instagram.com/marlinajourney

10 Wisata Sungai di Indonesia yang Beningnya Bak Kristal

Spread the love

Saat berkunjung ke objek wisata alam, rasanya ada yang kurang kalau kita cuman lihat yang hijau-hijau saja. Yang bening-bening sepertinya bakal lebih memanjakan mata dan menggoda kita untuk nyebur ke dalamnya. Apalagi kalau bukan sungai-sungai cantik seperti Kali Biru yang ada di Papua Barat. Suasananya yang menyegarkan dan airnya yang jernih bak kristal menjadi daya tarik tersendiri yang bisa membuat pengunjung betah berlama-lama disana. Selain itu, kamu juga bisa menemukan beberapa wisata sungai cantik lainnya di Indonesia. So, simak rangkuman di bawah ini sampai tuntas.

1. Wisata Sungai Tamborasi

Sungai Tamborasi

Kamu bisa menemukan hidden gem di  Sulawesi Tenggara berupa sungai cantik sepanjang 20 meter dan lebar 15 meter. Namanya Tamborasi. Sungai yang satu ini diklaim sebangan sungai terpendek di dunia dengan panjang yang lebih pendek dari ukuran sungai pada umumnya. Alirannya sungainya begitu tenang dan dingin, ditambah lagi dengan area hijau di sekitarnya yang membuat suasana menjadi lebih sejuk.

Daya tarik dari Sungai Tamborasi ini adalah warnanya yang begitu jernih. Warnanya hijau kebiruan yang man akamu bisa melihat langsung permukaan di dasar sungai tersebut. Siapa saja bisa berenang disana dan aman karena tidak ada hewan air yang cenderung membahayakan.

Selain itu, suhu di sungai tersebut juga bervariasi. Suhu yang berada di hulu cenderung lebih dingin, sedangkan suhu yang berada di hilir cenderung lebih hangat. Ini disebabkan karena adanya kontak langsung dengan air laut. Jadi, kamu bisa pilih mau berenang di bagian mana.

2. Wisata Sungai Kali Biru

Sungai Kali Biru

Papua Barat juga punya sungai yang masih tergolong perawan, yaitu Sungai Kali Biru. Suhu di sungai tersebut mencapai 0-20 derajat celcius sehingga kamu bisa merasakan sensasi berenang di air dingin dengan suasana pepohonan yang menambah kesejukan. Menariknya lagi, air disana bisa diminum. Jika dimasukan ke dalam gelas atau botol, air tersebut akan berembun seperti halnya jika dimasukan ke dalam kulkas. Gimana, udah kebayang sedingin apa?

Saking beningnya air sungai ini, kamu bisa melihat permukaan sungai yang disekelilingnya dihiasi oleh bebatuan besar yang cantik. Kamu tidak perlu menyelam untuk melihatnya. Namun, kamu yang nggak bisa menyelam disarankan untuk membawa pelampung karena kedalaman sungai ini diprediksi mencapai lima meter.

3. Sungai Maron

Sungai Maron

Wisata sungai hits lainnya bisa kamu temukan di Pulau Jawa, tepatnya di Pacitan, Jawa Timur. Sungai Maron menjadi favorit wisatawan karena viewnya bisa banget memanjakan mata. Untuk menyusuri suangi ini, kamu hanya perlu menyewa kapal yang bisa diisi oleh beberapa orang. Warna airnya yang hijau kebiruan nampak cantik dan bening. Ditambah lagi dengan deretan pohon kelapa di sekitarnya yang bisa meredam cuaca panas. Selain, sesekali kamu bakan dikejutkan dengan penampakan ikan kakap merah yang mendominasi habitat di sungai tersebut.

4. Cukang Taneuh

Cukang Taneuh

Kamu yang tinggal di Jawa Barat nggak perlu jauh-jauh ke Jatim atau Papua untuk menikmati sungai yang jernih. Di Ciamis, kamu bisa beriwsata ke Sungai Cukang Taneuh yang terkenal punya air berwarna hijau. Karena sungai ini jug adikelilingi oleh pepohonan yang rimbun, wisatawan seringkali menyebutnya Green Canyon. Wisatawan bisa menyusuri keindahan sungai disana dengan menggunakan perahu. Kepengen nggak?

Di sungai ini, kamu juga bisa melakukan aktivita seru. Mulai dari berenang sampai Body rafting. Jadi, kamu lebih tertarik melakukanyang mana?

5. Wisata Sungai Watergong Klaten

Sungai Watergong

Watergong Klaten juga punya pemandangan sungai yang mirip seperti di Jepang. Watergong ini sebenarnya adalah tempat makan. Namun, tempat yang satu ini punya daya tarik berupa sungai jernih yag dipenuhi oleh ikan.  Sungai yang duluya wisata air ini kemudian dirombak menjadi kolam ikan yang berisi nila dan koi. Setiap petaknya dirancang seluas 20 meter dan lebar 5 meter. Ikan-ikan tersebut ternyata akan dijadikan sebagai hidangan di Watergong. Baik itu digoreng, dibakar, atau difilet. Jadi, intinya kamu bisa menikmati sungai yang cantik sambil makan hidangan yang fresh dari sungai buatan ini.

6. Blue River Purwakarta

Blue River Purwakarta

Nggak kuat dengan cuaca Purwakarta yang panas? Bisa banget melipir dulu ke Cidomas atau sering disebut Blue River Purwakarta. Dijuluki demikian karena air sungai tdisana jernih dan berwarna hijau kebiruan. Arusnya tidak begitu tenang dengan hiasan bebatuan besar di sepanjang tepian sungai. Kalau kamu emang udah nggak kuat menahan godaan untuk nyebur, langsung berenang aja sepuasnya. Buat yang nggak bisa berenang, sebaiknya minta teman atau keluarga untuk mendampingi mengingat arus disini lumayan bikin was-was. Jangan lupa bawa pelampung!

7. Sungai di Hutan Sesaot

Sungai di Hutan Sesaot

Lombok juga punya wisata sungai yang letaknya ada di tengah hutan. Hutan yang dikenal dengan nama Sesaot ini menyuguhkan suasana yang sunyi, nyaman, dan tenang. Pemandangannya yang masih asri juga bisa banget membantu kamu untuk relaksasi. Abis penat kerja, ngak ada salahnya buat liburan kesini, ya!

Di dalam kawasan hutan tersebut, ada kurang lebih 40 sumber mata air yang mengalir ke beberapa sungai di Kota Mataram dan wilayah Lombok Barat. Sungai-sungai itu diantaranya Sungai Sesaot, Sungai Tembiras, Sungai Lenek, Sungai Pemoto, Sungai Jangkuk, dan Sungai Selepang.

Di tengah hutan tersebut, ada Sungai Aiq Nyet yang terbilang lumayan unik. Aliran sungai tersebut berasal dari Gunung Rinjadi dan mengalir deras di sela-sela bebatuan. Diberi nama demikian karena rasanya sangat dingin seperti es batu. Menariknya lagi, ada aliran sungai di spot tertentu yang berasal dari mata air yang muncul dari akar pohon.

8. Wisata Sungai Krawak

via wikimedia.org

sungai yang jernih juga bisa kamu temukan di Tuban, Jawa Timur. Warnanya sangat memikat mata, yaitu berwarna biru terang. Wisatawan juga betah berlama-lama disini karena suasana disekitarnya juga masih asri. Nggak hanya berenang, wisatawan juga bisa foto-foto, makan-makan, atau sekedar bersantai. Harga tiket masuknya cuman Rp 2 ribu aja, ya. Iya, murah banget buat dapetin pemandangan cantik kayak Sungai Krawak ini!

9. Leuwi Jurig

Sungai Leuwi Jurig

Leuwi Jurig kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah kolam setan. Meski begitu, bukan berarti kamu bakal lihat penampakan jin pada mandi, ya. Meski namanya menyeramkan, kamu bakal disuguhkan pemandangan yang bisa bikin speechless. Sungai yang satu ini airnya terbilang jernih, ditambah lagi dengan tebing-tebing tinggi yang membuat penampakannya semakin cantik. Saat sampai disini, bawaannya pasti langsung pengen nyebur dan mengabadikan pemandangan alamnya. Btw, sungai ini bisa kamu temukan di Garut, ya!

Baca juga artikel menarik lainnya:

10. Kali Cokel

Sungai Kali Cokel

Pacitan, Jawa Timur, lagi-lagi menggoda wisatwan dengan objek wisata alam Kali Cokel. Sungai yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang sedap dipandang di sepanjang aliran sungainya. Selain ainya yang jernih, pohon-pohon kelapa yang berjajar di tepian sungai juga semakin mempercantik penampakan wisata sungai disana.

Ada aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sungai yang bersumber dari Goa Luweng Jaran ini. Selain menikmati keindahan alamnya dengan perahu, kamu juga bisa berjalan di atas air. Kamu bakal berjalan dan mendayung dengan menggunakan sebuah papan yang disebut Stand-Up Paddle Board (SUP). Dengan alat yang satu ini, kamu bisa lebih bebas menyusuri sungai.

Itulah sepuluh wisata sungai di Indonesia dengan penampakan air yang begitu jernih. Kamu tertarik pergi ke sungai mana?

Berikan komentarmu