15 Makanan Khas Tahun Baru: Hidangan Pas Pergantian Tahun

Spread the love

Tahun baru tinggal menghitung hari. Masyarakat dunia sangat menantikan pergantian tahun ini. Itu tentu saja nggak hanya sekedar memunculkan resolusi-resolusi baru, tetapi juga bisa menyuntikan semangat menyambut kehidupan yang lebih baik. So, perayaannya sangat lumrah dilaksanakan. Persiapannya pun nggak cuman kembang api dan tetek bengeknya, tetapi juga hidangan lezat yang bisa bikin perayaannya makin lengkap. Buat kamu yang sering menghidangkan jagung bakar saja, nggak ada salahnya buat nyobain rekomendasi makanan khas tahun baru lainnya seperti yang sudah dirangkum berikut ini.

1. Ikan bakar

Ikan bakar rupanya cocok dijadikan menu andalan saat tahun baru. Ini sangat cocok kalau kamu merayakan pergantian tahun baru bersama keluarga besar. Ikan bakan ini cocok disantap dengan kentang, lalapan, dan juga sambal. Cara membakarnya pun tidak perlu skill khusus, jadi siapa aja bisa nyobain membakar santapan lezat ini.

2. Ayam bakar

Selain ikan, ayam bakar juga bisa jadi menu utama yang pas untuk perayaan tahun baru. Hidangan yang satu ini bisa jadi favorit semua orang, sehingga kamu nggak perlu menyediakan terlalu banyak hidangan berat. Ayam bakar ini akan semakin mantap kalau ditambah dengan saus barbeque.

3. Makanan Khas Tahun Baru Sosis

Sosis bakar adalah makanan yang paling simpel dengan proses pembakaran yang terbilang mudah dan tidak lama. Cukup melumurinya dengan mentega dan rempah-rempah, lalu bakar sampai harum. Untuk finishnya, kamu bisa menambahkan saus cabai, barbeque, dan mayonnaise sebagai cocolannya.

4. Marshmallow

Yang dibakar rupanya nggak harus yang rasanya gurih. Marshmallow juga sering dijadikan hidangan pas saat perayaan tahun baru. Dan biasanya makanan manis ini sering disajikan sebagai pencuci mulut. Kalau belum pernah cobain, sok siapkan sekarang juga. Siapa tau ternyata kamu suka, kan..

5. Kacang rebus

Kalau sekedar mau ngemil, kamu bisa membuat hidangan kacang rebus. Ini sangatlah asyik karena bisa meminimalisir kegabutan menjelang pukul 00.00 teng. Selagi menunggu waktu, kamu bisa mengupasnya lebih dulu. Atau dikupas langsung makan juga oke-oke aja. Pilih yang paling nyaman aja..

6. Makanan Khas tahun baru: Kentang Goreng

Camilan lainnya ada kentang goreng, yag bisa jadi alternatif kalau kacang rebus ternyata tidak ada. Makanan ini juga selalu diminati, apalagi kalau bukan berkat rasanya yang gurih dengan tambahan bubuk cabai, keju, atau barbeque. Selain itu, pembuatannya juga nggak susah. Tinggal goreng, tunggu sekitar 15 menit dengan api sedang, lalu tiriskan dan campur dengan bumbu sesuai selera.

7. Aneka keripik

Yang nggak mau ribet masak atau bakar-bakaran, aneka keripik bisa jadi pilihan yang tepat. Camilan ini bisa banget ngisis perut selagi nunggu detik-detik pergantian tahun. Adapun cemilannya bisa berupa keripik singkong, ubi, kentang, jagung, dan lain sebagainya.

8. Makanan khas tahun baru: Popcorn

Buat yang mau makan murah meriah saat tahun baru, coba aja bikin popcorn. Dengan membeli biji jagung popcorn 250gr saja, itu sudah cukup untuk dimakan 4-5 orang. Biar lebih lezat, kamu bis amenambahkan bubuk keju, caba, baberbeque, atau yang lainnya sesuai selera.

9. Mie atau spaghetti

Pencinta makanberat di malam hari, bis banget jadiin Spaghetti sebagai menu andalan. Nggak ribet karena kamu cukup merebusnya, lalu tamabahkan saus barbeque. Yang nggak suka spaghetti, bisa banget diganti dengan mie instan, ya. Apapun makanannya, yang penting tahun baruannya nggak nggaring bangett..

10. Makanan khas tahun baru: Sate

Nyate adalah aktivitas tahun baru yang sering dilakukan masyarakat Indonesia. Meski harus melalui rangkaian persiapan seperti memotong, menusuk, membumbui, hingga membakar daging, nyatanya aktivitas tersebut sangat seru karena melibatnya banyak orang. Untuk dagingnya sendiri bervariasi. Ada ayam, kambing, domba, atau sapi.

Perayaan tahun baru di luar negeri pun nggak kalah seru, tentunya dengan hidangan khasnya masing-masing. Biar bisa jadi inspirasi, catat aja lima makanan khas tahun baru lima negara di bawah ini. 

11. Toshikoshi Soba, Jepang

Masyarakat Jepang biasa dimanjakan dengan hidangan khasnya, yaitu Soba. Mie yang satu ini tentu saja bisa jadi santapan lezat saat perayaan tahun baru, khususnya toshikoshi soba. Mie tersebut dibuat panjang dan tidak terputus sebagai lambang umur panjang. Untuk itu, cocok sekali untuk acara tahun baru sesuai dengan filosofinya. Untuk rasanya sendiri gurih dan lezat berkat adanya topping nori (rumput laut), kamaboko, dan telur.

12. Makanan khas tahun baru di Austria: Anak Babi Panggang

Orang Austria juga punya hidangan favorit saat perayaan tahun baru. Mereka biasa menyajikan anak babi panggang (Sylvesterabend). Hidangan ini cocok disantap beramai-ramai, lengkap dengan aneka sayuran. Anak babi lebih disukai sebagai menu utama perayaan tahun baru karena itu menjadi simbol kemajuan dan kemakmuran.

13. Makanan khas tahun baru di China: Pangsit, Mi, dan Ikan Utuh

Warga China biasa merayakan tahun baru, lengkap dengan hidangan khasnya berupa pangsit, mi, dan ikan utuh. Menu tersebut dipilih karena memiliki makan tertentu. Pangsit dinilai sebagai simbol kekayaan karena bentuknya yang menyerupai uang perak kuno. Sedangkan ikan dinilai sebagai simbol pembawa kemakmuran. Dan mie memiliki simbol keberkahan hidup dan juga umur yang panjang.

14. Oliebollen, Belanda

Warga Belanda biasnaya menyiapkan hidangan manis saat perayaan tahun baru. Salah satunya adalah Oliebollen, yang kalau diterjemahkan adalah hidangan kue goreng. Kue tradisional belanda ini sangat lezat berkat campuran apel yang dipotong dadu, kismis, atau manisan kulit jeruk yang ada di dalamnya. Kalau di Indonesia sendiri mungkin mirip-mirip seperti donat 😀

15. Tteok-guk, Korea

Tteok-guk adalah sajian lezat masyarakat Korea menjelang pergantian tahun. Tteok-guk ini semacam sup, namun di dalamnya terdapat irisan-irisan tipis kue beras yang merupakan simbol umur panjang. Untuk itu, makanan yang satu ini harus dihabiskan karena dipercaya bisa menjadi doa dan harapan mendapatkan umur yang berkah dan panjang.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu