Share this
Share

Share

shares

10 Wisata di Cirebon yang Wajib Masuk Daftar Liburanmu

22 October 2020  Ajeng

Jawa Barat kaya dengan objek wisata. Nggak cuma Bandung, Cirebon juga punya aneka tempat rekreasi yang nggak kalah cantik. Mulai dari wisata alam, bahari, budaya, edukasi, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada kampung batik dimana kamu bisa membeli aneka kain bergambar khas Cirebon ini. Kalau kamu bingung mau liburan kemana, sepuluh referensi wisata di Cirebon ini bisa membantu. Berikut rangkumannya.

1. Telaga Nilem

via cirebonmobilrental.com

Berlibur ke Cirebon jangan lupa mampir ke Telaga Nilem. Lokasinya ada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Jawa Barat. Kamu nggak bakalan nyesel dateng kesini karena suasananya sangat sejuk, ditambah lagi dengan pepohonan rindang yang membuat pemandangan sekelilingnya semakin asri. Bahkan, Telaga Nilam ini disebut-sebut sebagai Umbul Ponggoknya Cirebon, lho! Airnya yang sangat jernih bisa banget digunakan untuk berenang bahkan berswafoto di dalam air.

Lokasi: Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

2. Pantai Kejawanan

via travelingcirebon.com

Cirebon juga punya Pantai yang cocok dijadikan untuk liburan bareng temen maupun keluarga. Pantai Kejawanan berhsil menarik perhatian wisatawan karena hamparan lautnya yang cantik, belum lagi pemandangan matahari terbenanmnya yang eksotis. Di pantai ini juga kamu bisa menikmati aneka makanan laut mulai dari kepiting, udang, cumi-cumi, kerang, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga beragam aktivitas menarik sperti berswafoto dibalik birunya laut, naik perahu motor, berenang, menangkap umang, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon

3. Wisata di Cirebon Bukit Gronggong

via berkeliling.com

Solusi menyegarkan pikiran di Cirebon adalah dengan mengunjungi Bukit Gronggong. Bukit yang satu ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menyegarkan mata. Jadi, nggak heran kalau bukit yang satu ini sering dijadikan destinasi favorit untuk menghabiskan liburan akhir pekan. Kamu juga bisa melihat cantiknya lampu-lampu Kota Cirebon ini sambil menikmati hidangan yang lezat.

Lokasi: Patapan, Kec. Beber, Kota Cirebon.

4. Taman Sari Goa Sunyaragi

via phinemo.com

Taman Sari Goa Sunyaragi merupakan salah satu situs cagar alam yang ada di Cirebon. Dulunya, tempat ini sering dijadikan spot meditasi atatu olah kanuragan oleh para prajurit keraton dan pembesar kerajaan. Sekarang, tempat ini menjadi incaran wisawatan. Selain bisa menikmati keindahan sekitarnya, konon pengunjung juga bisa mendapatkan jodoh jika berkunjung kesini. Kamu tertarik?

Goa yang satu ini memiliki tampilan yang unik. Untuk itu, setiap sudutnya sangat cantik untuk dijadikan latar berfoto. Charge hpmu sampai penuh biar lebih puas foto-foto. Jangan lupa sediakan memory card besar juga, ya!

Lokasi: Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

5. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

via ugj.ac.id

Kalau kamu berencana liburan bareng keluarga, Cirebon Waterland ini bisa jadi solusinya. Disini, kamu bisa menikmati aneka kolam renang degan kedalaman yang berbeda-beda. Tentu saja ada khusus anak-anak dan juga orang dewasa. Menariknya lagi, disini dilengkapi dengan fasilitas hiburan lainnya seperti playground, cottage, restoran, spot foto menarik, dan masih banyak lagi.

Untuk mengunjungi kolam renang ini, kamu cukup mengeluarkan Rp 50 ribu untuk weekday dan Rp 65 ribu untuk weekend. Jadi, habis berenang kamu bisa banget foto-foto di bangunan perahu, menikmati hidangan lezat, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No. 1 Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat.

6. Wisata di Cirebon Kampung Batik Trusmi

via VIVA.co.id/Purna Karyanto

Penggemar batik wajib banget datang ke kampung yang satu ini. Kampung Batik Trusmi menjadi destinasi favorit pemburu batik dari seluruh penjuru Indonesia. Kualitasnya tentu saja tidak diragukan lagi karena dikerjakan oleh penduduk asli yang sudah ahli. Bahannya pun terbuat dari kain yang nggak kaleng-kaleng sehingga jangan kaget kalau harganya sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Kamu bakalan puas belanja disini karena bisa memilih langsung motif dan jenis batik yang diinginkan.

Selain membeli batik, kamu juga bisa belajar langsung cara membatik. Ini hanya bisa dilakukan di toko-toko tertentu yang menyediakan fasilitas workshop. Jadi, kamu bisa belanja sekaligus belanja di kampung ini. Tertarik?

Lokasi: Desa Weru Lor, Kecamatan Weru, Cirebon.

7. Wisata di Cirebon Situ Sedong

via javatravel.net

Situ Sedong sudah dibangun sejak tahun 1918. Dulunya tempat ini dijadikan sebagai tempat irigasi pada tahun 1921. Seiring berjalannya waktu, Situ ini beralih fungsi menjadi sumber pengairan pertanian. Karena memiliki potensi yang cukup baik untuk dijadikan objek wisata, akhirnya Situ Sedong ini mulai dibuka untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan di sekitarnya.

Disini kamu bisa menikmati pemandangan eksotis. Situ ini terlihat sangat cantik dengan Gunung Ciremai sebagai latar pemanisnya. Selain itu, ada juga hamparan sawah petani yang bisa membuat hasil foto kamu lebih hidup. Jadi, jangan sampai aktivitas berfoto ini terlewatkan.

Selain foto-foto, kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya. Kamu bisa memancing, naik perahu bebek, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Desa sedong lor, Kecamatan sedong, Kabupaten cirebon, Provinsi jawa barat.

8. Banyu Panas Palimanan

via nyero.id

Kalau kamu pengen relaksasi tubuh di kolam air panas, langsung aja mampir ke Banyu Panas Palimanan. Di kolam yang satu ini, kamu bisa lebih santai berendam di air panas sambil menikmati pemandangan cantik disekitarnya. Konon, berendam di air panas bisa mengatasi pegal-pegal dan melancarkan peredaran darah.

Untuk berendam disini, kamu cukup membayar tiket sebesar Rp 7 ribu saja. Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, kamu sudah bisa berendam sepuasnya tanpa batasan waktu.

Lokasi: Jl. Raya Cirebon, Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan, Cirebon.

9. Wahana Outbound Siwalk

via trapedia.com

Selain delapan objek wisata di atas, kamu juga bisa mengunjungi Wahana Outbound Siwalk. Ini sangat cocok bagi kamu yang suka tantangan.  Ada beragam wahana yang bisa kamu coba, mulai dari flying fox, memancing, ATV, speed boat dan masih banyak lagi. Keseruan ini tentu saja cuman bisa kamu dapatkan di Cirebon. Apalagi pemandangan di sekitarnya membuat kamu semakin betah beraktivitas disana.

Lokasi: Setupatok, Kec. Mundu, Cirebon.

10. Wisata di Cirebon Bukit Plangon

via ksmtour.com

Tempat lainnya yang cocok untuk menenangkan pikiran adalah Bukit Plangon. Disini suasananya sangat asri dan tenang sehingga kamu akan lebih leluasa menikmati pemandangan di sekitarnya. Menariknya, disini juga kamu bisa mengunjungi Taman Kera. Mereka tidak dikandangi, jadi kamu bisa memegang langsung kera-kera tersebut. Tentu saja kamu tidak boleh bertindak agresif kalau tidak mau muka mulusmu itu dicakar kera.

Di Bukit Plangon juga kamu bisa berziarah ke dua makam, yaitu makam Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panjunan. Pada malam 2 syawal, tempat ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin berziarah.

Lokasi: Desa Babakan, Kecamatan Sumber, Cirebon.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan komentarmu

Related articles

 #alamat batik trusmi cirebon #bandung cirebon berapa jam #beli batik cirebon #cirebon dimana #harga batik trusmi #kampung batik trusmi #kolam renang cirebon #kuliner cirebon #makanan khas cirebon #wisata cirebon 2020 #wisata di cirebon kota #wisata di cirebon untuk anak #wisata di corebon yang lagi hits #wisata keraton
Share di whatsapp

Pilihan editor