12 Hantu dari Berbagai Negara yang Terkenal Paling Seram

Spread the love

Sosok makhluk halus nggak cuman eksis di Indonesia saja. Jika yang kita tahu adalah kuntilanak, pocong, dan genderuwo, lain halnya sosok hantu yang ada di Jepang, Malaysia dan negara lainnya. Sosok yang satu ini hidup berdampingan dengan manusia dengan wujud yang berbeda-beda di setiap wilayah. Kalaupun ada kesamaan, namanyalah yang jadi pembeda. Keberadaan makhluk halus ini diakui di beberapa negara, bahkan sekelas negara maju sekalipun. Biar nggak penasaran, langsung aja simak 12 hantu dari berbagai negara berikut ini.

1. Hantu dari berbagai Negara: La Llorona, Meksiko

via Youtube/Axl Kss

La Llorona berasal dari bahasa Spanyol yang diartikan sebagai perempuan menangis. Sosok yang satu in terkenal di Meksiko dan Amerika Tengah. La llorona merupakan sosok perempuan yang tega membunuh anak-anaknya dengan menenggelamkan mereka di kolam. Ia merasa depresi akibat ditinggal pergi suaminya, dan akhirnya memutuskan untuk bunuh diri.

Usai bunuh diri, arwah Maria sudah sampai di gerbang surga. Namun, ia tidak boleh masuk karena tidak membawa anaknya. Lalu, ia pun kembali ke bumi untuk mencari anak-anaknya tersebut. Sepanjang malam, ia selalu menangis sambil berkeliling. Masyarakat Meksiko dan Amerika Tengah sampai saat ini masih percaya bahwa La Llorona ini masih ada dan sesekali terdengar tangisannya.

2. Pontianak, Malaysia

via Youtube/D’Excellent Kitchen

Pontianak bukanlah sebuah kota yang ada di Kalimantan Barat. Di Malaysia, Pontianak ni dikenal sebagai sosok hantu atau jin yang mengerikan. Wujudnya menyerupai perempuan dengan rambut panjang, kulit yang pucat, mata merah, dan mengenakan pakaian putih panjang. Sosok ini dipercaya dulunya meruapakn perempuan yang meninggal saat mengandung anaknya. Namun, arwahnya selalu mengganggu manusia dan selalu nongkrong di pohon pisang. Kalau di Indonesia mah nini namanya kuntilanak 🙂

3. Cheonyeo Gwishin, Korea

via The Grudge 2

Korea yang terkenal dengan manusia-manusianya yang cakep juga punya sosok mengerikan yang tinggal disana, lho. Namanya Cheonyeo Gwishin. Sosok yang satu ini katanya cantik banget, namun masih harus keliaran di bumi akibat tugasnya sebagai wanita di dunia masih belum selesai.

Menurut tradisi Korea Selatan, tujuan hidup seorang wanita adalah untuk melayani ayahnya, suaminya dan anak laki-laki. Jika perempuan tersebut meninggal di usia muda dan belum menikah, ia akan menghantui pasangan-pasangan, khususnya perempuan.  Cheonyeo Gwishin konon mengguunakan pakaian tradisional Korea seperti hanbok. Kabarnya sosok ini, harus dinikahkan dengan hantu laki-laki yang belum menikah. Meski terkesan lucu, sosok ini tetap saja menyeramkan karena rajin banget gentayangan.

4. Hantu dari Berbagai Negara: Kuchisake-onna, Jepang

via blog.gaijinpot.com

Jepang juga punya hantu populer yang namanya Kuchisake-onna. Kuchisake-onna atau mulut sobek ini konon dulunya adalah istri yang sangat cantik dari seorang samurai. Karena suaminya ini posesif dan cemburuan, dia langsung merobek mulut istrinya dari telinga ke telinga karena mengira istrinya main api.

Arwahnya pun jadi gentayangan. Dia ini selalu pakai masker dan membawa gunting sambil memburu anak-anak. Ia selalu nongkrong di jalanan sambil pakai masker biar mulutnya nggak keliatan. Lalu ia mulai bertanya pada siapa saja yang lewat, apakah ia cantik atau tidak. Kalau kita menjawab ‘ya’,  dia akan membuka masker dan bertanya lagi apakah ia masih cantik. Kalau menjawab ‘tidak’,  kamu bakalan langsung dibunuh. Toxic banget emang hantu kek gini, wkwk.

5. Hantu dari Berbagai Negara: Teketeke, Jepang

via BuzzFeed

Masih dari Jepang, Teke-teke juga menjadi salah satu hantu yang ditakuti. Teketeke ini adalah sosok perempuan yang mati mengenaskan di sebuah stasiun kereta di Hokkaido. Naasnya, perempuan tersebut terjatuh di atas rel kereta dan tubuh bagian bawahnya terlindas kereta. Nggak terima, arwahnya langsung gentayangan untuk mencari bagian tubuhnya yang hilang.

Cara ia gentayangan adalah dengan merangkak dengan kedua tangannya yang seperti cakar. Suara kertakan yang berasal dari rangkakannya terdengar seperti kata ‘teke, teke’. Dengan penampakan seperti ini, siapa saja bakalan lari terbirit-birit. Di Indonesia nggak ada, ya?

6. Rusalki, Rusia dan Ukraina

via deviantart.com/Darqua

Rusia dan Ukraina diwarnai dengan cerita hantu yang legendaris. Rusalki ini merupakan sosok hantu wanita berambut panjang yang hobinya manjat pohon. Si hantu ini katanya meninggal sambil membawa anak haram. Kabar ini konon masih simpang siur, entah itu dia meningal saat mengandung anak haram, atau saat melahirkan anak haramnya. Pokoknya begitu, lah. Rusalki juga konon meninggal dunia di dekat air. Jadi, mereka selalu muncul dari air pada malam hari, dan langsung memanjat pohon.

7. Nishir Dak, India

via Youtube.com/Batanagar Paranormal Society

Nishir Dak bisa diartikan sebagai panggilan dalam kegelapan. Hantu yang satu ini konon selalu menyerupai manusia. Namun, wujud hantu yang satu ini tidak diketahui. Katanya, siapapun yang melihatnya bakalan nggak selamat. Sosok yang satu ini menjadi gentayangan akibat tidak mendapatkan ritual yang layak saat proses penguburannya. Untuk itu, arwahnya jadi dendam dan ingin menghabisi nyawa siapa saja. Caranya adalah dengan membuat tiruan suara teman dekat  korban. Korban tersebut akan diarahkan ke tempat sepi dan gelap dan kemudian Nishir Dak langsung membunuhnya.

8. Lamia, Yunani

via portalnet.cl

Mitos hantu Lamia ini datang dari mitologi Yunani. Lamia ini adalah sosok monster setengah ular. Semula, Lamia ini adalah sosok perempuan yang cantik yang juga merupakan ratu Libya. Karena parasnya yang cantik, Zeus akhirnya jatuh cinta pada Lamia sampai melahirkan anak dari hubungan terlarangnya. Istri Zeus, Hera, tentu saja murka dengan kabar kenyatan tersebut. Anak-anak Lamia kemudian dibunuh. Depresi, Lamia mulai berperilaku sadis dan memakan anak-anak orang lain.

9. Krasue, Thailand

via youtube.com/Krasue

Thailand juga punya hantu yang mirip seperti di Indonesia. Namanya Krasue. Di siang hari, sosok yang satu ini bersikap normal seperti manusia biasa. Namun, ia berubah wujud pada malam hari, yaitu badan dan kepalanya menjadi terpisah. Ia bakalan gentayangan dengan penampakan kepala dan jeroannya saja. Ia gabut bermaksud untuk mencari darah dan daging manusia. Bahkan, sosok Krasue ini lebih menyukai daging bayi yang baru dilahirkan. Kalau di Indonesia, sosok seperti ini kamu tahu sendiri ya apa namanya 🙂

10. Aswang, Filipina

via Ade Sulaeman

Indonesia punya kuntilanak, kalau Filipina punya Aswang. Konon, sosok mengerikan ini adalah jelmaan penyihir wanita yang mati penasaran. Hantu ini terkenal agresif. Siapa saja yang bertemu dengan sosok menyeramkan ini tentu saja bakalan langsung nyari tempat persembunyian. Hantu ini melayang-layang di udara, dan jangan sampai kamu ketemu hantu ini pas lagi jalan-jalan di Filipina.

11. Jiang Shi, China

via Bo Ho Film Company Ltd./Golden Harvest Company/Paragon Films Ltd./Toho-Towa via IMDb
Jiang Shi adalah sosok hantu yang terkenal di China. Jiang Shi atau yang terkenal dengan sebutan vampir ini menggunakan pakaian kerajaan dinasti Cing, dengan wajah yang membusuk serta gerakan tubuh yang melompat-lompat lengkap tangan yang mengarah ke depan.
Sejarahnya, tradisi Cina dahulu mengharuskan mayat untuk dikebumikan bersama leluhurnya. Karena banyak keluarga yang tidak mampu menyewa transportasi untuk memulangkan jenazah, mereka menyewa Pendeta untuk mengawal jenazah tersebut pulang. jenazah tersebut akan bangkit setelah dijampi-jampi, dan Pendeta tersebut akan mengajarkannya berjalan, dan menempelkan jimat di dahinya agar para jenazah patuh selama perjalanan pulang.

12. Hantu dari Berbagtai Negara: The Green Lady, Inggris

via birminghammail.co.uk
The Green Lady adalah sosok makhluk halusyang terkenal di Benua Eropa tepatnya di Inggris dan Skotlandia. Sosoknya adalah setengah manusia dan setengah kambing yang memiliki empat kaki, dan gaun hijaunya menutupi kakinya tersebut.
Saat itu, seorang pelayan membunuh seorang bangsawan kaya raya. Pelayan tersebut baper dengan perkataan ayah dari bangsawan tersebut alias si Green Lady ini. dengan membubuh anaknya, mungkin si pelayan ini bisa membalaskan dendamnya. Namun, si The Green Lady ini malah gentayangan dan meneror warga yang nggak tahu apa-apa. 

 

Berikan komentarmu