10 Wisata di Semarang, Alternatif Liburan Asyik di Jawa Tengah

Spread the love

Ada beragam hal yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Semarang. Selain berburu Lumpia dan Wingko Babat, kamu juga bisa mengeksplorasi objek-objek wisatanya yang nggak kalah hits. Lihat saja unggahan-unggahan yang ada di media sosial dengan hashtag #wisatasemarang. Tempatnya cakep-cakep dan tentu saja bisa memenuhi kebutuhan “kekinian” anak-anak muda saat berwisata. Setidaknya, ada sepuluh wisata di Semarang yang nggak bisa dilewatkan gitu aja. Langsung aja kepoin daftarnya di bawah ini.

1. Wisata di Semarang: Saloka Theme Park

Kalau lagi liburan bareng keluarga, nggak ada salahnya buat bawa mereka ke Saloka Theme Park. Taman bermain terbesar di Jawa Tengah ini berlokasi di Ungaran, Kabupaten Semarang. Ada beragam wahana yang bisa dicoba, mulai dari yang level B aja sampai yang ekstrem. Adapun salah satu wahana favoritnya, yaitu ‘Bengak Bengok’, yang nantinya bakal membuat kamu berputar dan maju-mundur dengan cepat dan bahkan bisa bikin jantungan dengan putaran 90 derajatnya. Selain itu, ada juga wahana ekstrem lainnya seperti Paku Bumi, yang mana kamu bakal dibuat lemas dengan sensasi dijatuhkan dari ketinggian 38 meter . Nggak sampai di situ, kamu juga bakal diangkat lagi dengan kecepatan tinggi. Seru!

2. Pantai Tirang

Di Semarang, kamu juga bisa menghabiskan waktu liburan di Pantai Tirang. Seperti pantai pada umumnya, tempat ini juga punya daya tarik ombaknya yang tidak terlalu kuat dan penampakan cantik matahari saat terbenam. Lebih dari itu, pantai ini dulunya memiliki pulau kecil yang dinamakan Tirang, yang disebut-sebut menjadi ikon Kota Semarang. Selain menikmati suasan pantai, kamu juga bisa melakukan beragam aktvitas menarik. kamu bisa berenang, bermain ombak, bermalam di tenda, mengambil foto, dan memancing. Ikan yang didapatkan pun beragam. Ada ikan baramudi (kakap putih), blanak, mujair, kiper, rusah-rusah, ikan sembilan, dan dokan. Harga tiket masuk ke pantai in hanya Rp 5ribu untuk motor, dan Rp 10ribu untuk mobil.

3. Wisata di Semarang: Pagoda Avalokitesvara

Kalau mau lihat pagoda tertinggi di Indonesia, dateng aja langsung ke Kecamatan Banyumanik, Semarang. Disana, bertengger megah Pagoda Avalokitesvara yang tingginya mencapai 45 meter. Pagoda ini adalah bagian dari Vihara Buddhagaya Watugong, dan terkenal yang paling ikonik dibandingkan dengan bangunan utama lainnya, Pagoda Dhammasala. Kamu tentu saja bisa berkeliling di area ini sambil mengambil foto di spot-spot yang cantik. Untuk mendapatkan hasil foto yang lebih ciamik, datang saja pada malam hari. Lampu-lampunya bikin suasananya jadi lebih hidup. Pokoknya berasa foto di Thailand, deh!

4. Danau Lau Kawar

Pencinta alam direkomendasikan datang ke Danau Lau Kawar. Danau ini berlokasi di Desa Kuta Gugung, Kecamatan Naman Teran, Berastagi. Pemandangan alam yang eksotis tentu saja yang menjadi daya tariknya. Kalau pemandangannya dilihat dari ketinggian,  air danau dan pepohonannya sekilas mirip seperti di Sungai Amazon. Warna airnya sendiri terlihat hijau dan menggoda siapa saja untuk nyebur ke dalamnya. Bahkan, kamu juga bisa berkeliling danau ini menggunakan bambu yang dirakit menjadi perahu kecil. Suasana semakin romantis apalagi menjelang matahari tenggelam.

5. Taman Wilis

Taman Wilis sangat cocok buat kamu yang ingin ngadem di tengah cuaca Semarang yang lumayan panas. Seperti namanya, Taman ini  didominasi aneka pepohonan yang membuat area tersebut jadi sejuk. Ditambah lagi dengan lokasinya yang jauh dari pusat kota, yang membuat suasana di sekitarnya nggak terlalu ramai dan bising. Di taman ini, kamu bisa nongkrong dan beli jajanan dari pedagang di sekitar taman. Bisa juga melakukan aktivitas lainnya seperti jogging dan foto-foto.

6. Kampung Batik Semarang

Pencinta Batik boleh banget merapat ke kampung Batik yang berlokasi di Jalan Batik, Kelurahan Rejamulya, Semarang. Kawasan ini dihuni oleh masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai pengrajin batik. Bahkan, kamu bisa melihat langsung proses pembuatan batik tersebut. Dan nggak heran kalau tempat ini dijadikan sentra pembuatan batik di Kota Lumpia tersebut. Nggak hanya pada pakaian, kreasi batik tersebut juga digambar pada tembok-tembok di kawasan kampung tersebut. Yang menariknya lagi, kamu juga bisa membeli produk batik untuk oleh-oleh orang tersayang.
Baca juga artikel menarik lainnya:

7. Wisata di Semarang: Taman Kelinci

Senang aktivitas outdoor? Langsung aja datang ke objek wisata Taman Kelinci Semarang. Objek wisata yang berlokasi di Jalan Raya H. Toeyib Soebadi, Desa Kalibeji, Kecamatan Tuntang, menyuguhkan aneka daya tarik bagi pengunjung. Ada fasilitas berupa kolam renang, wahana bermain anak, sampai outbond. Sesuai namanya, di sini juga kamu bisa bermain dengan kelinci-kelinci menggemaskan.

8. Gardu Pandang Lereng Kelir

Melihat pemandangan dari ketinggian adalah hal yang paling bisa menyejukan mata. Caranya bisa dengan pergi ke Wisata Gardu Pandang Lereng Kelir yang berlokasi di Dusun Gertas, Gertas, Brongkol, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Perpaduan pegunungan hijau dan langit yang terbentang luas tentu bisa membuat siapa saja puas saat menikmatinya. Bahkan Kabupaten Semarang pun bisa terlihat jelas dari ketinggian sekitar 1384 meter mdpl ini.

Selain menikmati pemandangan alam, kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya. Bisa bersantai pakai hammock di tengah hutan pinus, berkemah, makan-makan, dan mengambil foto. Untuk tiket masuknya sendiri sebesar Rp 5ribu saat weekday, dan Rp 7rb saat weekend.

9. Wisata di Semarang: Ayanaz Gedong Songo

Wisata instagramable di Semarang tak lain adalah Ayanaz Gedong Songo. Lokasinya ada di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Yang menjadi daya tariknya tentu saja spot-spot fotonya yang kekinian. Kamu bisa berfoto di balon udara, bubble tent, hammock, dan kursi ayunan. Untuk biaya foto di Bubble Tent sendiri mulai dari Rp 5ribu per orang. Pemandangan seperti ini tentu saja sangat unik dan terbilang jarang ditemukan di tempat-tempat wisata lainnya.

10. Dusun Semilir Eco Park

Dusun Semilir Eco Park juga nggak kalah hitsnya. Di sini, pengunjung bakal dimanjakan dengan beragam spot foto dan juga suguhan fasilitas yang menarik. Ada pertunjukan seni, kuliner lezat di Gunungan Resto dan Sepoi-Sepoi Food. Yang menarik, kamu bisa mencoba beragam wahana atau fasilitas unik di sini. Salah satinya adalah menyusuri Jembatan Senggol yang menggantung di atas taman. Jembatan tersebut terbuat dari kayu sampai ke atap-atanya.

Selain itu, beberapa wahana juga nggak kalah menarik. Ada Alun Eropa, spot foto berupa bangunan bernuansa Maroko, Mykonos, dan Paris,  perosotan warna wanri, wahana flamingo raksasa, trem, dan aktivitas menyusuri sungai dengan gondola.

Itulah sepuluh wisata di Semarang untuk rekomendasi liburan yang lebih seru. Mana yang paling menarik perhatian kamu?

Berikan komentarmu