12 Museum Unik di Dunia, Salah Satunya Koleksi Awetan Janin!

Spread the love

Museum adalah lokasi yang tepat kalau kamu mau melihat beragam peninggalan bersejarah. Sebut saja Museum Geologi, Fatahillah, Seni Rupa, Tekstil, dan lain sebagainya yang ada di Indonesia. Di sisi lain, museum tentu saja tidak se-“kaku” yang dibayangkan. Kalau pada umumnya menampilkan beragam koleksi seperti peninggalan zaman purbakala, karya seni modern kontemporer, dan sebagainya, museum-museum di bawah ini menyimpan koleksi yang bisa dibilang anti-mainstream. Pengunjung jelas dibuat terkesan dengan isi di dalamnya, terlebih karena bisa juga mendapatkan pengetahuan baru. Orang-orang sampai menjulukinya sebagai museum unik di dunia. Ada apa saja? Langsung aja simak rangkumannya di bawah ini.

1. The Museum of Bad Art, Amerika

Museum unik yang pertama ada The Museum of Bad Art. Sesuai dengan namanya, tempat ini menampung karya seni yang dinilai jauh dari keindahan. Di dalamnya, berjejer rapi lukisan-lukisan karya “seniman gagal”. Bahkan, disana juga ada lukisan tiruan Monalisa yang sangat jauh dengan aslinya. Museum ini pertama kali didirikan oleh Scott Wilson pada tahun 1994. Mulanya, ia menemukan sebuah lukisan dari tong sampah. Daripada dibuang, teman-temannya menyarankan untuk menyimpan lukisan tersebut. Akhirnya, Si Wilson ini kepikiran untuk mendirikan museum khusus karya seni yang terbuang. Jadi, siapapun yang punya karya seni tapi nggak dapat apresiasi, The Museum of Bad Art bisa jadi solusi terakhir. Happy karena masih ngerasa dihargai, atau malah nyesek nggak sih? Hhee…

2. Kunstkamera, Rusia

Selanjutnya ada Museum Kunstkamera yang paling hits di Rusia. Museum yang satu ini konon menjadi salah satu museum yang palingbisa bikin pengunjungnya bergidik ngeri. Bukan karena adanya makhluk halus, tetapi tempat ini menyimpan aneka makhluk hidup yang diawetkan, dan disimpan di dalam toples-toples kaca. Bahkan, ada mayat-mayat bayi yang diawetkan karena ia lahir dengan kondisi fisik yang tidak sempurna. Ini tentu saja sangat berguna untuk kebutuhan penelitian mahasiswa maupun profesional. Selain mayat bayi, ada juga bayi kambing berkepala dua. Unik, kan?

3. Siriraj Medical Museum, Thailand

Nggak jauh beda dari Kunstkamera, Siriraj Medical Museum juga menyimpan koleksi kerangka, awetan janin atau bagian tubuh dengan rupa yang tidak lazim. Bahkan, disini juga ditampilkan paru-paru manusia yang rusak akibat tusukan, otak yang mengalami pendarahan, dan anggota tubuh lainnya yang mengalami kerusakan.

Meski terkesan mengerikan, museum ini memang sengaja didirikan untuk kebutuhan medis. Lokasinya dibagi ke dalam empat bagian, yaitu museum anatomi, patologi, pengobatan tradisional Thailand, dan museum toksikologi. Buat kamu yang nggak bisa ke Rusia, mampir aja lah dulu kesini.

4. Museum Unik di Dunia: Hair Avanos, Kanada

Museum yang terbilang anti-mainstream lainnya ada di Kanada. Sebut saja Hair Avanos yang mengoleksi sekitar 16 ribu jenis rambu. Rambut-rambut tersebut berasal dari 16 ribu rambut wanita di seluruh dunia. Sekitar 30 tahun yang lalu, ada seorang pembuat tembikar bernama Chez Galip di kawasan Avanos. Suatu hari, salah satu sahabat perempuanny ameninggal dunia. Sebelum meninggal, rupanya dia sudah memotong rambutnya dan meletakkannya di dalam kendi tembikar buatan Galip. Ini dilakukannya agar Si Galip ini tidak sedih. Sejah saat itulah, setiap perempuan yang mengunjungi toko Galip selalu memotong rambutnya dan menempelkannya di semua dinding dan diberi nama.

5. Medieval Instrument Museum, Belanda

Zaman dulu, konon para tahanan disiksa sedemikian rupa sampai menderitam bahkan meninggal dunia. Kita jelas penasaran dengan alat yang digunakan, seseram apa, sih? Di Museum Medieval Instrument inilah kita bisa mendapatkan jawabannya. Beragam alat penyiksa tahanan dipamerkan, mulai dari Guillotine (alat pancung), Spanish Spider (alat untuk “merusak” pay*dar* wanita yang berzina), dan masih banyak lagi. Kebayang kan seseram apa dulu?

6. Museum Unik di Dunia: Dessert, Filipina

Kamu yang udah bosen dengan janji manis i dia, bisa banget dateng ke Museum Dessert di Manila. Museumyang satu ini dibagi ke dalam delapan ruangan, yang isinya ada beragam cemilan manis, seperti gulali, marshmallow, cake pops, es krim, permen karet, donat, candy cane, dan lainnya. Itu tentu saja nggak hanya pajangan, melainkan camilan asli yang bener-bener bisa kita nikmati. Pokoknya, pencinta makanan manis langsung merapat kesiniiii…! Ruangannya juga Instagenic banget, lho…

7. Royal Mummy Room, Mesir

Buat yang suka nonton film mumi, lebih baik simak dulu museum yang satu ini. Di Royal Mummy Room ini, kamu bsa berjumpa dengan mayat-mayat tang diawetkan alias dijadikan mumi dari 27 kerajaan fir’aun. Di sini juga ada mumi Ramses  yang tenggelam di Laut Merah di kisah Nabi Musa. Saat berkunjung kesini, sebaiknya kamu ditemani oleh tour guide biar nggak cuman sekedar liat-liat doang, tapi dapat juga pengetahuannya.

Selain koleksi mumi, disini juga terdapat koleksi artefak yang berasal dari periode tahun 1550-1069 SM. Ada patung, meja, hingga sarkofagus. Untuk kuburan Firaun Thutmosis III, Thutmosis IV, Amenophis II, dan lain-lainnya juga bisa kita jumpai disini.

8. Museum Unik di Dunia: Cancún Underwater Museum, Meksiko

Cancun Underwater Museum ini terkesan merepotkan, tapi ya memang disitulah letak keunikannya. Kamu mesti menyelam ke bawah laut untuk bisa menikmati karya seni di bawahnya. Disana ada sekitar 500 patung yang ukurannya hampir sama seperti manusia pada umumnya. Patung-patung tersebut terbuat dari beton laut dan tanah liat dengan pH yang sudah disesuaikan, sehingga tetap ramah lingkungan. Btw, patung ini dibuat oleh seorang seniman bernama Jason deCaires Taylor. Dia tidak gabut membuat patung ini, melainkan dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan karang.

9. Museum Momofuku Ando Instant Ramen, Jepang

Saat memasuki Museum Momofuku Ando, seketika kita bisa merasa lapar.Gimana nggak, sepanjang dinding museumtersebut dipajang aneka merk ramen instan, dari yang paling jadul sampai kekinian. Bahkan, disana juga ada gambar evolusi ramen dari tahun ke tahun. Tentu saja, kesini nggak hanya melihat-lihat koleksi ramen, tapi kit ajuga bisa makan ramen enak disana. Bahkan disana juga disediakan workshop pembuatan ramen dan juga teater drama. Di Indonesia belum ada, ya?

10. Museum of Broken Relationships, Kroasia

Mengenang barang dari si mantan bisa membuat suasana hati menjadi melow. Di Museum teraneh di Zagreb, Kroasia, kita malah akan disuguhkan dengan koleksi peninggalan-peninggalan si mantan setelah putus, atau bisa dibilang kenang-kenangan, lah.  Disana ada surat, foto, suvenir, gaun pengantin, sepeda, dan barang-barang lainnya. Ditambah lagi, disana juga disertakan cerita kenangannya, sehingga pengunjung bisa begitu mengkhayati setiap makna dibalik benda tersebut. Di sisi lain, para jomblo malah tertawa saat memasuki museum patah hati ini. 

Olinka Vistica dan Drazen Grubisic adalah penggagas museum anti-mainstream ini. Mereka mendirikannya setelah memutuskan untuk berpisah usai menjalin hubungan selama empat tahun.

Baca juga artikel menarik lainnya:

11. Museum Unik di Dunia: Nyamuk, Pangandaran –  Indonesia

Indonesia juga punya salah satu museum yang terkenal unik. Namanya Museum Nyamuk yang lokasinya ada di Pangandaran. Di dalamnya, terpajang kurang lebih 80 spesies nyamuk dari 6 genus yang berbeda.  Kalau disebutkan, beberapa diantaranya ada Cules, Manosnia, Toxorynchites, dan Aedes Aegypti. Kementerian Kesehatan RI yang mengelola langsung tempat ini. Museum yang dibangun di tanah seluas 2.000 meter persegi ini juga dilengkapi dengan fasilitas berupa gedung sinema, ruang multimedia, dan ruang cenderamata.

12. Museum Angkut, Malang – Indonesia

Yang terakhir ada Museum Angkut yang jadi incaran para wisatawan. Tempat ii menjadi magnet tersendiri karena sejarah transportasi disajikan dengan begitu unik. Kita bisa melihat beragam replika transportasi, mulai dari sepeda hingga pesawat terbang. Bahkan jenis transportasi jadul juga ada! Selain bisa belajar sejarah transportasi, kita juga bisa disibukan dengan aktivitas foto-foto. Gimana nggak, Museum ini dikemas begitu cantik!

Itulah 12 museum unik di dunia yang bisa jadi sumber pengetahuan baru. Jadi, mana yang paling unik?

Berikan komentarmu