Share this
Share

Share

shares

10 Wisata Hutan Pinus di Indonesia Paling Menyejukan Mata

1 September 2020  Ajeng

Yang segar-segar nggak hanya minus es teh pas matahari lagi panas-panasnya, tetapi juga mengunjungi wisata alam hutan pinus. Tempat ini selalu menjadi sasaran utama wisatawan yang ingin menikmati kesejukan alam. Ditambah lagi pemandangan cantik dari ketinggian menjadi alasan orang-orang ketagihan datang ke sana. Jadi, wisata hutan pinus ini sangat cocok bagi kamu yang ingin bersantai sambil menikmati panorama cantik pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi.

Di Indonesia sendiri, setidaknya ada sepuluh wisata alam hutan pinus yang bisa jadi rekomendasi untuk liburan kamu.

1. Wisata Kragilan – Magelang

via wisatabagus.com

Di Magelang, kamu bisa menemukan area sejuk tepatnya di hutan pinus Kragilan. Pemandangan pohon pinusnya membuat pengunjung tidak bosan mengambil gambar di sekitarnya. Belum lagi spot-spot foto lainnya yang cocok untuk pengambilan selfie. Selain itu, ada juga berbagai fasilitas penunjang seperi hammock, rumah pohon, mushola, area parkir, papan bentuk ‘I Love You, tenda, dan lain-lain yang membuat orang semakin betah ada di sini.

Selain itu, ada juga Sungai Selo Tumpang yang bisa dinikmati pengunjung. Kamu cukup menuruni lereng hutan pinus untuk sampai di sana.

Kamu akan dikenakan biaya Rp 3 ribu saja untuk menikmati keindahan hutan pinus ini. Murah banget, kan?

2. Wisata Bukit Moko – Bandung

via Instagram/ervanphotography

Wisata hutan pinus juga bisa kamu temukan di Bukit Moko, Bandung. Wisata yang satu ini tepat berada di  kampung Buntis Bongkor, Kelurahan Cimenyan, Bandung. Katanya, Bukit Moko ini disebut-sebut sebagai Nami Island-nya Bandung. Ini dkarenakan tempatnya mirip-mirip dengan lokasi syuting drama Korea Winter Sonata di Nami Island.

Untuk menikmati pemandangan yang cantik, sebaiknya kmau datang pada sore hari. Setelah menelusuri hutan pinus, kamu akan disuguhkan pemandangan matahari terbenam dari atas bukit. Ini tentu saja menjadi momen yang pas untuk mengabadikannya.

Untuk mendapatkan spot foto yang bagus, kamu bisa berjalan sedikit menuju Puncak Bintang. Di sini kamu bisa melihat dengan jelas suasana Kota Bandung dari ketinggian. Selain itu, ada juga spot foto dermaga bintang yang terbuat dari dek kayu. Fungsinya bisa untuk bersantai atau sekedar mengambil foto. Keren pokoknya!

3. Hutan Pinus Mangunan – Yogyakarta

via raskita.com

Jika merasa gerah saat mengunjungi Yogyakarta, mungkin kamu belum pernah mengunjungi wisata hutan pinus Mangunan. Di area ini, kamu bisa merasakan kesejukan di tengah-tengah kota Yogyakarta yang sangat panas. yang menjad daya tarik hutan pinus ini adalah bangku-bagku kayu yang dibuat melingkat, tersusun rapi dari atas sampai baawah. Tempat ini biasa digunakan untuk menonton pertunjukan atau sekedar nongkrong bareng temen.

Selain itu ada juga fasilitas lain yang bisa kamu nikmati. Ada area outbound, camping ground, spot berfoto, hammock, dan jeep wisata. Untuk datang ke lokasi ini, kamu cukup membayar tiket Rp 3 ribu saja. Jam operasionalnya buka setiap hari, ya, mulai dari jam 06.00 sampai 17.00 WIB.

4. Wisata Gunung Pancar – Bogor

via nativeindonesia.com

Hutan Pinus Gunung Pancar berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Tempatnya jauh dari keramaian kota, sehingga cocok untuk kamu yang ingin relaksasi badan dan pikiran. Pemandangannya juga sangat memukau. Bahkan, nggak sedikit calon pengantin ang menjadikan hutan ini sebagai latar belakang pre weddingnya. Jadi, kamu juga jangan lupa charge hp kamu biar bisa foto-foto sepuasnya di sini.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini beragam. Kamu bisa bersepeda berkeliling hutan pius, camping, nongkrong, dan masih banyak lagi. Jadi, ajak teman kamu biar lebihs seru saat menikmati hutan pinus ini. Harga tiket per orangnya murah. Kamu cukup membayar Rp 5.000 saja saat weekday, dan Rp 7.500 saat weekend. 

5. Kayon – Semarang

via jadwaltravel.com

Kalau berkunjung ke Semarang, jangan lupa mampir ke Hutan Pinus Kayon. Lokasinya ada di daerah lereng gunung Merbabu. Sambil menghirup udara segar, kamu juga bisa mengambil foto di beberapa spot cantik. Misalnya, di pohon pinus berbentuk huruf ‘U’ atau di sumber mata air yang sangat jernih. Ada juga area khusus untuk menonton pertunjukan, lho! Jadi, sempatkan datang kesini dengan teman maupun keluarga.

6. Wisata Hutan Pinus Malino – Makasar

via pigunigu.com

Lagi di Makasar? yuk, kunjungi hutan pinus Malino! Di objek wisata yang satu ini, pengunjung bisa leluasa menikmati ratusan pohon pinus yang berjejer rapi di bukit-bukit maupun lembah. Selain itu, ada juga berbagai tumbuhan langka seperti pohon turi bunga oranye, bunga masamba yang warnanya berubah-ubah setiap bulan, dan bunga edelweiss.

Di sini, kamu bisa menggunakan aneka fasilitas menarik, salah satunya flying fox. Jika kamu terakhir kali naik wahana ini saat SD, nggak ada salahnya untuk nyoba lagi di sini. Selain itu, ada juga spot-spot cantik untuk berfoto seperti hamparan bunga matahari, tempat duduk berbentuk sangkar burung, dan masih banyak lagi.

Kamu cukup mengeluarkan uang Rp 3 ribu saja untuk bisa masuk ke hutan pinus Malino. Jadi, bisa banget nih ajak temen-temen untuk nongkrong di sini.

7. Hutan Pinus Semeru – Malang

via ngalam.co

Hutan Pinus Semeru menjadi objek wisata alam favorit anak-anak muda Malang. Tempat yang dibuka pada tahun 2017 ini menyuguhkan spot-spot menarik untuk anak mda, seperti tempat selfie, ngopi, nongkrong, dan masih banyak lagi. Untuk memberikan kesan yang cantik, di setiap pohon pinus digantungkan aneka payung warna-warni. Jadi, yang suka selfie pasti betah banget lama-lama di sini.

Selain itu, ada juga fasilitas lain yang bisa kamu nikmati. Ada flying fox, hammock, warung makan, tikar, tenda, dan masih banyak lagi.

8. Nongko Ijo – Madiun

via pesonawisatahutanpinusnongkoijomadiun.files.wordpress.com

Madiun memiliki area hijau yang berlokasi di Desa Kare, Kecamatan Kare, tepat berada di bawah kaki Gunung Wilis. Orang-orang menyebutnya hutan pinus Nongko Ijo. Wisata alam yang satu ini menawarkan keindahan pohon pinusnya yang menjulang tinggi yang menghasilkan udara yang sangat sejuk.

Di tempat ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas. misalnya, berkemah, makan-makan, berfoto di rumah pohon, main aynan, dan masih banyak lagi. Jadi, tempat ini pas banget untuk mengisitirahatkan badan dan pikiran.

9. Hutan Pinus Songgon – Banyuwangi

via datawisata.com

Wisata hutan pinus yang tidak kalah cantiknya ada di Banyuwangi, Jawa Timur. Hutan Pinus Songgon menjadi favorit siapa saja yang ingin menikmati suasana sejuk di tengah-tengah perkotaan. Untuk menarik minat pengunjung, ada berbagai hiasan dan fasilitas yang disediakan seperti spot selfie, rumah pohon berbagai bentuk dan ukuran, payung yang digantung di anatar pepohonan, lampion warna-warni, ayunan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada juga fasilitas mobil jeep yang bisa dinikmati semua pengunjung. Sambil menikmati pemandangan di sekitar hutan pinus ini, kamu bisa mengambil foto atau selfie di mobil tersebut. Kesannya jadi beda dari yang lain, deh!

10. Hutan Kayu Putih – Banten

via javatravel.net

Di Banten, kamu juga bisa menemukan area sejuk tepatnya di Hutan Kayu Putih. Pepohonan yang tersusun rapi serta suasananya yang teduh menjadikan tempat ini lebih disukai untuk dijadikan latar belakang foto. Nggak hanya selfie aja, tetapi untuk kebutuhan lainnya juga seperti foto pre weding, foto buku tahunan, foto keluarga, dan masih banyak lagi.

Jika berkunjung ke sini, jangan lupa memakai sepatu. Pengunjung tidak dianjurkan menggunakan sandal karena hutan ini masih lebat dengan kondisi tanahnya yang masih bergelombang dan juga rerumputan yang masih panjang.

Itulah sepuluh wisata hutan pinus untuk referensi terbaik liburan kamu selanjutnya. Ajak teman atau keluarga untuk meramaikan momen liburan kamu, ya!

Berikan komentarmu

Related articles

 #cikole lembang #harga tiket cikole #hutan pinus bogor #hutan pinus mangunan #hutan pinus rahong #lembang asri resort #objek wsata alam #tempat wisata bandung #tempat wisata sejuk #wisata hutan pinus bandung #wisata hutan pinus terdekat
Share di whatsapp

Pilihan editor