10 Universitas Terbaik di Dunia, Ada Kampus Maudy Ayunda!

Spread the love

Kuliah di luar negeri masih menjadi mimpi kebanyakan fresh graduate maupun mahasiswa di Indonesia. Banyak hal yang dikorbankan demi mewujudkan cita-cita ini, mulai dari waktu, uang, tenaga, dan masih banyak lagi. Tujuan kampusnya pun nggak nanggung-nanggung, yaitu bisa masuk kampus top dunia. Alasannya beragam, ada yang ingin membangun jaringan baru di tempat studi, mendapatkan pengalaman kerja internasional, meningkatkan kemampuan bahasa asing, dan lain-lain. Kalau kamu juga termasuk orang yang bercita-cita kuliah di luar negeri, setidaknya masukkan satu atau lebih sepuluh universitas terbaik di dunia ini ke dalam daftar buruanmu.

1. Harvard University

via 2u.com

Harvard University sudah dikenal sebagai kampus terbaik di dunia. Perguruan tinggi yang satu ini sudah ada sejak 1636 sekaligus menjadi kampus tertua di Amerika Serikat. Sejauh ini, sudah ada lebih dari 20.000 calon lulusan mahasiswa yang meliputi jenjang sarjana, pascasarjana, dan profesional.Tercatat, Harvard Unversity sudah memiliki 360.000 alumni di seluruh dunia. Kamu bisa menemukan kampus ini di Cambridge dan Boston, Massacussetts.

Adapun fakultas yang dimiliki perguruan tinggi ini, yaitu Harvard Business School, Harvard Faculty of Arts and Sciences, Harvard University Graduate School of Design, Harvard Medical School, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Public Health, dan Kennedy School of Government.

2. Stanford University, Universitas Terbaik di Dunia

via nypost.com

Di urutan kedua, ada Stanford University sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia. Kampus yang satu ni sudah ada sejak tahun 1891. Sampai saat ini, Stanford memiliki 7 sekolah dan 18 institut interdisiplin. Selain itu, kampus ini juga bisa menampung 16.000 mahasiswa dan memiliki 2.100 fakultas.

Selain menjadi tempat mengenyam pendidikan para tokoh dunia, Stanford University juga menjadi lokasi studi artis kenamaan Indonesia, Maudy Ayunda. Perempuan berusia 24 tahun tersebut kini mengambil studi S2 jurusan bisnis. Sudah pintar, humble, cantik, berbakat lagi. Kamu mau kayak dia?

3. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

via wbur.org

Kampus dengan motto ‘Mens et manus‘ atau pikiran dan tangan ini dinobatkan sebagai universitas terbaik di dunia di urutan ketiga. MIT sendiri berdiri sejak 1861 di Cambridge. Dilansir dari Kompas.com, kampus ini hanya menerima sebanyak 1.427 mahasiswa saja, sedangkan pelamarnya bisa mencapai 21.312 orang. Hingga saat ini, mahasiswa MIT tercatat sebanyak 11.520 orang dengan rincian 4.000 mahasiswa sarjana dan 6.000 mahasiswa pascasarjana.

4. Universitas of California Berkeley

via berkeleyside.com

Universitas terbaik di dunia selanjutnya ada University of California. Kampus ini sudah eksis sejak 1868 silam. Hingga tahun 2018 silam, University of California ini sudah menampung 30.853 mahasiswa sarjana dan 11.666 mahasiswa pascasarjana.

Kampus dengan 350 jurusan ini menjadi salah satu dari sepuluh universitas terbaik di Amerika Serikat. Untuk tahun 2017–2018, Barkeley dinobatkan oleh Academic Ranking of World Universities (ARWU) sebagai kampus kelima terbaik di dunia. Selain itu, CWUR juga menempatkan Berkeley di urutan keenam secara Internasional.

5. University of Washington

Di urutan kelima ada University of Washington. Perguruan tinggi yang berlokasi di Seattle, Tacoma, dan Bothell ini memiliki 1.800 program sarjana untuk setiap kuartal. Selain itu, UW sudah mencatatkan lebih dari 12.000 lulusan sarjana, magister, doktor, dan profesional setiap tahunnya.

Adapun bangunan dan fasilitas yang disediakan universitas ini, yaitu Academic buildings, Libraries, Apartments, District center, Herb garden, Plant lab, Auditorium, Health and sciences center, Medical center, Clinic, Stadium, Softball field, Practice facility, Activities center, Indoor center, Tennis courts, Sports fields, Soccer field, Theatre, Observatory, dan Museum.

6. University of Michigan

via bridgemi.com

University of Michigan aldalah salah satu universitas terkemuka sekaligus tertua yang berlokasi di Detroit, Michigan, Amerika Serikat. Kampus yang didirikan tahun 1817 ini memiliki 19 kampus, mulai dari Arsitektur dan Perencanaan Kota hingga Kebijakan Publik. Pada tahun 2019, tercatat sebagian besar mahasiswa berasal dari 82 wilayah Michigan, 50 negara bagian, dan 139 negara di dunia.

Kampus ini populer dengan bidang riset dan penelitiannya. University of Michigan  awalnya memang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan riset di wilayah Amerika Serikat khususnya di Ann Harbor.

7. University of Oxford, Universitas Terbaik di Dunia

via indiatvnews.com

University of Oxford juga ada di urutan ketujuh universitas terbaik di dunia versi Webometrics. Perguruan tinggi dengan perpustakaan terbesar di Britania Raya ini menjadi pusat pembelajaran, pengajaran, dan penelitian. Sejauh ini, ada 24.000 mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Oxford, dengan rincian 11.930 mahasiswa sarjana dan 11.813 mahasiswa pascasarjana. Selain itu, tidak sedikit lulusan Universitas Oxford yang menerima masing-masing 58 hadiah Nobel.

8. John Hopkins

via cumuonline.org

Didirikan tahun 1876, John Hopkins University menjadi perguruan tinggi penelitian pertama di Amerika. Universitas yang berada di kawasan Baltimore, Maryland ini menawarkan 52 jurusan, mulai dari seminar kepenulisan hinggga studi Afrika. Universitas ini juga terbagi ke dalam tiga kampus basis, yaitu di Baltimore, Maryland, dan United Stated. Selain itu, mahasiswa juga bisa memilih cabang kampus lainnya seperti Washington, D.C., Italia, Cina, dan Singapura.

9. Columbia University, Universitas Terbaik di Dunia

via health.columbia.edu

Columbia University merupakan perguruan tinggit tertua di New York yang didirikan pada tahun 1754 sebagai King’s College. Pada tahun 2019, perguruan tinggi ini menerima 2.245 calon mahasiswa dari total 42.569 pelamar. Bahkan, orang-orang ternama mulai dari Barack Obama sampai Cinta Laura Kiehl juga pernah mengenyam pendidikan disini, lho!

Adapun fakultas yang disediakan Columbia University, yaitu Sekolah Kedokteran Gigi, Sekolah Kedokteran dan Bedah, Sekolah Bisnis Columbia, Sekolah Hukum Columbia, Sekolah Jurnalisme Columbia, Sekolah Kesehatan Masyarakat Mailman, Sekolah Pasca-Sarjana Arsitektur, Perencanaan dan Pelsetarian, Sekolah Pasca-Sarjana Seni dan Sains, School of International and Public Affairs, Sekolah Perawat, Sekolah Pekerja Sosial, dan Sekolah Seni.

10. Cornell Unversity, UNiversitas Terbaik di Dunia

via Cornell University

Posisi terakhir ditempati oleh UniversitasCornell. Perguruan tinggi dengan maskot ‘big red bear‘ atau beruang merah besar ini berlokasi di Ithaca, New York dan sudah berdiri sejak 1865. Mulanya, universitas ini berstatus private university (universitas privat) dan public mission (misi publik). Sampai tahun 2019, Cornell University menampung  24.027 mahasiswa dan 1.684 profesor.

Berikan komentarmu