10 Urband Legend Asia: Kisah Misteri yang Tak Lekang Waktu

Spread the love

Kisah-kisah seram nggak menghilang gitu aja dalam obrolan-obrolan ringan. Ada saja satu diantara teman kamu yang dengan antusias menceritakan pengalaman horornya. Kalau nggak seputar penampakan, paling tentang kesurupan atau kejadian-kejadian ganjil lainnya yang nggak kalah creepy. Kalau kamu adalah satu-satunya yang nggak punya kisah seram, cobain aja ceritain urband legend Asia. Cerita-cerita misteri yang sudah melegenda tersebut rupanya masih belum banyak yang tau. Taunya mungkin Pocong dari Indonesia, atau Sadako dari Jepang. Biar obrolannya semi-berfaedah, boleh lah simak dulu sepuluh urband legend di Asia berikut ini.

1.  Urband legend asia: Mae Nak Phrak Khanong – Thailand

Mae Nak Phrak Khanong atau Mae Nak adalah slah satu urband legend yang paling terkenal di Thailand. Sosok tersebut diceritakan istri seorang pria bernama Tid Mak pada tahun 1850-an. Pada saat itu, Thailand harus bergerilya dalam perang, sehingga Tid Mak harus meninggalkan sang istri untuk membela negaranya. Mae Nak sendiri sedang dalam kondisi berbadan dua.

Mae Nak akhirnya melahirkan tanpa bantuan siapapun. Mengalami pendarahan hebat, ia dan buah hatinya malah tidak terselamatkan. Sejak saat itulah masyarakat Thailand percaya arwah Mae Nak dan bayinya gentayangan, bahkan sampai saat ini.

2. Don Simeon Bernardo’s Tomb – Filipina

Urband Legend kedua datang dari Filipina. Adalah sebuah patung yang didirikan tepat di atas sebuah kuburan yang menyita perhatian warga setempat selama beberapa dekade. Patung tersebut bahkan misterius. Ceritanya dimulai saat sosok laki-laki yang taat agama bernama Don Simeon, meminta seorang kayu membuatkan sebuah patung. Patung tersebut nantinya diletakan di atas makamnya. Ia sendiri meminta wujud patung berupa kemenangan setan atas malaikat Michael.

Hingga saat ini, masyarakat setempat masih dibuat takut dengan patung tersebut. Pasalnya, tepat di sampingnya terdapat sebuah batu bertuliskan pembicaraan antara setan tersebut dengan malaikat Michael. Setan tersebut menyatakan kekuasaanya di atas bumi dan semua umat manusia. Selain itu, patung tersebut diklaim semakin membesar dari waktu ke waktu.

3. Si Manis Jembatan Ancol – Indonesia

Indonesia paling juara  kalau soal urband legend. Selain pocong, kuntilanak, dan kawan-kawannya, ada juga kisah Si Manis Jembatan Ancol. Kisah ini tentu saja sudah tidak asing, yang mana dikisahkan sosok perempuan bernama Maryam yang menghantui jembatan di Ancol. Masyarakat percaya kalau sosok tersebutlah yang menjadi penyebab kecelakaan di sekitar jembatan tersebut.

Maryam sendiri adalah seorang asisten di rumah sosok pedagang yang kaya raya. Namun, Maryam berhenti dari pekerjaannya tersebut akibat menolak untuk dijadikan selir oleh si pedagang kaya tersebut. Saat di perjalanan, Maryam bertemu kembali dengan sosok pedagang tersebut, dan laki-laki itu kembali merayu Maryam. Lantas rayuan tersebut ditolaknya. Geram, Maryam akhirnya diperkosa dan langsung dibunuh, Mayatnya dibuang ke sawah terdekat.

Dari cerita itulah masyarakat percaya kalau sosok Maryam masih gentayangan di sekitar jembatan Ancol. Konon, sosok Maryam ini ingin membalaskan dendamnya dan melampiaskannya pada siapa saja yang lewat di jembatan itu.

4. Urban legend asia: Orang Minyak – Malaysia

Negara tetangga, Malaysia, juga punya urband legend yang nggak kalah horornya. Sebut saja legenda pria minyak byang terkenal sebagai predator seksual alias tukang pemerkosa. Kalau di Indonesia mah sejenis Kolor Ijo, lah. Masyarakat saat itu digegerkan dengan kasus pemerkosaan yang terjadi dalam waktu beruntun. Pelakunya diduga sosok pria minyak tersebut, yang penampilannya dipercaya tanpa busana dan tubuh hitam legam akibat dibaluri minyak. Sosok pria minyak ini konon hanya bisa dilihat oleh wanita yang masih perawan.

Sosok pria tersebut begitu viral pada tahun 1960-an. Dulunya, prioa tersebut adalah manusia biasa yang sedang mendalami ilmu untuk mendapatkan kesaktian. Syaratnya, ia harus memperkosa 40 wanita. Kalau tidak, usahanya bakal sia-sia.

5. 727 Tran Hung Dao – Vietnam

Gedung 727 Tran Hung Dao ini dulunya menjadi tempat bermukim tentara Amerika. Setelah dikosongkn, gedung tersebut akhirnya dijadikan tempat hunian keluarga di Vietnam. Saat dilakukan pembangunan di lantai 13, terjadi peristiwa ganjil yang memakan banyak korban. Sang kontraktor akhirnya terpaksa memanggil dukun. Untuk menghindari kesialan, si dukun ini menyuruh kontraktor tersebut untuk membeli empat mayat perawan untuk ditanam di empat penjuru gedung.

Namun, kesialan ternyata tidak berhenti begitu saja. Penjual kopi di depan gedung tersebut mengaku sering mendapati ada beberapa uang aneh di antara uang-uangnya. Hingga akhirnya ia sadar kalau kejadian tersebut serig terjadi pada saat bulan purnama. Setelah diingat-ingat, dulu pernah ada sosok perempuan yang bunuh diri di dalam gedung tersebut setelah diperkosa. Kejadian tersebut terjadi pada saat bulan purnama. Nah, arwahnya konon sering jajan kopi pada penjual tersebut dengan uang misterius tersebut. 

Baca juga artikel menarik lainnya:

6. Onibaba – Jepang

Selain Sadako, Jepang juga punya urband legend Onibaba yang seramnya nggak ada dua. Sosoknya mirip seperti Mak Lampir Indonesia, namun sebenarnya Onibaba ini punya wajah yang lebih seram dibanding sekedar wujud nenek tua. Onibaba ini dipercaya sebagai sosok iblis yang memiliki wajah hancur, gigi bertaring, dan rambut panjang. Dulunya, sosok ini dipercaya sebagai manusia biasa. Namun, ia tidak terima saat ajalnya tiba alias tidak ikhlas meninggalkan dunia yang padahal fana ini. Akibatnya, sosok Onibaba ini gentayangan dan sering mengganggu manusia.

7. Papan Catur Manusia di St. John’s Island – Singapura

Singapura juga pernah dijajah oleh Jepang selama Perang Dunia II. Di Pulau Sentosa bagian selatan, ada sebuah tempat yang jarang sekali ramai oleh pengunjung, yaitu St. John’s Island. Dulunya, tempat tersebut dijadikan lokasi karantina oleh Inggris. Di kawasan tersebut, ada sebuah “gambar papan catur raksasa” yang terhampar di sebuah lapangan.

Menurut kisah yang beredar, papan catur tersebut digunakan oleh tentara Jepang dengan menggunakan tahanannya sebagai bidak catur. Tahanan tersebut akan berpindah-pindah layaknya bidak catur sesuai dengan arahan para tentara. Jika mati atau kalah,  para tahanan tersebut langsung dipenggal. Seramnya, di tempat tersebut konon sering terdengar suara tangisan dan jeritan yang memilukan. Ada juga yang mengaku pernah mendengar suara gertak sepatu bot berbaris di sekitar papan catur.

8. Urband legend asia: Patung Yoo Kwan Sun – Korea Selatan

Patung Yoo Kwang Sun menjadi urband legend yang terkenal di kalangan masyarakat Korea Selatan. Sosok tersebut meninggal dunia saat usianya masih 17 tahun. Ia ditangkap sekutu akibat memberontak demi memperjuangkan kemerdekaan di masa perang dunia ke-2. Dengan keberaniannya tersebut, ia meninggal dunia dengan terhormat dan dikenang sebagai pejuang. Untuk menghargai jasanya, dibuatlah gambar dan patung Yoo Kwang Sun. Namun, patung tersebut rupanya menyimpan kisah misteri. Diceritakan setiap tanggal 1 Maret di hari Pergerakan Kemerdekaan, patung-patung tersebut katanya bergerak sambil meneriakan, “Korea Merdeka Selamanya”.

9. Nat – Myanmar

Pemujaan Nat masih dilakukan masyarakat Myanmar sampai saat ini. Kepercayaan kuno tersebut sudah eksis sejak 2.000 tahun lalu. Kuil Nat sendiri banyak dijumpai di sekitar kuil Budha. Meski diterjemahkan sebagai roh, Nat tersebut ternyata campuran peri dan hantu khas Myanmar. Nat juga dipercaya sebagai sekelompok roh yang menjaga manusia. Dulunya, Nat in imeninggal dunia akibat mengalami kekerasan. Pada akhirnya, Masyarakat Myanmar melakukan pemujaan terhadap Nat demi mendapatkan kelangsungan hidup yang baik. Bahkan masyarakat juga sering memberikan persembahan agar Nat tidak murka.

10. Urband legend asia: Heibai Wuchang – Cina

Yang terakhir adalah urband legend dari China. Heibai Wuchang ini dipercaya sebagai dewa yang sering muncul selama Festival Hantu. Dalam festival tersebut, siapapun yang melakukan kebaikan, akan mendapatkan keping emas. Sebaliknya, mereka bakal mendapatkan hukuman kalau melakukan keburukan. Patung Heibai Wuchang bisa dijumpai di beberapa kuil di China. Patung-patung tersebut memiliki rupa yang sangar dengan lidah merah yang panjang mencuat keluar dari mulut. Katanya, itu tujuannya agar roh-roh jahat takut saat melihatnya.

Berikan komentarmu