10 Wisata Balon Udara Indonesia: Ide Liburan Pas untuk Ngalam

Spread the love

1. Kawasan Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur

Saat berjalan-jalan ke Kawasan Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, nggak ada salahnya nyobain wahana balon udara. Wisata balon terbang ini merupakan kerjasama antara perusahaan swasta, Fly Tours Indonesia, dengan TNBTS. Dari ketinggian 50 meter di atas permukaan tanah, kamu bisa menikmati pemanangan sekitar Bromo selama 10 menit. Ada Bukit Teletubis, Gunung Semeru, dan Gunung Batok. Btw, wahana Balon UDara ini sudah ada sejak tahun 2019, lho!

2. Wisata The Lodge Maribaya, Bandung

Bergeser ke arah barat Bandung, kamu bakal menemukan wisata balon udara hits, yang tak lain ada di The Lodge Maribaya. Balon udara ini tidak melayang di udara, melainkan dijadikan spot foto. Namun, angle yang bagus tentu saja bisa bikin hasil gambarnya seolah-olah kamu sedang naik balon udara :D.

Untuk bisa naik wahana ini, sebaiknya kamu datang dari pukul 09.00-17.00. Pastikan datang saat cuaca cerah agar bisa lebih leluasa menikmati pemandagan dari ketinggian, serta mengambil foto yag bagus. Kalau sudah puas, kamu bisa mencoba fasilitas lain seperti glamour camping yang menawarkan fasilitas mewah untuk bermalam.

3. Kawasan Wisata Bukit Teletubbies, Blitar, Jawa Timur

Jawa Timur juga punya wisata balon udara menarik lainnya. Selain di Bromo, ada juga balon udara yang bertengger di kawasan wisata Bukit Teletubbies, Blitar. Itu bisa kamu temukan di Tower Dusun Kampunganyar Desa Sumberasri Kecamatan Gunung Kelud. Balon udara ini sama seperti di The Lodge Maribaya, yang mana balonnya tidak diterbangkan. Meski begitu, pengunjung tetap bisa mengambil foto dan menikmati pemandangan dari ketinggia. Untuk menikmati wahana ini, kamu bisa datang mulai pukul 08.00-17.00 waktu setempat. Untuk tiket masuk ke wisata Tower Dusun Kampunganyar ini hanya Rp 3ribu saja per orangnya.

4. Wisata Balon Udara Sari Ater Hotels Resort, Subang, Jawa Barat

Subang juga nggak kalah soal objek wisata Instagramable. Salah satunya adalah wahana balon udara yang ada di Sari Ater Hotels Resort, Subang, Jawa Barat. Disini, kamu bisa merasakan terbang di udara setinggi 30 meter. Aktivitas ini akan lebih seru kalau kamu menikmatinya pada pagi hari. Pasalnya, ada udara sejuk dengan pemandangan perbukitan hijau. Untuk itu, pastikan juga kamu naik wahana ini pada saat cuaca sedang cerah. Kalau sedang mendung, atau cuaca tidak memungkinkan, balon udara ini tidak bisa diterbangkan dan akan diganti pada hari lain.

5.  Wisata balon udara Ranggon Hills, Bogor

Bogor punya Puncak sebagai destinasi andalan para wisatawan. Menariknya lagi, Kota Hujan tersebut kini menambah deretan wisata hits yang tak lain adalah Ranggon Hills. Meski tergolong baru, kamu bakal dimanjakan banget dengan penampakan alam yang bisa dinikmati dari ketinggian. Apalagi kalau bukan dengan naik balon udaranya. Meski hanya dijadikan sebagai spot foto, kamu bakalan betah berlama-lama disana. Untuk harga tiketnya sendiri, yaitu Rp10ribu per orang.

6. Kawasan Resort Tanah Gajah, Ubud, Bali

Yang sering jalan-jalan ke Bali, sebaiknya jangan lewatkan wisata wahana balon udara yang ada di Kawasan Resort Tanah Gajah, Ubud. Disini, kamu bakal merasakan sensasi seru menikmati pemandangan area hijau dari ketinggian 50 meter, plus udara sejuk. Untuk jadwal penerbangannya sendiri, yaitu pada pagi dan sore hari. Untuk durasinya sendiri adalah 10 menit dengan harga Rp1,2 juta hingga Rp2,1 juta.

Baca juga artikel menarik lainnya:

7. Wisata balon udara Mloko Sewu, Ponorogo

Menikmati wahana balon udara juga bisa kamu lakukan di Ponorogo, tepatnya di Mloko Sewu, Desa Pupus, Kecamatan Ngebel. Di objek wisata ini, kamu bisa bersantai di ketinggian sambil menikmati cantiknya Telaga Ngebel. Untuk foto-foto tentu aja bisa banget, spot-spot disana bisa dibilang Instrgramable. Untuk tiket masuknya hanya Rp 5ribu saja per orangnya. Jadi, nggak ada salahnya buat dateng kesini rombongan, ya!

8. Agrowisata Kusuma, Batu

Jawa Timur seperti tidak pernah kehabisan objek wisata yang hits. Wahna balonudara pun bisa kamu temukan disini, tepatnya di Agrowisata Kusuma. Meski yang jadi daya tarik di Kusuma ini adalah wisata petik apelnya, spot-spot instagenic seperti balonudara pun nyatanya nggak kalah menarik. Pengunjung bisa berfoto seolah sedang melayang di udara. Untuk jam operasionalnya sendiri  mulai dari pukul 08:00-17:00 WIB.

9. Ayana Gedong Songo, Semarang

Ayana Gedong Songo juga menyediakan balon udara demi memanjakan pengunjungnya. Wisata yang berlokasi di Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang ini masih satu lokasi dengan wisata candi Gedong Songo. Spot menariknya tak lain adalah Bubble Tent dan juga Balon Udara. Siapa saja bisa menikmatinya hanya dengan biaya Rp 5ribu saja per orangnya, dan tiket masuk Rp 20ribu. Untuk jam bukanya mulai dari 07.00 hingga pukul 17.00 WIB.

10. Wisata balon udara Kampung Talun Kacang, Semarang

Kampung Talun Kacang juga bisa jadi alternatif wisata balon udara lainnya yang bisa kamu nikmati. Ini bisa kamu jumpai kalau sedang berada di Semarang, tepatnya di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati. Balon udara inilah yang menjadi favoritnya karena siapa saja bisa mendapatkan hasil foto yang kece di spot tersebut. Bahkan, disana disediakan fotografer agar hasilnya lebih memuaskan. Harga jasanya pun bervariasi tergantung paket yang kamu pilih. Gimana, tertarik?

Berikan komentarmu