10 Taman Labirin: Seru, Menantang, dan Menguji Kesabaran

Spread the love

Berjalan-jalan ke sebuah taman tentu bisa memberikan rasa nyaman, apalagi kalau kita memang sedang me time. Nggak hanya ada aneka tanaman dan bunga, tetapi biasanya ada juga fasilitas spot foto cantik dan juga wahana-wahana permainan. Namun, apa jadinya kalau fokus bersantai kita teralihkan dengan adanya taman yang dikemas menjadi sebuah labirin. Bayangin aja, kita malah lebih tertarik bermain di dalamnya, atau kalau bisa sampai bermain petak umpet. Kalau labirin tersebut memiliki lorong yang terlalu rumit, jelas kita bakal lebih kesulitan untuk mencari jalan keluarnya. Dan disitulah letak keseruannya. Buat kamu yang belum pernah merasakan keseruan di Taman Labirin, intip aja dulu daftar tempatnya di bawah ini.

1. Taman Labirin Bunga Nusantara

Saat berkunjung ke Taman Bunga Nusantara Cianjur, kita bisa menemukan sebuah taman labirin dengan lahan yang cukup luas. Taman ini seringkali disebut sebagai Taman Cipanas, sesuai dengan lokasi bertenggernya ini tempat tersebut. Menariknya, taman ini dikemasi dengan pola Renaissance, yang memiliki makna tersendiri. Pola tersebut mengisahkan Legenda Theseus bersama Putri Adriane yang menempuh perjalanan tak berujung.

Saat memasuki labirin yang super luas ini, mungkin kita bakalan dibuat bingung. Mau nggak mau, kita harus banyak-banyak bersabar dan gigih dalam menemukan jalan keluarnya. Jadi, bisa dipastikan kalau rute di taman ini memang cukup menantang. Bayangin aja, kita bakal terus bertemu dengan dinding pohon yang menjulang tinggi dan rapat di sepanjang lorong.

2. Taman Labirin Coban Rondo

Selain Cianjur, Malang juga punya wisata taman berlika-liku yang nggak kalah cantiknya. Lokasinya tepat ada di Jalan Coban Rondo, Pandesari, Kecamatan Batu, Malang, Jawa Timur. Di Taman yang satu ini, kita bisa leluasa untuk bermain hide and seek. Tempat ini tergolong cukup luas, sehingga kamu bisa menemukan banyak spot untuk bersembunyi. Nggak usah khawatir ketauan dan ketangkep karena dinding pemisah taman ini tingginya mencapai 2 meter. Namun, permainan hide and seek ini bisa aja nggak selesai saking rumitnya lorong-lorong tersebut. Cobain aja, menguras pikiran dan tenaga banget!

3. Wana Wisata Batu Raden

Di Wana Wisata Baturraden, kita juga bisa menemukan Taman berliku-liku. Tidak seperti sebelumya, taman yang satu ini tidak terlalu tinggi dan tidak punya rute yang membingungkan. Namun, kita bisa merasa puas meski hanya mengitari jalan yang simpang siur tersebut. Bisa foto-foto sejenak, atau bermain kejar-kejaran dengan saudara.

Setelah puas bermain di taman tersebut, kita bisa mencoba fasilitas lainnya yang ada di Wana Wisata ini. Mulai dari rumah pohon, kebun bunga berwarna-warni, spot berfoto, dan suasana pedesaan yang masih alami. Kalau mau aktvitas yang menantang, bisa banget nyobain outbond, sepeda layang, taman payung, taman bola gantung, dan lainnya.

4. Balai Kota Bandung

Bandung emang nggak pernah ngecewain kalau soal tempat wisata. Salah satunya ada Taman Labirin yang lokasinya tepat berada di Balai Kota Bandung, Jalan Watukencana No. 2 Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung. Taman yang satu ini punya empat sisi sebagai jalan masuknya. Meski ngga terlalu tinggi, kita masih bisa nge-chill di dalamnya, dan mengambil foto dengan latar belakang yang cantik. Taman ini punya satu daya tarik, yaitu fasilitas gembok cinta yang mirip dengan wisata di Bali. Kita bisa membeli gembok cinta disana dan menuliskan nama kita dan pasangan. Ini tentu saja buat seru-seruan, dengan harapan hubungan bisa terus terjalin.

5. Simalem, Medan

Di daerah Bukit Merek, Tanah Karo, Sumatera Utara, kitra bisa menemukan sebuah Taman berliku-liku dengan suguhan pemandangan yang asri dan menyejukan. Taman in imemiliki panjang kurang lebih setengah kilometer yang ditata rapi, dengan jalan berliku-liku seperti teka-teki. Ketinggiannya lebih dari satu meter, sehingga kamu nggak bisa ngintip untuk mencari jalan keluarnya. Kalau sudah puas bermain disini, kamu bisa langsung melipir ke Pearl of Lake TobaTwin Waterfall, Kebun Binatang Mini, One Tree HillPaintball, Lapangan Outbond dan spot berfoto.

6. Taman Labirin Longleat Hedge Maze, Inggris

Di luar negeri, tepatnya di Inggris, Taman Labirin juga bisa kamu temukan. Namanya Longleat Hedge Maze. Taman yang satu ini dinobatkan sebagai salah satu taman labirin terbesar dan terpanjang di dunia. Untuk itu, jagan biarkan adik atau saudara berkeliaran disana sendirian di taman seluas 1,5 hektar ini. Bahkan, pengunjung yang sudah “terjebak” di dalamnya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk bisa mencari pintu keluar. Biar nggak tersesat, kita bisa naik ke salah satu dari enam jembatan kayu yang tersebar di taman, jadi kita bisa lebih mudah melihat rute labirin ini.

Taman yang satu ini sangat terawat. Pengelola mengerahkan enam orang tukang kebun untuk melakukan perawatan secara berkala. Konyolnya, tukang kebun baru bisa juga tersesat di taman ini.

7. Reignac-sur-Indre Maze, Perancis

Reignac-sur-Indre Maze juga menjadi Taman Labirin dengan rute yang menarik. Jika dilihat dari ketinggian, bentuknya rupanya melingkar, dengan rute jalan yang lumayan rumit. Menariknya lagi, taman ini selalu berubah-ubah bentuk setiap tahunnya. jadi, pengunjung nggak bakalan bosan datang kesini berkat suasana baru tersebut.

Taman yang satu ini akan menampilkan jalur-jalur berliku dengan tanaman bunga matahari yang cantik yang menjadi tanaman penghalangnya di musim panas. Sedangkan saat musim gugur, bunga matahari tersebut akan dipanen dan diganti dengan tanaman serta pola desain yang baru. Unik, ya..

8. Ashcombe Maze, Australia

Beralih ke Australia, kita bisa berkunjung Ashcombe Maze yang merupaka taman tertua dan terbesar di Negara berjuluk Land of Oz ini. Taman ini mulai dibangun pada 1970-an dengan desain ala era Victoria. Yang lebih menarik adalah semak Cupresses Macrocarpa yang digunakan untuk dinding taman tersebut yang tebal dan tinggi.

Di Ashcombe Maze ini, pengunjung bisa memainkan Big Gnome Hunt. Mereka harus mencari dan menuliskan nama-nama gnome (patung mungil) di taman ini. Yang nggak kalah menarik dari taman ini adalah adanya labirin lavender sebanyak 3000 tanaman dan labirin mawar sebanyak 1200 tanaman.

9. Peace Maze Castlewellan, Irlandia

Peace Maze merupakan salah satu taman kebanggaan masyarakat Irlandia Utara. Taman yang satu ini dibangun menggunakan 6000 Pohon Yew dengan tujuan untuk memperingati upaya perdamaian dan rekonsiliasi Irlandia Utara seratus tahun yang lalu. Rancangan taman yang satu ini sengaja diberi batu-batu pijakan yang menjadi simbol langkah yang ditempuh untuk menciptakan kedamaian di tengah konflik etno-politik di Irlandia Utara saat itu.

Untuk bereksplorasi disini, kita benar-benar membutuhkan kesabaran yang ekstra. Rutenya yang luas bisa sangat membingungkan, bahkn membuat pengunjung menyerah di tengah jalan. Salah satu tanda kalau kita sudah dekat jalan keluar adalah kalau menemukan bel “perdamaian”.

10. Taman Labirin Nanas Dole, Hawaii

Taman berliku-liku yang satu ini bisa ditemukan di perkebunan yang terletak di Wahiawa, Hawaii. Taman yang berdiri di lahan seluas dua hektar ini dinobatkan sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Taman ini mulai beroperasi pada tahun 1998 dengan menampilkan sebanyak lebih dari 14.000 tanaman. Menariknya, taman labirin yang terletak di Perkebunan Dole ini punya banyak jalan keluar, sehingga kita nggak perlu panik terjebak di dalamnya.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu