10 Wisata Bawah Laut, Spot Seru Jelajahi Kecantikan Bahari

Spread the love

Kekayaan alam dunia yang berpotensi jadi objek wisata nggak hanya yang tampak pada permukaan saja. Kekayaan alam bawah laut juga nggak kalah cantik dan beberapa diantaranya memenuhi unsur tempat wisata. Salah satunya adalah berkat adanya daya tarik seperti ikan-ikan laut cantik, terumbu karang, bebatuan koral, dan masih banyak lagi. Jenis objek wisata ini tentu saja cocok buat eksplorer, terlebih kamu yang suka banget dengan keindahan alam. Untuk itu, langsung aja catat sepuluh rekomendasi wisata bawah laut di bawah ini.

1. Seawalker, Indonesia

Wisata bawah laut pertama bisa kamu jumpai di Tanjung Benoa, Bali. Seawalker adalah salah satu wisata alam di Pulau Dewata yang digandrungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Yang menjadi daya tariknya tentu saja nggak sebatas pemandangan bawah lautnya. Aktivitas di dalamnya juga bisa membuat siapa saja betah berlama-lama.

Sesuai dengan namanya, wisatawan akan menyusuri area bawah laut dengan cara berjalan kaki. Ini tentu saja menarik karena nggak seperti aktvitas watersport lainnya yang mengharuskan wisatawan untuk berenang, diving, dan sejenisnya. Kamu bakal dibekali helm khusus, sehingga bisa tetap bernapas lewat hidung. Aktivitas ini bisa dilakukan oleh anak-anak mulai usia 12 tahun.

Disana, wisatawan bisa bermain sambil memberi makan ikan-ikan yang ada di sekelilingnya. Mengambil foto di bawah sana tentu aja bisa banget, karena wisatawan mana sih yang nggak mau punya kenangan cantik kayak gini. Untuk durasinya sendiri 30 persiapan, dan 30 bermain di dasar laut.

2. Wisata Bawah laut: Pulau Sipadan, Malaysia

Beralih ke Negara Tetangga, di sana terdapat Pulau Sipidan yang dinobatkan salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia. Pulau kecil yang berlokasi di Negeri Jiran ini punya daya tarik tersendiri. Pulau ini dikelilingi oleh karang hidup dan bertengger di atas gunung merapi bawah laut yang sudah tidak aktif. Bahkan tempat ini juga menjadi habitat laut terkaya di dunia. Wisatawan bisa menemukan kura-kura laut raksasa, aneka jenis hiu, ikan barakuda, tuna, dan beragam hewan laut lainnya. Namun, pulau ini hanya menerima 120 penyelaman per hari saja kelestarian pulau  tetap terjaga.

3. Kolombo, Sri Lanka

Kali ini, giliran Sri Lanka yang nggak kalah soal wisata bawah lautnya. Negara berjuluk Mutiara Samudera Hindia ini terkenal dengan ratusan kapal karam, yang beberapa diantaranya sudah menjadi bangkai di dasar lautan. Untuk itu, nggak sedikit wisatawan yang penasaran untuk melihat penampakan tersebut. Pasalnya, kapal tersebut kini berubah menjadi terumbu karang yang menjadi hunian bagi hewan-hewan laut. Mulai dari belut, gurita, cumi-cumi, dan beragam spesies ikan. Ini tentu saja memberikan sensasi seeri mencari harta karun di dasar laut.

4. The Great Blue Hole, Amerika Tengah

Lubang raksasa The Great Blue Hole ini bisa ditemukan di 70 kilometer dari pesisir Belize, Amerika Tengah. The Great Blue Hole ini menjadi spot terbaik dan favorit para penyelam berkat pesona memukau bawah lautnya. Adapun penghuninya, yaitu beragam ikan tropis sampai hiu karang Karibia. UNESCO juga memasukan The Great Blue Hole ke dalam daftar situs warisan dunia.

Selama bereksplorasi disana, kamu juga berkesempatan untuk bertemu hiu-hiu langka. Ada Nurse Shark, Carribean Reef Shark, Blacktip Shark, Bull Shark, dan Hammerhead Shark.

5. Wisata bawah laut Chuuk Lagoon, Mikronesia

Kalau mau menjelajahi wisata bawah laut terbaik, kamu bisa berkunjung ke Chuck lagoon. Tempat tersebut dinobatkan sebagai spot menyelam terbaik di dunia, dengan 48 lebih situs penyelaman terbaik. Bahkan pada kedalamn 100 meter,kamu bisa menemukan kapal karam bekas perang dunia kedua. Dan pada kedalaman 40 hingga 60 meter, kamu juga bisa mengambil foto di 15 kapal karam termasuk San Francisco Maru. Ada juga kapal karam Katsuragisan Maru yang bisa ditemukan pada kedalaman 58 hingga 70 meter.

6. Puerto Galera, Filipina

Filipina memiliki area penyelaman yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Puerto Galera yang cocok bagi penyelam profesional maupun pemula. Disana, terdapat keanekaragaman hayati dengan situs selam dalam jumlah yang cukup banyak. Di dalamnya, terdapat bangkai kapal yang menarik untuk dieksplor. Bahkan kalau lagi beruntung, kamu bisa bertemu dengan frogfish, kuda laut, cacing Bobbitt, gurita mimik, dan ngengat laut.

7. Lion City Of QianDao Lake, China

Lion City adalah wisata bawah laut yang bisa bikin siapa saja kagum. Pemandangan underwater disini bukan berupa terumbu karang atau ikan-ikan aneh, tapi penampakan peradaban yang tenggelam. Penampakan tersebut merupakan reruntuhan kota kuno yang bertengger di dasar Danau Qiandao, terletak di Provinsi Zhejiang, China. Yang tidak kalah membuat takjub adalah luasnya yang 62 kali lapangan bola. Kalau meyelam di sini, kamu bakal ngerasa seperti ada di Atlantis. Bahkan kamu juga bakal merasakan sensasi seperti mencari harta karun di dalam peradaban yang hilang ribuan tahun yang lalu.

8. Wisata bawah laut Raja Ampat, Indonesia

Kembali ke Indonesia, Bumi Pertiwi rupanya masih kaya akan wisata underwater-nya. Apalagi kalau bukan Raja Ampat. Yang menjadi daya tariknya adalah pantainya yang masih perawan, suasananya yang menenangkan,  danpemandangan eksotis terumbu karang yang berwarna-warni. Selama bermain di dalamnya, kamu bisa berjumpa dengan ikan pari, hiu, kura-kura, dan ubur-ubur. Ini tentu saja momen yang nggak bisa dilewatkan. Untuk itu, aja sohib-sohibmu kesini biar liburannya jadi makin seru.

9. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara, jugamenjadi spot berwisata lainnya yang nggak kalah seru. Taman laut ini berlokasi di wilayah perairan “segitiga emas”, atau lebih tepatnya berada pada perairan yang menghubungkan laut Filipina, Laut Papua, dan Indonesia.
Lokasi tersebut membuat taman in imenjadi kaya akan ekosistem bawah laut, bahkan sampai terbentuk hutan bakau terbesar. Selama berjelajah disini, kamu bisa bakal dikejutkan dengan 390 spesies terumbu karang, 90 spesies ikan, dan aneka penghuni lainnya yang eksotis.

10. Wisata bawah laut Morotai, Maluku

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat berwisata di bawah laut, kamu bisa berkunjung ke Morotai, Maluku. Spot ini adalah saksi bisu saat Perang Dunia II. Buktinya terlihat pada bangkai-bangkai kapal, hingga pesawat perang yang terdampar di dasar laut Morotai. Daya tarik lainnya adalah aktivitas menyelam bersama hiu sirip hitam. Namun, kamu mesti berjuang keras untuk bisa bertemu dengan makhluk bertulang rawan tersebut. Kamu mesti menyelam sampai kedalaman 21 meter.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu