10 Wisata Offroad Indonesia untuk Ngalam Seru dan Menantang

Spread the love

Wisata pengundang nyali nggak hanya naik wahana seram atau terjun bebas dari ketinggian. Ada juga yang anget-anget-kuku alias nggak terlalu ekstrim, tapi lumayan bikin tenggorokan serak. Salah satunya adalah dengan beruji nyali di wisata offroad Indonesia. Dengan lintasan yang berbatu dan penuh lumpur serta jalur yang ekstrem, wisata offroad ini diminati oleh banyak kalangan, terutama anak muda. Untuk itu, kendaraan yang digunakan pun khusus, seperti mobil Jeep, Land Rover, dan sejenisnya. Kamu yang mau nikmati sensasi seru yang baru, catat daftar wisatanya di bawah ini.

1.  Wisata offroad Indonesia Gunung Kelud – Kediri

Gunung Kelud menjadi salah satu spot favorit untuk melakukan aktivitas offroad. Lintasannya berada di lokasi bibir kawah Gunung Kelud dengan jalur sepanjang 8 hingga 16 kilometer. Jalur tersebut terbilang curam dengan permukaan berbatu yang ambles di sebelah kanan dan kiri. Bahkan anak-anak muda sekitar sana sering melakukan balapan motor trail pada jalur pasir yang berundak-undak. Buat kamu yang tertarik berjelajah disini, siapkan budget mulai dari Rp. 275ribu, ya.

2. Cikole Lembang – Bandung Barat

Orang Bandung nggak perlu khawatir kalau mau wisata offroad. Di Cikole, kamu bakal dibuat puas dengan aktivitas offroad dengan  jalur yang berlumpur dengan pemandangan tebing batu. Belum lagi di sepanjang jalurnya ada hutan pinus yang bikin aktivitas ngalam kamu nggak nanggung.
Kalau keluarga kamu suka wisata ekstrem juga, bisa banget dibawa ke sini. Ada juga aktivitas yang family-friendly, sehingga banyak anak-anak yang ikut serta. Rute offroad-nya tergolong pendek, dengan jalur yang tidak terlalu curam.  Untuk biayanya mulai dari Rp 350ribu per orang.

3. Kasepuhan Ciptagelar – Sukabumi

Kasepuhan Ciptagelar adalah desa adat yang berlokasi di kaki Gunung Halimun. Suasananya masih asri dan hijau, ditambah lagi penduduknya yang masih melestarikan rumah tradisional. Dengan keunikan tersebut, desa itu dijadikan sebagai objek wisata. Kamu bisa menginap di rumah adat tersebut dan mempelajari budaya setempat.

Namun, kondisi jalur dari Pantai Pelabuhan Ratu ke daerah ini masih rusak alias belum diaspal. Menariknya, itu malah dimanfaatkan oleh komunitas motor trail dan penggemar mobil four-wheels drive. Mereka bakal bergerilya sepanjang hutan dan jembatan yang menantang. Untuk biayanya sendiri mulai dari Rp.750ribu per orang.

4. Wisata offroad Indonesia Gunung Merapi – Sleman

Taman Nasional Gunung Merapi juga nggak kalah populer untuk urusan offroad. Wisata tersebut biasa dijuluki ‘Merapi Lava Tour’. Disebut demikian karena rutenya melalui jalur lahar dari Gunung Merapi. Adapun jalurnya bisa kamu pilih sendiri seusai nyali, salah satunya rute pendek berdurasi sekitar 1-2 jam meliputi tujuan Museum Sisa Hartaku, Batu Alien, dan Bunker Kaliadem.

Sedangkan untuk rute terpanjang bisa memakan waktu tempuh selama 4-5 jam. Perjalanannya akan melewati sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi yaitu sungai Batang, Lamat, dan Blongkeng. Bahkan kamu juga bakal mengeksplor tebing-tebing berbatu dan jurang yang eksis di kanan dan kiri.

5. Gunung Bromo – Jatim

Gunung Bromo teletak di dalam kawasan Karst Tengger, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Yang menjadi magnet wisatawan adalah daya tariknya, salah satunya adalah jalur mobil offroad yang ada di Hutan Gunung Bromo. Sepanjang jalan, kamu bakal disuguhi dengan pohon-pohon besar dan berlumut, dan diuji nyalinya dengan menyeberangi jalur sungai. Untuk mengikuti aktivitas ini, jangan lupa bawa temen-temen biar lebih seru!

Baca juga artikel menarik lainnya:

6. Jeep Station Indonesia Resort

Jeep Station Indonesia Resort bisa kamu temukan di kawasan Megamendung, Bogor yang luasnya sekitar 32 hektar. Wisata yang satu in icocok buat kamu yang sangat suka dengan tantangan ekstrem. Pasalnya, rutenya melewati hutan yang masih perawan, sehinga rintangannya emang nggak main-main.
Adapaun kendaraannya bisa kamu pilih sendiri. Mulai dari ‘boogie’ UTV untuk anak-anak ,‘Jimny’, Land Cruiser, dan ATV. Kamu perlu menyiapkan budget mulai Rp.500ribu jika tertarik nguji adrenalin di sini.

7. Wisata Offroad Indonesia Sentul Bogor

Pencinta offroad bisa mencoba untuk memacu adrenalin di Track Offroad Adventure Sentul di kawasan Puncak, Bogor. Arena offroad ini berada di tengah hutan dengan jalur yang lumayan ekstrem. Didampingi oleh team professional, aktivitas ini cocok buat kamu yang mau seru-seruan bareng temen atau keluarga. Kalau sudah puas, kamu bisa lansung menyewa penginapan dengan suasana pedesaan, yang bangunannya terbuat dari bambu. Untuk mengcover itu semua, kamu perlu menyiapkan budget mulai Rp 375ribu/orang.

8. Pantai Cikembang – Sukabumi

Kalau mau trek offroad yang melewati sungai, jalan berbatu dan berpasir, Pantai Cikembang Sukabumi bisa jadi solusinya. Kamu bakal dibuat takjub dengan pasir putih yang terhampar luas, air laut yang biru, dan cuaca khas pantai. Untuk biayanya sendiri mulai dari Rp 400ribu per orang.  Jadi, habis seru-seruan, kamu bisa langsung bersantai di pantai sambil menenggak es kelapa. Bisa juga menyewa penginapan di sekitar pantai kalau kamu masih betah berlama-lama di sana.

9. Desa Taro Ubud – Bali

Bali juga punya wisata offroad yang bisa kamu temukan di Desa Taro Ubud. Kamu bakal diajak berpetualang dengan menelusuri keindahan Desa Taro, Ubud. Tentu saja bukan dengan jalan yang mulus, melainkan kamu bakal dibuat girang dengan jalur yang terjal, berlubang, hingga penuh lumpur. Jadi, salah banget kalau kamu datang ke sini nggak bawa baju ganti. Meski begitu, kamu bakalan puas pengalaman baru yang didapatkan.

10. Wisata offroad Indonesia Gunung Anjasmoro – Jombang

Selasar Wonosalam yang berlokasi di lereng Gunung Anjasmoro juga sering jadi incaran untuk wisata offroad Indonesia. Itu bisa terlihat pada simbol yang terdapat pada bangunan utamanya, yang mana bertengger sebuah mobil jeep di samping kirinya. Untuk itu, tempat ini seringkali dipadati oleh pencinta offroad dari seluruh penjuru Jawa Timur. Untuk medannya sendiri dibilang terjal. Jadi, kamu bisa mengajak siapapun yang senang dengan aktivitas ekstrem.

Berikan komentarmu