Taman Dayu lokasinya ada di Jalan Raya Surabaya – Malang KM 48. Area yang satu ini sering dijadikan tempat outbound sekaligus berkemah. Tempat ini tentu saja cocok buat kamu yang ingin merasakan area sejuk di tengah kawasan perkotaan yang panasnya seperti mordor  minta ampun. Kalau masih belum terbiasa tidur di tenda, kamu bisa menyewa rumah kayu atau rumah pohon. So, kapan lagi ngabisin waktu bareng temen atau keluarga di alam terbuka? Atur rencana camping kamu sekarang juga!

4. Bumi Perkemahan Dlundung – Mojokerto

Tempat camping terbaik selanjutnya ada Bumi Perkemahan Dlundung yang ada di Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Dari pusat kota Surabaya, kamu hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam saja. Selain bisa berkemah, kamu jga bisa berkunjung objek wisata Air Terjun Dlundung. Jadi, bayangkan saja. Selepas bangun dan keluar dari tenda, kamu bisa langsung menikmati segarnya air terjun dan udara yang masih asri.

5. Budug Asu Camp – Malang

Di Malang, kamu nggak bakalan susah nyari spot camping yang cozy. Budug Asu Camp menyuguhkan keindahan alam yang sangat memukau. Dari sini juga kamu juga bisa menikmati padang savana hijau dan rangkaian bukit yang sangat cantik. Agar berkemah lebih seru, ajak teman-teman kamu untuk bermalam di alam terbuka di Budug Asu Camp ini. Siapkan juga aneka makanan untuk bakar-bakaran nanti dan juga satu buah gitar agar suasana malam menjadi lebih hidup.

6. Tempat Camping Terbaik, The Sila’s Adventure Camp – Bedugul

Bali juga punya The Sila’s Adventure Camp yang bisa jadi rekomendasi tempat camping terbaik. Menariknya, kamu nggak perlu repot-repot bawa tenda dan api unggun. The Sila’s Adventure Camp sudah menyediakan tenda dan seisinya yang sangat mewah. Jadi, tempat ini cocok banget buat kamu yang ingin menghabiskan liburan di alam terbuka dengan keluarga maupun dengan pasangan (halal), ya.

Tempat yang satu ini juga dekat dengan objek-objek wisata. Ada Danau Buyan, Danau Beratan, dan Wisata Air Panas Angsri. Liburan kamu bakalan lengkap banget pokoknya!

7. Dikubu Strawberry Farm – Tabanan

Dikubu Strawberry Farm adalah agrowisata yang menyediakan fasilitas camping ground untuk umum. Kamubisa merasakan udara sejuk khas pegunungan dan juga panorama hijau yang menyegarkan mata. Selain itu, tempat ini juga menyediakan area khusus untuk memetik buah stroberi. Jadi, bisa banget nih buat oleh-oleh orang rumah atau untuk sekedar camilan di dalam tenda. Eits, ini ggak gratis, ya. Bayaaaar!

8. Tempat Camping Terbaik, Pantai Ngrumput – Gunung Kidul

Kalau kamu biasa camping di pegunungan, coba deh sekali-kali camping di dekat pantai. Sebut saja Ngrumput. Pantai yang satu ini selalu penuh oleh pengunjung yang ingin bermalam di area pinggir pantai. Meskipun terkesan ‘panas’, sebetulnya nggak juga, kok. Kawasan ini dikelilingi oleh perbukitan hijau, jadi sesekali kamu juga bisa merasakan kesejukan saat berkemah di pantai ini. Keuntungan camping di sini salah satunya adalah bisa menikmati sinset dan sunrise yang sangat cantik. Kepengen, nggak?

9. The Highland Park Resort – Bogor

The Highland Park Resort cocok buat kamu yang nggak mau ribet. Tempat yang satu ini dikenal sebagai salah satu tempat camping mewah di Indonesia. Kamu nggak bakalan tidur beralaskan tanah, tapi pakai kasur lengkap dengan perabotan mewah lainnya. Selain itu, id dalamnya juga sudah disediakan sofa, TV, kamar mandi, AC, dan kulkas. Jadi, anggap saja kamu sedang menginap di hotel di alam terbuka.

Selain itu, fasilitas disini juga sangat memanjakan pengunjungnya. Ada permainan anak-anak, outbound area, mini golf, dan masih banyak lagi.

10. Kampung Cai Rancaupas – Bandung

Selain Grafika Cikole, Bumi Perkemahan Kampung Cai Ranca Upas juga bisa jadi rekomendasi tempat berkemah bareng temen-temen. Tidak seperti di Highland Park Resort, disini kamu harus membawas sendiri peralatan camping. Tapi kalau nggak mau ribet, kamu juga bisa menyewa alat-alat camping yang sudah disediakan disini. Tenang saja, harganya realtif terjangkau, kok.

Sambil bermalam, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru disini. Mulai dari memberi makan rusa yang ada di penangkaran, mencari spot cantk untuk foto-foto, permainan air, outbound, dan masih banyak lagi.

11. Gunung Putri Lembang – Bandung

Bandung emang nggak pernah kehabisan tempat camping. Sebut saja Gunung Putri. Tempat ini menyediakan lahan yang sangat luas khusus untuk berkemah. Jadi, kamu nggak perlu khawatir kehabisan tempat saat camping bareng temen-temen. Meskipun namanya gunung, kamu tidak akan memakan waktu lama untuk bisa sampai di puncak. Hanya 15-20 menit saja, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian. Apalagi sata malam hari, Kota Bandung akan terlihat sangat menawan dengan lampu yang kerlap kerlip.

12. Tanakita Camping Ground – Sukabumi

Sukabumi juga nggak mau kalah menawarkan tempat camping yang cozy. Tanakita camping ground sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati udara sejuk. Asyiknya lagi, peralatan camping sudah disediakan disini, jadi kamu tinggal bawa peralatan-peralatan pribadi saja.  Yang lebih wow lagi, kamu juga bisa mandi pake air panas! Ah, pokoknya dimanjain banget camping disini.

13. Tempat Camping Terbaik, Bukit Moko – Bandung

Ingin camping sambil menikmati keindahan kota dari ketinggian? Bukit Moko solusinya. Bukit yang (lagi-lagi) ada di Bandung ini selalu jadi incaran mereka yang ingin menghabiskan akhir pekan di alam terbuka. Sambil menikmati teh hangat, kamu bisa melihat suasana Kota Bandung yang sangat cantik. Belum lagi cantiknya sunrise di pagi hari. Kalau difoto hasilnya pasti ala-ala aesthetic!

14. Tempat Camping Terbak, Kampoeng Awan – Bogor

Kampoeng Awan adalah tempat camping yang memiliki luas sekitar 3,5 hektar. Kamu nggak perlu ngerasa kesepian karena tenda-tenda akan berjejer mulai dari depan sampai belakang tenda kamu. Belum lagi hiasan-hiasan lampunya yang area camping semakin hangat. Jadi, suasananya juga tergolong ramai yang tentu saja cocok buat kamu yang sering ngerasa kesepian. Hm.

Selain area camping, kamu juga bisa menikmati fasilitas lainnya, seperti kolam renang, jalur tracking, area api unggun, tempat mandi dan masih banyak lagi.

15. Ciwidey Valley – Bandung

Ciwidey Valley menerapkan konsep perkemahan yang sangat unik. Tenda yang digunakan beda dari yang lain, yaitu berbentuk seperti tenda suku Indian, lengkap dengan gambar atau hiasan khas suku asli Amerika ini. Fasilitasnya pun lengkap, jadi kamu hanya perlu membawa peralatan pribadi saja.

Sambil bermalam, kamu juga bisa berkunjung ke objek wisata di sekitarnya. Ada Kawah Putih, Danau Situ Patenggang, dan Kebun teh Walini.

Itulah 15 tempat camping terbaik untuk pengalaman menginap di alam terbuka yang lebih seru. Kira-kira, tempat mana yang pernah kamu kunjungi? Tulis di kolom komentar, ya!

 

 

 

Berikan komentarmu