10 Tempat Angker di Semarang, Spot Seru Berburu Dedemit

Spread the love

Aktivitas uji nyali bukanlah hal sepele karena nggak semua orang bisa melakukannya. Perlu keberanian ekstra saat menghadapi situasi jumpscare seperti sosok kunti yang tiba-tiba melayang tepat di depan mata. Untuk itu, spot uji nyali pun biasanya dilakukan di tempat-tempat yang minim cahaya dan aktivitas manusia. Nggak heran karena makhluk tak kasat mata sangat suka dengan spot-spot tersebut, sehingga aktivitas uji nyali kurang lebihnya nggak sia-sia banget. Di Kota Lumpia, spot-spot uji nyali rupanya nggak bisa dihitung dengan jari. Setidaknya ada sepuluh tempat angker di Semarang yang bisa kamu kunjungi untuk berburu para dedemit. Semoga beruntungg..!

1. Candi Gedong Songo

Wisata sejarah yang satu ini rupanya kental juga dengan suasana mistisnya. Candi Gedong Songo memiliki beragam kisah mistis yang terkenal di kalangan masyarakat maupun wisatawan. Salah satunya adalah mitos pasar gaib yang ada di kawasan Candi ini. Dulu, sempat ada kejadian kesurupan salah satu pengunjung. Katanya, dia nggak sengaja masuk ke area pasar gaib tersebut, sehingga penunggu disana merasa terganggu. Kamu yang punya nyali cukup besar, bisa lah curi-curi waktu buat uji keberanian disini.

2. Tempat Angker di Semarang: Hutan Tinjomoyo

Hutan Tinjomoyo rupanya tidak kalah seram dengan Candi Gedong Songo. Kawasan yang  dijadikan objek wisata dengan suguhannya yang masih sangat alami ini terkenal dengan cerita-cerita angkernya. Menurut cerita yang beredar, kawasan tersebut memiliki gerbang menuju tempat peristirahatan gaib. Gerbang tersebut konon dijaga oleh gumpalan api.  Selain itu, Hutan ini juga sempat viral gara-agar ada peristiwa pembunuhan yang masih jadi misteri hingga saat ini. Gimana, berani nge-camp disini?

3. Hotel Sky Garden

Hotel Sky Garden menjadi salah satu penginapan terbengkalai yang eksistensinya terkenal di kalangan masyarakat lokal. Karena sudah tidak beroperasi sejak tahun 1980-an, hotel yang sempat berjaya ini kini menyisakan kesan angker. Hotel peninggalan zaman Belanda itu kini dijuluki kerajaan setan. Menurut pengakuan warga sekitar, di dalamnya seringkali terdengar aktivitas-aktivitas mistis, seperti suara-suara teriakan, benda-benda yag seperti bergeser dengan sendirinya, dan masih banyak lagi. Kalau penasaran mau uji nyali disana, datang aja langsung ke kawasan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah.

4. Tempat angker di semarang: Tanjakan Gombel

Masyarakat setempat percaya kalau jalanan Bukit Gombel di Ngesrep Kecamatan Banyumanik ini juga dihuni leh sejumlah dedemit. Jalan yang sudah bertengger pada masa kolonialisme Hindia Belanda ini  sempat mendapatkan perlawanan sengit dari masyarat etnis Tionghoa pada saat pembangunannya. Pasalnya, mereka tidak rela kalau bukit Gombel yang merupakan kawasan makam para leluhur Tionghoa ini dijadikan sebuah jalan besar.

Jalan ini juga jadi saksi bisu para korban kecelakaan. Penghuni-penghuni gaib kawasan ini pun sering mengganggu para pengendara supaya mereka celaka. Godaannya bisa berupa suara-suara misterius, atau bahkan penampakan seram.

5. Gereja Katholik St Yusuf Gedangan

Gereja Katholik St Yusuf merupakan salah satu tempat peribadatan yang berlokasi di Gedangan Kota Semarang. Selama bertengger, bangunan gereja ini sempat rumpuh dan menyebabkan beberapa orang luka-luka. Sejak kejadian itu, beberapa orang mengaku sering melihat penampakan-penampakan misterius. Katanya ada sosok pastur bule yang sering berkeliling gereja setiap malam. Selain itu, warga juga sering dikejutkan dengan suara lonceng gereja yang berbunyi dengan sendirinya.

6. SMA N 1 Semarang

Setiap sekolah pasti punya cerita mistisnya masing-masing. Salah satunya adalah SMA N 1 Semarang yang sempat berfungsi sebagai asrama sekolah pendidikan untuk tentara Jepang dan Rumah Sakit Tentara di zaman pemerintah Belanda selama beberapa bulan saja.

Sekolah ini katanya memiliki lorong bawah tanah rahasia yang konon terhubung dengan ruang bawah tanah Lawang Sewu. Aula sekolah ini juga memiliki sebuah aula yang katanya sangat seram. Siswa disana juga mengaku sering melihat penampakan tentara Belanda, Jepang, dan pribumi yang sering berkeliling di sekitar koridor kelas. ada juga sosok dua orang noni Belanda bergaun cantik yang sesekali menampakan dirinya di sudut sekolah.

7. Tempat angker di Semarang: RUMAH ABRAHAM FLETTERMAN

Rumah Abraham Fletterman kini dikemas begitu cantik dan sering dijadikan lokasi prewedding. Namun, sebelumnya bangunan ini tidak terawat dan memberikan kesan mistis. Bangunan bergaya kolonial Belanda ini katanya dihuni sosok yang menyeramkan. Nggak sedikit warga yang mengalami pegalaman mistis saat melintas di area tersebut. Salah satunya adalah melihat penampakan perempuan berambut panjang yang sering berkeliling di sekitaran halaman rumah. Berkat suasana mistis ini, Rumah Abraham sempat dijadikan lokasi syuting film Beranak Dalam Pendam yang diperankan Suzanna.

8. Gedung Bekas Pabrik Gas

Pabrik Gas di Semarang ini semula dinamakan Nederlandsch Indische Gas Maatschappij. Pabrik gas yang berdiri pada masa Pemerintahan Hindia Belanda ini sempat terendam luapan sungai, sehingga tidak ada lagi aktivitas di dalamnya. Sejak saat itu, bekas pabrik tersebut terbengkalai dan menyuguhkan suasana yang mencekam. Salah seorang penjaga pernah mengalami pengalaman mistis, yaitu mendengar suara orang bercanda dan bekerja dari dalam bangunan kosong ini. Padahal di dalamnya jelas tidak ada siapa-siapa. Gimana, cocok banget nggak buat uji nyali?

9. Rumah Setan

Di Semarang, ada sebuah bangunan yang sering dijuluki Rumah Setan. Lokasinya tidak jauh dari Stasiun Poncol. Rumah tersebut katanya sering dijadikan markas para penganut aliran sesat. Bahkan ada warga yang pernah jadi petugas kebersihan di sana mengaku sering diganggu oleh para tak kasatmata, seperti diperlihatkan hantu suster ngesot, mendengar suar amesin tik, dan menyaksikan hantu tentara sedang baris berbaris. Namun, rumah setan ini kini bertengger begitu manis usai difungsikan menjadi pusat pertokoan.

10. Tempat Angker di Semarang: Rumah Spanyol

Tempat angker di Semarang lainnya adalah Rumah Spanyol. Rumah yang terkenal horor ini pernah dijadikan lokasi syuting film Bernapas dalam Kubur yang dilakoni oleh Suzanna. Bangunannya berdiri megah, lengkap dengan gaya arsitekturnya yang khas Eropa. Dan kalau kamu memasuki bangunan ini, siap-siap saja merasakan perasaan merinding. Pepohonan di sekelilingnya konon juga menjadi hunian nyaman para dedemit.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu