Share this
Share

Share

shares

10 Tips Diet Paling Mudah dan Sehat Agar Tubuh Lebih Ideal

13 November 2020  Ajeng

Tubuh yang gemuk bisa jadi masalah bagi sebagian orang. Tidak sedikit yang kehilangan kepercayaan diri dengan kondisi tubuhnya tersebut. Akibatnya, banyak yang mencari jalan pintas dengan mengonsumsi pil pelangsing atau melakukan sedot lemak. Padahal, cara yang tidak alami tersebut bisa saja beresiko untuk kesehatan kamu di masa mendatang. Menurunkan berat badan sebenarnya bukan perkara yang mudah. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk mencapai berat badan yang ideal. Alih-alih menggunakan cara yang ‘ekstrem’, kamu bisa menggunakan cara yang aman dan sehat saja. Bagaimana caranya? Yuk, simak tips diet paling mudah dan sehat berikut ini.

1. Minum Air Putih yang Cukup

via pexels.com

Minum air putih menjadi salah satu jalan ninja untuk menurunkan berat badan. Minum air putih sebelum makan bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, kamu juga bisa lebih cepat merasa kenyang sehingga makanan yang dikonsumsi pun akan lebih sedikit. Namun, kurang-kurangi minum-minuman mansi, ya! Gula yang terkanung di dalamnya sangat tidak baik untuk kamu yang sedang diet. Bisa-bisa tambah gemuk!

2. Tips Diet Paling Mudah, Sarapan Setiap Hari

via pexels.com

Sarapan menjadi aktivitas yang biasanya sering terlewatkan. Entah itu karena terburu-buru ngantor atau memang malas saja. Padahal, rutin sarapan bisa banget menurunkan berat badan, lho! Sarapan bisa mencegah kamu makan berlebihan pada siang harinya. Oleh karena itu, biasakan sarapan dengan menu sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, roti ganum, dan susu rendah lemak. Sebisa mungkin hindari sarapan dengan karbohidrat berlebih karena bisa membuat kamu ngantuk. Msailnya, nasi goreng, nasi kuning, dan sejenisnya. Kamu juga bisa membawa bekal sendiri untuk makan siang nanti dengan menu yang sehat juga.

3. Menambah Asupan Protein

via pexels.com

Tips diet paling mudah lainnya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak protein. Dengan mengonsumsi protein, tubuh kamu juga akan melakukan pembakaran kalori secara bersamaan. Selain itu, protein juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Makanan yang mengandung protein antara lain telur, kacang almond, dada ayam, susu, brokoli, daging sapi tanpa lemak, semua jenis ikan, dan masih banyak lagi. Jadi, sertakan menu makanan tinggi protein untuk makan siang kamu, ya!

4. Mengurangi Makanan Kemasan dan Olahan

via pexels.com

Aneka junk food dan makanan kemasan memang sangat memanjakan lidah. Nggak jarang kamu ketagihan membelinya, bahkan sampai rela berburu promo demi makanan yang ‘tidak ramah di perut’ ini. Jika terlalu sering mengonsumsinya, berat badan kamu pasti akan naik. Junk food dan makanan kemasan umumnya mengandung bahan pengawet dan juga tinggi lemak, kalori, dan gula. Agar diet kamu tidak sia-sia, hindari dulu makanan instan dan junk food, ya!

5. Sering Mengonsumsi Sayur dan Buah

via pexels.com

Salah satu cara alami untuk menurunkan berat badan adalah dengan menginsumis sayur dan buah-buahan. Keduanya terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi serta nutrisi lainnya yang baik untuk diet. Selain itu, buah-buahan dan sayuran juga rendah kalori, sehingga aman jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Kamu bisa mengonsumsi apel, kiwi, jeruk, pisang, alpukat, melon, dan masih banyak lagi. Jadi, kalau kamu lapar tengah malam, ada baiknya konsumsi buah atau sayuran saja.

6. Membatasi Konsumsi Karbohidrat

via pexels.com

Karobohidrat dalam jumlah yang banyak sebaiknya dihindari jika kamu sedang diet. Karbohidrat bisa meningkatkan kandungan gula yang ada pada tubuh. Jika berlebih, gula tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak. Oleh karena itu, konsumsilah karbohidrat secukupnya, dan bukan berarti kamu tidak perlu mengonsumsinya. Kamu bisa mengganti nasi dengan karbohidrat kompleks yang lebih sehat. Misalnya, quinoa, roti gandum, nasi merah, jagung, singkong, dan masih banyak lagi.

7. Tips Diet Paling Mudah, Tidur yang Cukup

via pexels.com

Terlalu sering begadang tidak baik bagi kamu yang sedang diet. Kurang tidur membuat hormon yang berkaitan dengan nafsu makan akan terganggu sehingga kamu akan merasa sering lapar. Untuk itu, tidurlah yang cukup minimal tujuh sampai sembilan jam sehari. Matikan handphone dan perangkat lainnya menjelang tidur agar tidak terganggu.

8. Tips Diet Paling Mudah, Berolahraga

via pexels.com

Selain menjaga pola makan dan tidur, jangan lupa juga untuk berolahraga. Mengerakan tubuh secara rutin dan disiplin bisa membantu menunrunkan berat badan lebih cepat. Kamu bisa melakukan berbagai macam olahraga seperti bersepeda, kardio, berenang, jogging, senam, zumba, dan masih banyak lagi. Lakukan secara rutin dengan durasi 30 menit saja per hari.

9. Makan dalam Porsi Kecil

via pexels.com

Porsi makan khusus kamu yang sedang diet rupanya tidak sama seperti orang pada umumnya. Kamu dianjurkan untuk makan lebih sering, namun dengan porsi yang kecil. Kamu bisa makan 4-5 kali sehari dengan porsi yang lebih kecil sehingga asupan kalori juga akan berkurang. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan wadah yang lebih kecil dari biasanya.

10. Tips Diet Paling Mudah, Mengonsumsi Teh Hijau

via pexels.com

Daripada mengonsumsi pil pelangsing, lebih baik kamu mengonsumsi teh hijau saja.The hiau dipercaya bisa menurunkan berat badan secara alami. Caranya adalah dengan mengonsumsinya sebelum makan secara teratur. Dengan demikian, kamu akan merasa lebih kenyang sehingga porsi makan pun tidak akan terlalu besar. Biarkan rasanya plain alias tidak ditambah gula, ya!

Itulah sepuluh tips diet paling mudah yang bisa langsung kamu coba. Lakukan secara rutin dan disiplin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Ini tentu saja cara yang lebih aman dibandingkan dengan mengonsumsi zat-zat kimia atau tindakan medis yang cenderung beresiko untuk kesehatan tubuh kamu.

 

 

 

 

 

 

Berikan komentarmu

Related articles

 #aktivitas agar berat badan turun #buah untuk menurunkan berat badan #cara mengecilkan paha #cara mengecilkan pantat #cara mengecilkan perut #cara mengecilkan pinggang #cara mengecilkan pipi #cara menurunkan berat badan #efek begadang pada berat badan #makanan pengganti nasi #makanan untuk diet #minuman untuk diet #olahraga untuk diet #porsi nasi untuk diet #tips diet dalam seminggu #tips menurunkan berat badan secara alami #tips menurunkan berat badan setelah melahirkan
Share di whatsapp

Pilihan editor