12 Film Horor Indonesia yang Nggak Bisa Ditonton Sendirian

Spread the love

Film horor emang paling juara bikin merinding. Belum lagi efeknya yang bikin kita jadi takut ke wc pas malam hari. Untuk itu, nggak heran kalau orang-orang penakut selalu ngajak temennya buat nonton film-film ini. Jadinya, mereka nggak bakalan merasa takut sendirian, malah terasa lebih seru karena bisa teriak bareng-bareng akibat jumpscare. Di Indonesia sendiri, ada banyak film-film horor berkualitas yang tidak didominasi oleh unsur-unsur ‘vulgar’. So, nggak ada salahnya untuk nonton 12 film horor Indonesia ini yang nggak kalah serem dari film-film horor luar negeri. Simak sampai habis!

1. Malam Satu Suro

Salah satu film horor terbaik datang dari film yang diperankan oleh Suzanna. Film legendaris berjudul “Malam Satu Suro” ini sukses menarik perhatian karena nuansa horornya yang ‘dapet banget’. Film ini menceritakan tentang Suketi (Suzanna) yang menjadi gentayangan akibat dibangkitkan dari kubur oleh seorang dukun bernama Ki Rengga. Suketi yang berwujud sundel bolong itu kemudian ditancapkan paku keramat. Tujuannya agar ia bisa jadi manusia dan dijadikan anak angkat oleh Ki Rengga.

Namun, suatu hari paku tersebut dicabut. Suketi kembali menjadi hantu gentayangan. Ia pun mulai geram dan mulai membalas dendam pada orang-orang yang mengganggunya.

2. Film Horor Indonesia, Jelangkung

Jelangkung adalah film horor yang tidak kalah seramnya. Ditayangkan di bioskop, film Jelangkung ini menceritakan tentang empat sekawan yang sedang berburu tempat-tempat mistis untuk mendpaatkan pengalaman yang tidak biasa. Mereka harus susah payah mencari kesana kemari, sampai akhirnya mereka tiba di desa Angkerbatu di Jawa Barat.Suatu hari, salah satu dari mereka bernama Soni melakukan ritual Jelangkung agar dirinya bisa mendapatkan ilmu ghaib. Alih-alih mendapatkan keuntungan, mereka malah ditimpa masalah yang sangat mengerikan. Tonton bareng temen biar nggak takut sendirian, ya!

3. Film Horor Indonesia, Bangsal 13

Selanjutnya ada film Bangsal 13 yang sempat heboh karena kengeriannya. Ceritanya adalah tentang dua orang sahabat Nat dan Mina yang tidak sengaja menabrak seorang perempuan bernama Hera. Mereka lalu membawanya ke rumah sakit terdekat. Namun, rumah sakit yang mereka kunjungi selalu penuh, hingga akhirnya mereka terpaksa membuka bangsal yang sudah tidak lama digunakan, Bangsal 13.

Suster disana memperingatkan bahwa mereka tidak boleh menanggapi ketukan pintu dari luar dan tidak boleh mengetuk pintu dari dalam. Namun, Nat malah melanggar aturan tersebut, dan akhirnya teror di Bangsal 13 pun menghampiri mereka.

4. Mirror

Mirror adalah salah satu film horor Indonesia yang dirilis pada tahun 2005. Ini mengisahkan tentang perempuan bernama Kikan yang memiliki keistimewaan yang ‘mengerikan’. Gimana maksudnya? Iya, jadi si Kikan ini kaget saat ia tidak bisa melihat bayangan tetangganya di cermin. Tidak lama kemudian, tetangganya tersebut meninggal dunia. dari hari ke hari, ia selalu melihat kejadian yang sama, dimana orang yang tidak terlihat bayangannya di cermin itu meninggal. Suatu hari, Kikan tidak bisa melihat bayangannya sendiri di cermin. Menurut kamu. apakah Kikan bisa selamat dari teror maut tersebut? Tonton filmnya!

5. Kuntilanak

Film horror selanjutnya menceritakan hantu legendaris asli Indonesia, Kuntilanak. Film yang berjudul Kuntilanak ini menceritakan tentang seorang gadis broken home bernama Samantha yang sedang mencari kos-kostan. Ia pun mendapatkan tempat tinggal baru yang bangunannya cukup luas. Singkat cerita, Samantha baru mengetahui bahwa ia punya bakat memanggil kuntilanak. Bahkan, pemilik kostan tersebut juga pernah melakukan pesugihan terhadap Kuntilanak. hal yang paling ngeri di film ini adalah nyanyian Lengser Wengi yang bisa terngiang-ngiang di kepala kamu.

6. Film Horor Indonesia, Rumah Dara

Berbeda dengan genre film horror Indonesia yang biasanya berkutat pada hantu dan setan, Rumah Dara lebih mengusung tema thriler dengan karakter antagonis berupa seorang psikopat.

Film horror Indonesia ini menceritakan sepasang suami istri dan bayi mereka yang hendak berlibur ke Bandung bersama teman dan saudara mereka. Ditengah perjalanan, mereka bertemu Maya, seorang gadis yang mengaku baru saja dirampok.

Berniat menolong Maya, mereka kemudian mengantarkan Maya pulang kerumahnya. Di rumah tersebut, seorang wanita misterius bernama Dara menyambut mereka. Disinilah satu persatu mereka terjebak dalam permainan Dara yang menjadikan nyawa sebagai taruhannya.

Untuk yang nggak kuat adegan penuh darah dan pembunuhan, film horror Indonesia satu ini mungkin harus kamu hindari.

7. Pintu Terlarang

Pintu Terlarang adalah salah satu film besutan Joko Anwar yang masuk kategori film horor terbaik. Dirilis pada 2009, Pintu Terlarang ini menceritakan tentang seorang pematung sukses bernama Gambir. ia terkenal dengan karya patung ibu hamilnya yang terinspirasi dari peristiwa keguguran sang istri, Talyda. Namun, saat itu Gambir merasakan keganjilan. Ternyata, keanehan tersebut berasal dari patung ibu hamil yang selama ini dia isi dengan janin bayi yang didapatkan dari klinik aborsi. Bagaimana akhir dari film horor ini? Streaming sekarang juga!

8. Film Horor Indonesia, The Doll 2

Film horor yang menggunakan bineka sebagai teror sudah dipopulerkan oleh Chucky dan Annabele. Indonesia juga nggak mau kalah dengan merilis film hantu boneka berjudul The Doll 2. Ini adalah sekuel dari film boneka mistis berjudul Sabrina. Film ini mengisahkan tentang seorang ibu yang baru saja kehilangan anaknya, Kayla,  akibat kecelakaan. salah satu peninggalannya hanyalah sebuah boneka yang bernama Sabrina.

Namun, boneka tersebut lama-lama terlihat ganjil setelah ia sering melihatnya berpindah-pindah sendiri. Ia percaya bahwa roh Kayla masuk ke dalam boneka tersebut. Apakah anggapan tersebut benar? Tonton filmnya biar nggak penasaran!

9. Pengabdi Setan

Remake film Pengabdi Setan sukses menghebohkan seisi teater bioskop. Setiap detik filmnya selalu membuat penasaran sehingga imajinasi penonton menjadi terkuras. Belum lagi jumpscarenya yang bikin jantung nyaris loncat keluar. Dan lebih parahnya lagi, ada yang sampai nggak ngerti jalan ceritanya karena mereka lebih sering menutup mata dan telinga saking seremnya.

Pengabdi Setan menceritakan tentang seorang ibu yang sakit-sakitan dan akhirnya meninggal dunia. Setelah itu, banyak kejadian janggal yang terjadi di keluarga Ibu tersebut, khususnya yang menimpa anak-anak dan suaminya. Namun, setelah itu baru diketahui bahwa sang ibu merupakan seorang pengikut sekte pemuja setan.

10. Suzanna: Bernapas Dalam Kubur

Film Bernapas dalam Kubur dibuat agar penonton bisa bernostalgia dengan sosok ratu aktris horor Indonesia, Suzanna. Luna Maya dipilih untuk memerankan sosok Suzanna, dan riasannya mirip banget dengan sosok aslinya. film ini menceritakan tentang keluarga Satria (Herjunot Ali) yang berprofesi sebagai manajer di sebuah pabrik. Ia tinggal bersama Suzanna (Luna Maya) yang sama-sama bekerja disana.

Karena saling mencintai, Satria pun menikah dengan Suzanna. Namun, saat Suzanna hamil, Satria terpaksa meninggalkannya seorang diri karena harus dinas ke Jepang. Namun, segerombolan penjahat tiba-tiba datang dan membunuh Suzanna. Akibatnya, arwah Suzanna gentayangan dan bertekad untuk balas dendam. Btw, udah nonton film ini belum?

11. Film Horor Indonesia, Perempuan Tanah Jahanam

Joko Anwar lagi-lagi melahirkan film horor yang memanjakan penikmat film lokal. Judulnya adalah Perempuan Tanah Jahanam. Film yang satu ini mengusung genre gore, sehingga nggak cocok buat kamu yang ‘dikit-dikit ngilu’ dengan darah. Perempuan Tanah Jahanam mengisahkan tentang Maya dan temannya Dini yang keuangannya sedang bermasalah. Untuk itu, Maya mengajak Dini untuk pulang ke kampung halamannya karena ia berharap bisa dapat warisan. Bukannya untung, Maya dan Dini malah dihadapkan dengan peristiwa-peristiwa yang mengerikan.

12. Ratu Ilmu Hitam

Film horor Indonesia terakhir ada ratu Ilmu Hitam. Film ini menceritakan tentang tiga sahabat, Hanif, Anton, dan Jefri dan masing-masing anak dan istrinya yang berkunjung ke panti asuhan dimana ketiga sahabat tersebut dibesarkan. Sesampainya disana, beragam teror mulai bermunculan. Bahkan, beberapa dari mereka harus meregang nyawa akibat keganjilan tersebut. Ada apa sebenarnya? Jangan tonton film ini kalau kamu nggak kuat dengan adegan-adegan “berdarah”.

Berikan komentarmu