Share this
Share

Share

shares

10 Wisata di Toraja yang Sayang untuk Dilewatkan

31 August 2020  Ajeng

Wisatawan tidak akan sulit menemukan objek wisata di Indonesia yang masih kental dengan kearifan lokalnya. Sebut saja Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Di tempat ini, kamu tidak akan hanya menyaksikan upacara pemakaman Rambu Solo sebagai tradisi untuk menghormati para leluhurnya. Namun, ada juga beragam objek wisata di Toraja yang menyita perhatian karena bisa dibilang masih jauh dari sentuhan modernisasi.

Jadi, ada objek wisata apa saja yang bisa kamu nikmati? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Wisata di Toraja Museum Ne’Gandeng

via jejakpiknik.com

Bangunan tersebut dulunya merupakan tempat upacara penguburan Ne’Gandeng yang wafat pada 3 Agustus 1994. Semasa hidupnya, Ne’Gandeng dikenal sebagai sosok yang amat peduli pada masyarakat Toraja. Bahkan, ia sampai menjual kerbaunya agar desa di sekitarnya bisa mendapatkan listrik. Untuk itu, masyarakat Toraja sangat menghormati beliau sebagai salah satu orang yang dituakan di Toraja.

Pemerintah mulai menjadikan lokasi pemakaman ini sebagian museum. Tidak sedikit juga wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini. Di sini, kamu bisa melihat berbagai jenis menhir hasil dari upacara pemakaman dengan ukuran yang berbeda-beda. Selain itu, di satu bangunanjuga ada benda-benda peninggalan Ne’Gandeng seperti gong, sapi albino, patung, dan lain-lain. Untuk itu, jangan lupa

2. Wisata Londa

via travel.detik.com

Rasanya, sangat disayangkan jika kamu melewatkan wisata Londa saat berkunjung ke Toraja. Pasalnya, kamu akan  terkesima dengan penampakan kompleks kuburan di sebuah tebing batu besar. Pada tebing-tebing tersebut, kamu bisa melihat ratusan peti mayat yang diletakan di setiap lubang. Selain itu, ada juga peti mayat yang diletakan di gua-gua. Meskipun terkesan menyeramkan, namun pada kenyataannya tidak demikian. Kuburan yang satu ini dikelilingi oleh pegunungan, sehingga suasananya lebih sejuk. Penempatan peti mayat ini harus sesuai dengan aturan, yaitu sesuai dengan garis keluarganya

3. Wisata Kete Kesu

via travelspromo.com

Untuk menyejukan mata saat berkunjung ke Toraja, coba saja datang ke Kete Kesu. Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang sangat cantik dengan deretan rumah adat Tana Toraja yang sangat rapi. Konon, rumah tersebut dijadikan sebagai tempat penyimpanan mayat sebelum dikebumikan.

Di Kete Kesu juga udaranya masih sejuk dan terhindar dari polusi. Tempatnya berada di area persawahan dan perbukitan, sehingga pemandangannya pun sangatlah cantik. Jadi, kamu nggak perlu pusing mencari tempat yang sejuk dan asri saat berkunjung ke Toraja.

4. Wisata Kompleks Megalit Kalimbuang Bori

via iqbalkautsar.com

Pernah lihat batu menhir di sekitar kamu? Jika belum, saatnya untuk menikmati keunikan batu menhir atau batu berdiri di Toraja, tepatnya di komplek Megalit Kalimbuang Bori. Batu ini sengaja dibuat berdiri dengan tujuan menghormati para leluhur, tetua adat, dan keluarga bangsawan yang sudah berpulang beberapa ratus tahun yang lalu. Meskipun begitu, pengunjung bebas untuk berfoto di area batu-batu tersebut. Posting di Instagram biar banyak yang tertarik mengunjungi ‘harta karun’ Toraja ini.

5. Wisata Batutumonga

via jejakpiknik.com

Pemandagan alam yang tidak kalah cantiknya ada di Wisata Batutumonga. Kamu bisa melihat keindahan kota Rantepao dari ketinggian. Bahkan, orang-orang menyebut tempat ini sebagai negeri di atas awan. Jadi, sayang banget kalau kamu nggak bawa kamera untuk mengabadikan penampakan yang satu ini. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, kamu bisa mengunjungi tempat ini pada pagi hari saat sunrise, maupun menjelnga malam saat matahari terbenam. hasil fotonya dijamin keren!

6. Wisata di Toraja Palawa

via arsy.co.id

Toraja dikenal dengan rumah adat atau tongkonan yang khas, salah satunya bisa kmau nikmati di Wisata Palawa ini. Siapa saja, termasuk wisatawan bisa memasuki area ini untuk sekedar melihat-lihat keindahan di sekitarnya. Rumah-rumah adat disini dirancang semenarik mungkin dengan hiasan tanduk kerbau yang diletakan di bagian depan tongkonan. Ini tentu saja sangat unik dan hanya kamu bisa nikmati di Toraja. Lokasi Palawa berada di Kabupaten Toraja Utara dengan ciri khas deretan rumah adat yang cantik.

7. Wisata Lolai Tongkonan Lempe

via instagram.com/firdausarvin

Pernah mendengar istilah bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian? Ya, ini sangat cocok diterapkan jika kamu mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Untuk bisa sampai di tempat ini, amu harus mendaki gunung dengan trek yang cukup ekstrem. Jalannya berkelok-kelok, sehingga nggak aneh kalau kamu jadi mudah capek. Namun, sesampainya di sana kamu akan merasa seperti berada di atas awan. Wisata yang satu ini ada di ketinggian 1300 mdpl, sehingga tumpukan awan putih bisa dengan mudah kamu nikmati. Pemandangan yang cantik bisa dilihat pada saat pagi atau menjelang malam, apalagi kalau bukan untuk melihat penampakan sunset atau sunrise.

8. Wisata Negeri Diatas Awan Totombi

via negeridiatasawan.com

Selain Lolai Tongkonan Lempe, ada juga Totombi yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan. Tempat ini juga menyuguhkan pemandangan di atas awan, sehingga pengunjung bisa betah berlama-lama di sana. Ada hamparan awan putih yang cantik, tonjolan gunung-gunung, semilir angin yang sejuk, dan sorotan matahari yang bersahabat. Namun, kamu harus membawa jaket tebal karena suasananya sangat dingin. Selain menikmati pemandangannya, kamu juga bisa camping di tempat ini, lho!

9. Wisata di Toraja Ollon

via asokaremadja.com

Objek Wisata Ollon bisa menjadi pain-killer saat kamu jenuh dengan suasana perkotaan. Mata seketika menjadi segar setelah melihat hamparan bukit hijau yang luas. Belum lagi kamu bisa menginap di sini dengan mendirikan tenda di sekitar bukit tersebut. Kebayang, ya, sejuknya bakalan seperti apa. Pokoknya, suasana seperti ini akan jarang kamu jumpai. Jadi, manfaatkan momen liburan saat di Ollon agar kamu bisa punya kenangan manis dengan teman atau keluarga.

10. Wisata di Toraja Air Terjun Talondu Tallu

via akbarpost.com

Terakhir, ada air terjun Talondo yang bisa kamu kunjungi saat berada di Toraja. Air terjun ini memiliki daya tarik dengan tiga cabang aliran air yang sangat cantik. Selain itu, air terjun ini juga memiliki air yang sangat dingin dan jernih, jadi nggak cocok kalau dipakai untuk  berenang. Menurut kepercayaan masyarakat, pengunjung tidak diperbolehkan menggunakan pakaian hitam saat berkunjung ke sini. Jadi, patuhi saja, ya, demi kebaikan bersama.

Nah, itulah 10 wisata di Toraja yang bisa jadi referensi jalan-jalan kamu. Jadi, mau bawa siapa ke sini?

Berikan komentarmu

Related articles

 #harga tiket pesawat sulawesi #jembatan kaca #objek wisata alam di bandung #objek wisata toraja photos #pango pango #tana toraja #tips liburan ke toraja #wisata air terjun #wisata murah toraja #wisata sulawesi selatan #wisata toraja negeri di atas awan #wisata toraja terbaru
Share di whatsapp

Pilihan editor