Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

10 Tips Mengatasi Ngantuk Saat Puasa Ini Mudah Dilakukan

Spread the love

Mengantuk saat puasa bisa dialami banyak orang. Terganggunya waktu tidur akibat sahur bisa membuat kamu terkantuk-kantuk di siang harinya. Btw, ini adalah hal yang wajar karena kamu hanya punya energi yang lebih sedikit. Untuk mengatasinya tentu saja bukan dengan tidur lagi setelah sahur. Selain hukumnya makruh secara agama, tidur setelah sahur juga bisa menyebabkan kesehatan kamu terganggu. Mulai dari obesitas, asam lambung naik, meningkatkan kadar gula darah, dan masih banyak lagi. Untuk itu, mengatasi ngantuk saat puasa bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan aman. Bagaimana? Langsung aja simak rangkumannya di bawah ini.

1. Mengatasi Ngantuk saat puasa dengan mengatur Jam tidur

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Memasuki bulan puasa, otomatis pola tidur kamu juga akan berubah. Yang biasanya bangun jam lima subuh, kini kamu harus sudah terjaga dua jam lebih awal. Perubahan pola tidur ini menjadi salah satu penyebab kamu jadi mudah ngantuk. Biasanya, rasa kantuk ini sering terjadi pada siang hari dan tentu akan mengganggu aktivitas kamu.

Agar hal ini tidak terjadi, segera ubah pola tidur kamu. Usahakan tidak begadang agar kamu nggak pusing saat bangun sahur. Jangan juga sengaja nggak tidur karena itu hanya bakalan bikin kamu lemas dan malas beraktivitas. Jika tidak ada lagi pekerjaan, kamu bisa langsung tidur setelah solat taraweh. Dengan mendapatkan istirahat yang cukup, insyaallah kamu nggak bakalan lemes pas siang harinya, apalgi ngantuk.

2. Mandi dengan air dingin

Photo by Jonathan Andrew from Pexels

Pas lagi ngantuk-ngantuknya, beranjak dari kasur aja rasanya malas. kalau terus-terusan mager di atas kasur, yang ada kamu bakalan bablas ketiduran sampai siang. Solusinya adalah mandi di pagi hari dengan air dingin. Memang terdengar malesin banget, tapi cara ini dinilai cukup ampuh untuk mengusir rasa kantuk. Suhu air yang dingin dapat melancarkan sirkulasi darah dan memberi energi pada tubuh, jadi ini cocok banget buat kamu yang mageran tapi pengen banyak duit. So, mulai dari sekarang kuatkan mental untuk menyentuh air dingin di pagi hari. Jangan coba-coba masak air hangat karena itu mah sama aja boong. Yang ada kamu makin ngantuuuuuk!

3. Mengatasi ngantuk saat puasa dengan berwudhu

via youtube.com

Kalau kamu tinggal di daerah super dingin seperti Lembang atau Pangalengan, mandi air dingin di pagi hari mungkin tidak bisa dibenarkan. Jadi, gimana solusinya? Caranya, kamu bisa ambil air wudhu setelah sahur. Btw, wudhunya tetap pake air dingin, ya! Wudhu setelah sahur juga bisa membuat kamu lebih terjaga dan meningkatkan konsentrasi. Air yang mengalir pada lengan dan kaki bisa meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mampu mengirimkan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel-sel tubuh. Jadi, abis sahur langsung wudhu, terus solat subuh, lalu tadarusan. Jangan tidur lagi.

4. Melakukan peregangan 

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Merasa mudah ngantuk di siang hari nggak cuma disebabkan pola tidur yang buruk. Bisa saja karena kamu kurang bergerak atau kelamaan duduk untuk menuntaskan pekerjaan. Dengan tidak adanya pergerakan sama sekali, siap-siap saja kamu merasa lelah dan ngantuk di siang harinya. Solusinya adalah dengan melakukan peregangan ringan. Aktivitas ini bisa melemaskan otot-otot  kamu biar nggak kaku. Setelah peregangan, kamu bisa melanjutkan dengan berjalan kaki sambil menghirup udara segar. Dengan begitu, aliran darah ke seluruh tubuh akan lancar dan asupan oksigen ke otak cukup ampuh mengusir rasa kantuk.

5. Mengatasi ngantuk saat puasa dengan Latihan pernapasan

Photo by Kelvin Valerio from Pexels

Untuk mengusir rasa ngantuk saat puasa, kamu bisa melakukan latihan pernapasan. Ada tiga tahap, yaitu menarik napas melalui hidung, hirup napas dalam-dalam dengan menggunakan diafragma, kemudian hembuskan dengan perlahan. Dengan cara ini,  kualitas dan kapasitas oksigen yang masuk dalam tubuh akan semakin baik. Melansir Healthline, kalau kamu bernapas ‘asal-asalan’, oksigen yang mencapai sel, otak, dan hati akan semakin sedikit. Jika kekurangan oksigen,  organ-organ tersebut tidak bisa berfungsi maksimal. Latihan ini tentu saja bisa kamu terapkan setiap hari, ya, dan nggak hanya saat bulan puasa saja.

6. Ubah suasana meja kerja

Photo by Ken Tomita from Pexels

Bulan puasa kali ini masih harus berdampingan dengan pandemi. Sebagian pekerja kantoran mulai dirumahkan dan mereka hampir menghabiskan 24 jam waktunya di rumah. Untuk itu, meja khusus kerja di rumah pun mulai diatur. Namun, pemandangan tersebut tentu saja akan terlihat membosankan dan jadinya kamu malah ngantuk. Tia hari liat lembaran dokumen, liat layar laptop, posisi di situ-situ aja, dan kebosanan lainnya. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa melakukan sedikit perombakan. Misalnya, memindahkan meja kerja, menambah aksesoris di atas meja, menambahkan aroma terapi yang menyegarkan, dan masih banyak lagi. Mudah-mudahan saja cara ini bisa membuat kamu semakin semangat kerja di tengah ramadhan yang penuh berkah. Aamiin.

7. Mengobrol dengan keluarga atau teman

Photo by Tim Douglas from Pexels

Penyebab puasa bikin ngantuk bisa jadi karena kamu introvert nggak banyak ngobrol sama kelaurga atau teman. Ngobrolnya yang yang bener-bener face to face karena kalau chattingan bisa aja kamu ketiduran (kalau emang bahasannya nggak seru). Kamu bisa ngobrol topik apa aja bareng keluarga. Entah itu soal karir, keuangan, percintaan, dan masih banyak lagi. Kalau perlu curhat aja sekalian biar ngantuknya bener-bener ilang. Tapi, jangan sampai ghibah karena pahala kamu bakalan lapur alias sia-sia aja selama bulan puasa. Ngomongin yang baek-baek aja 🙂

8. Menyalakan lampu

Photo by Burak K from Pexels

Kondisi cahaya remang-remang biasanya bikin kita ngantuk, apalagi kalau gelap. Ruangan yang kurang pencahayaan memberikan efek yang menenangkan sehingga nggak aneh kalau tidur emang paling enak kalau lampunya dimatiin. Tapi, kalau siang-siang ngantuk bukan berarti kamu harus nyalain semua lampu di rumaaah! Caranya adalah dengan membuka gorden agar sinar matahari masuh. Dengan ruangan yang lebih terang, tubuh kamu akan lebih waspada dan terhindar dari serangan kantuk. Biar nggak penasaran, eksekusi aja langsung.

9. Mengatasi ngantuk saat puasa dengan olahraga ringan

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Olahraga juga diperlukan saat bulan puasa. Selain bikin bugar, olahraga juga bisa membuat kamu segar di bulan puasa. Namun, olahraga yang dilakukan tentu saja yang aktivitasnya ringan. Olahraga yang berat hanya akan membuat kadar gula darah rendah, sehingga kamu akan merasa pusing dan lemas.

Olahraga yang bisa kamu lakukan saat berpuasa adalah jalan kaki atau yoga. Olahraga yang satu ini sangat ringan karena tidak membutuhkan banyak tenaga. Selain itu, yoga juga bisa dilakukan di rumah saja dengan bantuan Youtube. Jalan kaki juga asik. Kamu bisa sambil ngabuburit sambil jajan buat buka puasa nanti. Kalau kayak gitu, jangan lupa pakai masker, yes.

10. Tidur siang

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Solusi paling tepat dalam mengatasi kantuk adalah tidur. Aktivitas yang satu ini sangat ampuh menghilangkan kantuk dalam sekejap dan please, admin don’t be stupid. Tidur ini bisa kamu lakukan pada siang harinya agar kamu nggak terlalu ngerasa lelah saat bekerja. Lagi, jangan tidur sehabis sahur karena itu nggak baik. Jangan juga tidur sampe magrib karena waktu kamu akan terbuang dengan percuma. Sayang aja gitu, pahala pas puasa harus sirna gara-gara kamu mimpi indah di siang bolong.

Itulah sepuluh cara mudah mengatasi ngantuk saat puasa. Dengan melakukan aktivitas positif dan pola tidur yang baik, kamu bisa terhindar dari serangan kantuk. Semoga bermanfaat, yaaaa!

Berikan komentarmu