Share this
Share

Share

shares

13 Fakta Album Master of Puppets Metallica (Pecinta Metal 80an Wajib Baca)

1 August 2020  Cerpin

7 Fakta Album Master of Puppets Metallica (Pecinta Metal 80an Wajib Baca)

Master Of Puppets Metallica adalah salah satu album paling ikonik sepanjang masa. Ini adalah album yang bisa dibilang tanpa cacat yang berisikan lagu-lagu ikonik tahun 80an yang membuat Metallica dijuluki “Dewa metal”. Tentu saja, seperti karya yang keren pada umumnya, album seperti ini tidak datang tanpa adanya kisah luar biasa dibaliknya. Inilah beberapa fakta menarik tentang album Master of Puppets Metallica.

1. Master of Puppets direkam di Denmark, dan hanya dikerjakan pada malam hari

7 Fakta Album Master of Puppets Metallica (Pecinta Metal 80an Wajib Baca)

Salah satu fakta paling menarik dari album Metallica ini, mereka merekam Master Of Puppets di negara asal drummernya, Lars Ulrich di Denmark. Band ini selalu mengerjakan album pada waktu “malam saja” pada jam 7 malam dan mengakhiri sesi mereka sekitar jam 5 pagi. Itu membuat mereka menjadi “para burung hantu” yang hanya keluar waktu malam.

Setelah itu mereka istirahat dan menjalankan nocturnal cycle (siklus kehidupan yang terbalik). Di saat itu adalah di momen dimana album masterpiece itu dibuat, yaitu hanya pada malam hari. Ketika Lars mengomentari proses pembuatan album itu, mereka merasakan adanya chemistry dan mereka “tidak pernah melihat siang hari” dan selalu berada di kegelapan malam untuk bekerja dan merekam lagu. Itulah proses pembuatan album Metallica, Master of Puppets.

Ternyata benar kata pepatah, ide terbaik selalu datang di kala malam.

2. Metallica suka bikin album dengan cepat

Mungkin orang pikir untuk membuat musik metal itu sulit, namun tidak bagi si Jenius James hetfield dan kawan-kawan. Butuh Metallica empat bulan untuk merekam Master Of Puppets, sementara album-album sebelumnya (Kill ‘Em All dan Ride The Lightning) membutuhkan waktu kurang dari sebulan untuk menyelesaikannya.

3. James Hetfield yang membuat sketsa awal dari cover album ikonik itu

7 Fakta Album Master of Puppets Metallica (Pecinta Metal 80an Wajib Baca)

Cover album Master Of Puppets yang ikonik itu dimulai dari sketsa gambar si James Hetfield. Salah satu cover album terbaik yang paling dikenal dalam sejarah musik itu datang langsung dari imajinasinya James. Kemudian seniman Don Brautigam menggunakan sketsa itu sebagai konsep kasar untuk membuat desain yang legendaris.

4. Lukisan asli album Master of Puppets berhasil terjual seharga 300 juta

7 Fakta Album Master of Puppets Metallica (Pecinta Metal 80an Wajib Baca)

Pembuat cover album Master of puppets adalah seniman Don Brautigam. Pada tahun 2008, ada sebuah pameran lukisan dan lukisan asli Master of Puppets ada disana. Karya itu pun berhasil terjual dengan harga 28 ribu dollar atau sekitar 300 juta rupiah!

5. Metallica terinspirasi dari Stephen King

Sebelum membuat album kedua, Lars ulrich perah membaca novel Stephen King dan menemukan sebuah cerita tentang seorang terpidana mati yang menunggu untuk dieksekusi sehingga ia dapat “mengendarai petir” (Ride the lightning).

6. Pesan tersembunyi cover album Master of Puppets

Cover album ini memang serat akan simbolisme dan pesan tersembunyi. Lagu “Master of Puppets” sendiri adalah lagu yang menceritakan pengaruh paksaan yang ada di masyarakat. James ingin menangkap momen itu dan dijadikan sebuah lagu dengan representasi tanah kuburan yang dikontrol dengan tali senar.

Fakta Album Master of Puppets Metallica (Pecinta Metal 80an Wajib Baca)

7. Geddy Lee hampir saja jadi Produser album ini

Gedy Lee adalah frontman dan bassist dari band Rush yang sebenarnya justru dijadwalkan untuk menjadi Produser album Master of Puppets. Dikarenakan jadwalnya waktu itu bentrok, dia jadi membatalkan niatnya itu. Hmm, kebayang gak sih kalau Rush bertemu dengan suaranya Trashnya Metallica di tahun 80an? Pasti bakal EPIC!

8. 20 detik terakhir dari album ini ternyata…

Kalau kalian dengar dengan seksama, 20 detik terakhir di album ini adalah suara rekaman gitar yang dimainkan secara terbalik dan dipadukan dengan suara ketawa James dan kawan-kawan.

9. Kirk Hammett butuh berguru dengan Joe Satriani di album Master of Puppets

7 Fakta Album Master of Puppets Metallica (Pecinta Metal 80an Wajib Baca)

Kirk hammett, gitaris Metallica rupanya sangat serius menggarap suara-suara gitar yang diperlukan untuk album Master of Puppets. Karena itu, sebelum masuk studio, Kirk menemui guru lamanya yang tak lain dan tak bukan adalah master Joe Satriani. Dikarenakan Metallica sedang vakum touring, saat itu The Reaper Kirk hammet berkesempatan bertemu sang guru untuk membantunya menyelesaikan riff di album Master of Puppets.

10. James Hetfield mengenang Cliff Burton

Master of Puppets adalah album terakhir dimana Bassist Cliff Burton menyumbangkan suaranya. Tahun 1986, Metallica merilis Master of Puppets, di tahun yang sama itu juga Cliff meninggal dunia. Cliff burton tak hanya teman karib bagi James dan kawan-kawan, namun juga sangat berjasa mengevolusi suara-suara musik di tahun-tahun awal Metallica. Setelah kematiannya, James hetfield pernah membuat tattoo di tangannya yang merupakan petikan bass dari Cliff burton di lagu Orion.

11. Metallica melakukan 144 kali show

7 Fakta Album Master of Puppets Metallica (Pecinta Metal 80an Wajib Baca)
Metallica memainkan total 144 show selama Tour Damage, Inc., tur konser untuk promo album Master Of Puppets. Satu penampilan utama di dalam tour ini adalah Ozzy Osbourne. Namun Metallica juga mengundang beberapa band seperti Armored Saint, Anthrax, dan Metal Church.

12. Master of Puppets dilarang di China

Kalau dihitung, sudah lebih dari 1500 kali Metallica manggung membawakan Master of Puppets. Namun pada tahun 2013, ketika mereka manggung di China untuk pertama kali, mereka dilarang untuk membawakan lagu ini. Karena dianggap punya unsur kekerasan dan pengaruh obat-obatan.

13. Master of Puppets terjual 6 juta copy di seluruh dunia

Album Master of Puppets telah terjual lebih dari 300 ribu copy di minggu pertama ketika release. Ketika itu Metallica mendapat sertifikat gold pertama mereka. Dalam kurun waktu 30 tahun lebih hingga sekarang, album ini sudah terjual lebih dari 6 juta copy dan bersertifikasi platinum selama 6 kali. Master of puppets merupakan salah satu album terbaik sepanjang masa.

Segini dulu beberapa fakta keren tentang album Master of Puppets. Silahkan dishare artikelnya ke teman-teman!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu

Related articles

 #album metal #album metallica #cliff burton #james hetfield #joe satriani #kirk hammett #lars ulrich #musik metal
Share di whatsapp

Pilihan editor