via Super Adventure

12 Objek Wisata Labuan Bajo yang Sering Jadi Incaran Traveler

Spread the love

Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi wisata hits di kalangan traveler. Gimana nggak, kawasan wisata yang ada di Nusa Tenggara Timur ini menyuguhkan aneka objek wisata alam yang sangat memukau. Pulau Komodo, misalnya. Tidak sedikit turis lokal maupun asing yang berlomba-lomba ingin melihat langsung hewan endemik tersebut. Objek wisata Labuan Bajo sendiri masih banyak yang bisa kamu telusuri. Apa saja? Simak rangkumannya di bawah ini.

1.  Objek Wisata Labuan Bajo, Pulau Kanawa

via wisataplus.com

Pulau Kanawa adalah salah satu objek wisata Labuan Bajo yang selalu jadi incaran wisatawan. Pemandangannya yang eksotis cocok untuk meredam kepenatan rutinitas sehari-hari. Belum lagi hamparan pantainya yang masih alami dan juga alam bawah lautnya yang memesona bisa memanjakan mata.

Saking jernihnya air laut disana, kamu bisa menyelam dan melihat cantiknya terumbu karang dan aneka biota laut yang unik. So, sediakan juga kamera underwater biar momen snorkeling kamu bisa diabadikan.

2. Objek Wisata Labuan Bajo, Pulau Rinca

via gumilangtour.com

Selanjutnya ada Pulau Rinca. Selain bisa menikmati pemandangannya yang menakjubkan, kamu juga bisa melihat hewan endemik Komodo. Spesies kadal terbesar di dunia ini hanya ada di Indonesia saja, jadi nggak heran kalau banyak turis asing yang ingin melihatnya.

Selain bisa melihta komodo, wisatawan juga bisa melihat langsung aktivitas penanaman bakau. Bahkan, kamu juga bisa ikutan, lho!

3. Gili Laba

via labuanbajotour.com

Gili Laba adalah salah satu wisata yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo. Pulau kecil yang satu ini terkenal dengan panorama alamnya yang sangat menyegarkan mata. Perbukitannya mengelilingi hamparan laut biru yang sangat jernih. So, panorama yang cantik ini bisa membuat hasil foto kamu menjadi lebih aesthetic atau Instagrammable. 

Saat musim kemaran, area sekitar Gili Laba ini menjadi kecoklatan seperti di Savana. Sedangkan pada musim hujan, area disekelilingnya akan terlihat hijau dan lebih segar.

4. Danau Kelimutu

via nttonlinenow.com

Danau Kelimutu menjadi ikon pariwisata dari kawasan Labuan Bajo. Disini, kamu bisa menemukan tiga buah danau besar yang ‘ajaib’. Konon, warnanya bisa berubah-ubah, yaitu dari hijau menjadi biru, hitam atau merah. Perubahan air danau tersebut disebabkan oleh pengaruh dari mekanisme vulkanis di kawasan tersebut.

Danau tersebut tentu akan mendukung hasil jepretan foto kamu menjadi lebih keren. Ambil foto menjelang matahari terbenam karena perpaduan rona kuning matahari dan warna danaunya akan membuat hasil foto semakin ‘wah’.

5. Objek Wisata Labuan Bajo, Pulau Kelor

via Super Adventure

Pulau Kelor adalah salah satu objek wisata Labuan Bajo yang masih asri dan alami. Pulau kecil yang satu ni menyuguhkan ketenangan dan juga keindahan alam yang cocok untuk relaksasi pikiran. Di sekelilingnya, ada pasir putih halus, pepohonan rindang, dan deburan ombak yang tidak terlalu besar. Jadi, ini cocok banget buat kamu yang ingin jalan-jalan, tapi tidak mau terganggu oleh keramaian.

6. Gua Ranko

via Instagram/warungtraveler_id

Kalau masih belum puas menikmati danau dan pantai di area Labuan Bajo, kamu bisa banget dateng ke Goa Ranko. Goa yang ada di ceruk bumi ini menyuguhkan penampakan yang tidak biasa alias bisa bikin orang melongo. Bayangkan saja, saat pertama kali memasuki goa tersebut, kamu akan takjub dengan keindahan stalaktit dan juga air jernih kebiruan yang rasanya asin.

Kalau kesini, jangan lupa bawa baju ganti, ya! Rugi saja rasanya kalau tidak berenang di dalam goa yang kece ini.

7. Objek Wisata Labuan Bajo, Manta Point

via liputan6.com

Pencinta diving rasanya rugi kalau belum mampir ke Manta Pont Labuan Bajo ini. Disini, kamu akan berenang sambil ditemani ikan Manta atau ikan pari raksasa. Kalau dibayangin sih emang ngeri, ya. Namun, disini kamu bakalan aman karena akan didampingi langsung oleh pemandu profesional. Jangan panik saat bertemu ikan ini. Kalau kamu heboh nggak jelas, nanti si ikan pari ini malah merasa seperti terancam.

Selain itu, waspada juga terhadap ubur-ubur, ya. Gunakan baju renang tertutup untuk menghindari sengatan hewan laut ini. Selalu ikuti instruksi dari pemandu biar diving di Manta Poin ini lebih aman dan nyaman.

8. Pulau Bidadari

via lingkoflorestravel.com

Layaknya sosok bidadari, pulau yang satu ini menyuguhkan pemandangan eksotis yang siap memanjakan mata wisatawan. Air lautnya yang jernih menggoda iman siapa saja untuk berenang di dalamnya. Bahkan, nggak sedikit juga yang menjadikan pemandangan alam di sekitarnya sebagai latar belakang pengambilan foto. So, kamu nggak bakalan nyesel bawa temen-temen liburan ke pulau yang masih natural ini.

9. Pink Beach

via SHUTTERSTOCK/PRAWAT THANANITHAPORN

Dari namanya saj asuah terbayang kalau pantai ini pasti memiliki sesuatu berwarna pink atau merah muda. Benar saja, pasir halus di sekitarnya berwarna merah jambu alias pink. Daya tarik ini bisa memikat hati wisatawan sehingga rela memesan tiket jauh-jauh hari untuk bisa menikmati keindahan pantainya.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas di pantai ini. Kamu bisa snorkeling, diving,  foto-foto, berenang, dan jalan-jalan di sekitarnya.

10. Air Terjun Cunca Wulang

via @deedemahendra

Labuan Bajo juga punya air terjun yang cantik. Air Terjun Cunca Wulang namanya.  Air terjun ini bisa kamu temukan di Pota Wangka, Boleng, Kabupaten Manggarai Barat. Suasananya sangat sejuk dan pemandangannya pun tidak kalah cantik. Bahkan, sekilas tempat ini mirip seperti Green Canyon di Pangandaran.

Disini, kamu bisa merasakan sensasi terjun dari ketinggian 200 meter. Namun, disini tidak disediakan pemandu, ya. Jadi, hati-hati kalau kamu nggak bisa berenang.

11. Desa Adat Wae Rebo

via goodnewsfromindonesia.id

Jika ingin melihat kekayaan budaya Labuan Bajo, datang saja ke Wae Rebo. Daya tarik dari objek wisata yang satu ini adalah rumah-rumah dengan desain tradisional yang dikenal dengan sebutan Mbaru Niang. Rumah ini digunakana sebagai tempat tinggal suku Manggarai yang biasanya diisi oleh 6-8 anggota keluarga. Untuk rumahnya sendiri terdiri atas lima lantai yang masing-masing punya fungsi yang berbeda.

12. Objek Wisata Labuan Bajo, Pulau Kalong

via mabarkab.manggaraibaratkab.go.id

Di Pulau Kalong, kamu bisa berjumpa dengan ratusan kelelawar Flores. Namun, mereka akan mulai menunjukan diri pada sore hari.  Jadi, sambil menikmati pemandangan di sekitar pulau Kalong, kamu juga bisa sekaligus melihat kelelawar yang sedang keluar kandang. Jadi, langit sore semakin terlihat cantik dengan adanya hewan mamalia terbang ini.

Itulah 12 objek wisata Labuan Bajo yang sering jadi incara para traveler. Jadi, kapan kamu mau kesana?

Berikan komentarmu