10 Wisata Jepang Unik untuk Liburan Seru dan Memanjakan Mata

Spread the love

Selalu ada hal nyentrik kalau ngomongin Jepang. Apalagi kalau bukan tentang kemajuan teknologi, kebudayaan, dan yang nggak kalah menarik adalah objek wisatanya. Negara berjuluk Negeri sakura tersebut memang terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Mereka seolah datang dengan sendirinya berkat daya tarik yang dimiliki oleh objek-objek wisata tersebut. Jepang sendiri memiliki beragam wisata unik atau antimainstream. Untuk itu, kamu yang pengen banget jalan-jalan ke Negeri sakura, langsung aja simak sepuluh wisata Jepang unik di bawah ini.

1. Air Terjun Fukiware

Jepang memiliki wisata alam dengan penampakan yang menyejukan mata. Apalagi kalau bukan Air Terjun Fukiware. Saking cantiknya, situs wisata alam berjuluk Niagara of the Orient ini masuk dalam daftar 100 Air Terjun Terbaik di Negeri Sakura. Air terjun ini terbentuk dari beberapa lapisan dasar sungai yang berbeda. Dengan demikian, terciptalah air terjun yang memiliki ketinggian 7 meter dan lebar 30 meter. Kalau kamu ingin berkunjung kesini, pastikan datang pada musim gugur di Jepang karena suasananya akan lebih cantik. Ditambah lagi suara air terjun dan suasana hutan di sekitarnya juga bisa memberikan ketenangan.

2. Wisata jepang unik: Museum Batu Oya

Wisata menarik lainnya ada Museum Batu Oya yang berlokasi di Gunma, Jepang. Tempat ini punya daya tarik tersendiri, yaitu berupa tambang batu tua yang sekilas yang penampakannya lebih menyerupai reruntuhan bawah tanah di Mesir. Dulunya, batu tambang ini sering dimanfaatkan untuk bahan dasar bangunan. Bahkan, tampang ini bisa menghasilkan sekitar 900.000 ton batu hanya dalam waktu setahun pada tahun 1970-an. Saat ini, tambang batu tua ini dialihfungsikan menjadi museum. Bahkan tempat ini sesekali dijadikan lokasi konser atau tempat pengambilan gambar. Kalau mau jalan-jalan kesini, pakai jaket tebal karena suhunya mencapai  8 derajat celcius sepanjang tahun.

3. Pulau Kucing Aoshima

Kamu yang suka kucing pasti nggak bakalan skip tempat wisata yang satu ini. Namanya Pulau Kucing Aoshima yang lokasinya terpencil dan berbeda dengan pulau-pulau lainnya di Jepang. Yang menjadi daya tariknya adalah keberadaan kucing-kucing liar yang jumlahnya melebihi orang-orang yang tinggal di pulau tersebut. Untuk itu, nggak heran kalau pulau tersebut dijuluki Pulau Kucing oleh dunia. Wisatawan sendiri bebas melaukan apa saja tanpa melanggar aturan disana. Bisa bermain, memberi makan, dan berfoto bersama. Btw, kucingnya nggak bisa dibawa pulang, ya..

4. Jigokudani Monkey Park

Kamu pencinta hewan selain kucing juga bisa berkunjung ke sini! Jigokudani Monkey Park merupakan salah satu objek wisata menarik di Jepang yang selalu ramai pada musim dingin. Di tempat ini sebenarnya adalah mata air panas alami. Namun, wisatawan datang ke tempat tersebut karena daya tarik lainnya, yaitu kawanan monyet salju yang mendiami kawasan tersebut. Saat musim dingin tiba, kawanan monyet tersebut akan turun dari gunung. Apalagi kalau bukan untuk menghangatkan diri di mata air panas alami tersebut. Mereka nggak bakal agresif kalau kamu gak ganggu :D. So, direkomendasikan datang pada bulan Desember – Maret kalau mau melihat kawanan monyet gumushhh..

5. Wisata jepang unik: Ryusendo Cave

Gua Ryusendo adalah wisata unik lainnya yang selalu jadi incaran wisatawan. Gua ini kurang lebih memiliki panjang total mencapai lebih dari 5000 meter. Namun, kabarnya baru sekitar 3100 meter yang sudah dijelajahi. Disini kamu bakal mendapatkan fasilitas pemandu, yang akanmengajak kamu berkeliling selama 30 menit. Disana kamu bisa melihat mata air murni yang membentuk danau-danau, dan salah satunya ada yang mencapai kedalaman 98 meter.

Selain itu, ada juga danau bawah tanah yang kedalamannya mencapai 120 meter. Karena terlalu beresiko, tempat tersebut belum dibuka untuk umum. Jadi, nggak usah kecewa karena kamu masih bisa melihat penampakan eksotis lainnya. Diantaranya ada stalagtit dan stalagmit, kelelawar bertelinga panjang, dan Ryusenshindo Science Museum.

6. Tottori Sand Dunes

Jalan-jalan ke Jepang bisa banget jadi rasa berwisata ke Timur Tengah. Adalah Tottori Sand Dunes yang merupakan bukit pasir yang  terbentuk secara alami. Proses pembentukannya sendiri terbilang lama. Mulanya, pasir sungai Sendai terbawa arus hingga akhirnya menumpuk di bibir pantai Tottori. Setelah itu, pasir tersebut menumpuk selama ribuan tahun, dan akhirnya terbentuklah bukit pasir yang tinggi. Di tempat yang satu ini, kamu nggak cuman bisa foto-foto aja. Ada juga aktivitas sandboarding dan naik unta, sehingga liburan disini jadi lebih seru!

7. Ashikaga Flower Park

Kamu jalan-jalan ke Jepang sama pasangan? Cobain dateng ke objek wisata keren dan romantis Ashikaga Flower Park. Di sini, kamu bakal dibuat terkesima dengan tanaman bunga merambat berjenis wisteria. Tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan asli dari tiga negara, yaitu China, Korea dan juga Jepang. Di Jepang sendiri lebih sering disebut Fuji. Dan saat musim semi tiba, Ashikaga Flower Park ini akan didominasi oleh warna pink, ungu dan kuning. Jadi, sayang banget kalau kesini nggak foto-foto bareng pasangan. Kan kesannya romantis dan unforgettable. Kalau sudah puas menikmati sekeliling taman ini, kamu bisa mengisi perut di restoran, lalu jajan tanaman serta produk lokal untuk oleh-oleh.

8. Wisata jepang unik: Takachiho Gorge

Kalau kamu pencinta alam, sempatkan untuk mengunjungi Kota Miyazaki. Disana, terdapat ngarai yang dikenal dengan sebutan Takachiho Gorge yang konon terbentuk 120 juta tahun lalu dari lava letusan Gunung Aso. Yang lebih menarik adalah tinggi jurangnya yang mencapai 100 meter. Jadi, wisatawan bisa lebih puas menikmati pemandangan alamnya.

Selain itu, ada juga penampakan air terjun setinggi 17 meter. Airnya jernih dengan warna kebiruan. Kamu bisa menyewa perahu dayung dan menyusuri sungai yang diapit oleh ngarai. Harga sewa perahunya 2000 yen atau sekitar Rp 250 ribu untuk 30 menit. Satu perahu sendiri bisa diisi oleh tiga orang. Setelah puas beraktivitas, kamu bisa menimati hidangan lezat khas Kota Miyazaki di restoran-restoran terdekat.

9. Wisata jepang unik: Kagoshima

Wisata antimainstream lainnya adalah Taman Sengan-en yang berlokasi di sebelah utara Kagoshima. Disana terdapat villa dari keluarga Shimazu. Yang menjadi magnet bagi wisatawan adalah pemandangan pulaunya yang memukau, bingkai cantik dari Sakurajima, dan gunung berapi yang menghembuskan asap kecil. Dari taman ini, kamu bisa menikmati pemandangan lahan pertanian yang dinamai Satsuma Kiriko. Selain itu, kamu jug abisa mencoba sensasi mandi pasir di pemandian Ibusuki Sunamushi. Dan untuk kebutuhan relaksasi, kamu bisa berendam di pemandian air panas bersuhu tinggi. Kedua aktivitas tersebut adalah yang paling disukai saat berkunjung ke Taman Sengan-en.

10. Sanjusangendo

Kalu kamu sedang mencari wisata religi, langsung aja datang ke kota Kyoto. Disana, kamu bisa menemukan Sanjusangendo yang merupakan salah satu kuil Buddha yang selalu ramai pengunjung. Sanjusangendo itu sendiri memiliki arti Aula 33 ken, yaitu lambang bentuk bangunan kuil dengan jumlah 33 tiang. Yang menjadi daya tariknya adalah koleksi utamanya berupa patung Sahasrabhuja-arya-avalokitesvara atau Kannon Seribu Lengan. Jumlahnya ada 1.000 patung yang disusun rapi. Patung-patung tersebut bertengger di 10 baris dan 50 lajur.

Baca juga artikel menarik lainnya: 

Berikan komentarmu