10 Wisata Petik Buah: Ide Liburan Asik Menikmati Hasil Alam

Spread the love

Aktivitas wisata nggak hanya sebatas menikmati pemandangan, kuliner-an, berenang, snorkeling, dan lain sebagainya. Ternyata, ada juga wisata petik buah yang bisa jadi alternatif liburan lainnya yang lebih seru. Sambil jalan-jalan, kamu bisa makan buah “sepuasnya” dan beli satu keranjang untuk oleh-oleh orang rumah. Menariknya, wisata yang seperti ini nggak susah ditemukan di Indonesia. Setidaknya, ada sepuluh wisata petik buah yang bisa kamu kunjungi, yaitu sebagai berikut.

1. Wisata Petik Buah Naga Banyuwangi

Saat berkunjung ke Banyuwangi, jangan lupa mampir ke wisata Petik Buah Naga. Objek wisata yang satu ini berlokasi di Desa Sambirejo Banyuwangi. Daerah in merupakan salah satu penghasil buah naga terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, nggak heran kalau Banyuwangi disebut sebagai Desa Buah Naga.

Saat berkunjung kesini, kamu bakal dimanjakan dengan pemandangan tanaman buah naga yang berjejer rapi. Buahnya yang merah merona menggoda siapa saja untuk mencicipinya. Btw, gratis, ya! Kamu bisa makan “sepuasnya” saat berkunjung kesana. Namun kamu harus membayarnya kalau ingin membawanya pulang. Harganya dihitung per kg, ya.

2. Petik Apel Batu Malang

Malang terkenal dengan buah apelnya. Menariknya, kamu bisa memetik langsung dari pohonnya, tanpa harus beli di pinggir jalan. Lokasinya ada di area perkebunan Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA) dan di kompleks Kusuma Agrowisata. Kusuma Agrowisata sendiri lebih banyak dipilih karena menyuguhkan beragam buah petik. Selain apel, ada juga buah jeruk, sayuran, dan jambu air.

Untuk tiket masuknya adalah Rp 50 ribu per orang. Harga tersebut sudah termasuk jalan-jalan dan memetik apel. Pengunjung juga diperbolehkan makan apel sepuasnya disana. Namun, buah yang akan dibawa pulang harus ditimbang lebih dulu dan dibayar sesuai dengan beratnya. Seru, kan, bisa pilih buah apel terbaik langsung dari pohonnyaa..

3. Wisata Petik Buah Jeruk di Kintamani, Bali

Berkunjung ke Kintamani jangan lupa mampir ke wisata petik jeruk. Jeruk-jeruk yang ditanam  disana memiliki kualitas super dan sering diekspor ke Pulau Jawa. Jeruk-jeruk tersebut rupanya bisa tahan lama lebih dari satu minggu tanpa harus dibubuhkan bahan pengawet. Disana ditanami dua jenis jeruk, yaitu jeruk siam dan jeruk jenis Slayer. Jerus slayer ini dinilai lebih menarik dibandingkan jenis siam, karena bagian kulitnya lebih mulus. Selasin itu, jerusk slayer juga rasanya cenderung asam saat dipetik dari pohonnya, tapi rasanya akan berubah menjadi manis setelah tiga sampai empat hari.

Untuk tiket masuknya sendiri tidak ada. Wisatawan hanya akan dikenakan biaya kalau mau membawa pulang buah jeruk tersebut. Pengelola kebun biasanya menggunakan sistem timbang buah. Terkadang, di musim tertentu harga jeruk per kg bisa saja menurun drastis. Dari Rp10.000 per kilogram, bisa turun sampai Rp4000 per kilogram. Jadi, mereka biasanya menunda panen sampai harganya kembali normal.

4. Petik Stroberi Ciwidey, Bandung

Ciwidey terkenal dengan Wisata Petik Stroberi-nya. Wisata yang satu ini bisa kamu temukan sepanjang jalan Situ Patenggang dan Pasir Jambu. Dan nggak usah kaget dengan penampakan kebin stroberi yang berjejer cantik, dengan warna-warna merah yang menggoda. Disana, kamu bisa mencoba stroberi langsung dari tanamannya. Kalau mau dibawa pulang, tinggal petik stroberi tersebut sesuai keinginan, dan langsung ditimbang. Harganya kisaran Rp 35ribu sampai Rp50ribu perkilo-nya. Apa nggak tertarik?

5. Wisata Kampung Durian, Jombang

Bagi pencinta durian, langsung aja merapat ke Wisata Kampung Durian, Jombang. Disini, kamu bisa memetik sendiri buah durian, dan langsung memakannya di tempat. Tentu saja kamu juga bisa membawa buah durian ini sebagai oleh-oleh untuk orang rumah. Menariknya, disini juga disediakan bibit durian buat kamu yang pengen punya pohon durian sendiri. Nggak usah bingung cara nanemnya, karena pengelola disini akan mengajarkannya langsung. Jadi, langsung aja tancap gas ke Desa Sumber Jombang!

6. Agrowisata Petik Jeruk, Malang

Wisata Petik Jeruk juga ngak hanya ada di Kintamani, tapi juga di Malang. Agrowisata Petik Jeruk Malang ini menyuguhkan aneka jenis jeruk, dan kamu bisa memetik sendiri jeruk yang diinginkan. Rasa jeruknya nggak mengecewakan. Rasanya manis dan segar, cocok buat kamu yang butuh kesegarahan di tengah hari.

Untuk memasuki kawasan ini, kamu cukup mengeluarkan budget sebesar Rp 20ribu saja per orang. Harga tersebut sudah termasuk makan jeruk sepuasnya, ya. Kalau mau dibawa pulang, jeruk tersebut harus ditimbang dulu, ya. Harganya terjangkau, yaitu hanya Rp 5ribu per kg.

7. Petik Kurma Pasuruan

Wisata Petik Kurma yang satu ini bisakmau jumpai di Pasuruan. Disini, kamu bisa mencoba pengalaman baru memetik kurma langsung dari pohonnya. Memakannya langsung juga diperbolehkan, apalagi dibawa ke rumah untuk oleh-oleh. Selain bisa menikmati cantiknya pohon asal Padang Pasir ini, pengunjung juga bisa berfoto di bangkai pesawat Boeing 737 yang ada di tengah-tengah kebun. Untuk tiket masuknya sendiri Rp 5ribu per orang, ya.

8. Wisata Petik Buah Taman Mekarsari, Bogor

Wisata Petik Buah Taman Mekarsari ini emang udah nggak asing lagi. Disini, kamu bisa menjumpai aneka tanaman hasil persilangan antar varietas. Seperti jambu air toon klow, nanas arnis, jambu air irung petruk, jambu air cengkih, dan barbados cerry. Pada musim tertentu, kamu bisa memetik dan mencicipi langsung buah-buahan yang ada disana, mulai dari salak, rambutan, belimbing, jeruk, melon, dan nangka. Pengunjung juga bisa mempelajari pembibitan dan penanaman buah yang benar, serta membeli bibit buah untuk ditanam di rumah.

9. Wisata Petik Melon Cilegon

Wisata petik melon yang satu ini tergolong baru, yang mana resmi dibuka pada 19 November 2020 lalu. Disini, kamu bisa menjumpai kurang lebih empat ribu pohon melon golden yang cantik luar dalam. Fisiknya begitu menggoda, dan dalamnya manis dengan tekstur dagingnya yang seperti buah pir. Setelah dipanen, buah melon ini juga dipasok ke supermarket-supermarket yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Untuk harganya sendiri ada di kisaranRp 15 -16 ribu/kg.

10. Kampung Anggur Bantul

Kalau kamu pencinta buah anggur, langsung aja merapat ke Dusun Plumbungan, Desa Sumbermulyo, Bantul, Yogyakarta. Wisata yang satu ini pernah viral di media sosial. Pasalnya, wisata Petik Anggur ini berada di halaman rumah warga. Jadi, kita harus masuk ke kampung ini untuk bisa menikmati anggur langsung dari pohonnya. Dan kini, setiap rumah di Dusun Plumbungan sudah ditanami pohon anggur.

Untuk bisa membawa pulang anggur-anggur tersebut, kamu cukup mengeluarkan budget Rp 100 ribu untuk per kg. Selain itu, kamu juga bisa membeli bibitnya yang dibanderol seharga Rp 125 ribu hingga Rp 200 ribu, tergantung jenis dan ukuran pot mana yang kamu pilih.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu