10 Spot Stargazing, Ide Seru Menikmati Gugusan Bintang

Spread the love

Gugusan bintang menjadi perhiasan langit yang bisa memberikan penampakan mewah tersendiri. Karena itulah orang biasanya rela pergi ke dataran tinggi untuk bisa menyaksikan stargazing ini. Penampakan sekelompok bintang tersebut memang tidak selalu nampak di setiap wilayah dan hanya muncul di spot-spot tertentu. Menariknya lagi, spot stargazing tersebut nggak harus selalu ada di dataran tinggi. Kamu juga bisa menjumpainya di pantai, pulau, dan sejenisnya. Buat kamu yang ingin melihat penampakan “langka” ini, boleh banget datang ke sepuluh spot berikut ini.

1. Spot stargazing Pulau Hoga, Wakatobi

Salah satu spot gugusan bintang di Indonesia ada di Pulau Hoga, yaitu salah satu pulau kecil di Wakatobi. Lokasi tersebut lebih sering dijadikan sebagai tempat favorit para peneliti internasional untuk mempelajari ekosistem bawah laut. Namun, wisatawan juga bebas berkunjung kesini. Selain menikmati eksotisme pantai, kamu juga bisa menikmati pemandangan cantik gugusan bintang pada malam hari. Kalau mau berlama-lama tentu saja nggak perlu khawatir. Kamu bisa menyewa Dive Resort untuk sensasi menginap yang seru. Gimana? Tertarik?

2. Gunung Rinjani, NTB

Kalau kamu lebih suka menikmati pemandangan sambil menginap di alam terbuka, Gunung Rinjadi bisa jadi opsi terbaik. Gunung yang merupakan bagian dari Pacific Ring of Fire ini memiliki trek yang cukup menantang, namun suguhan pemandangannya nggak kaleng-kaleng. Untuk bisa sampai di spot stargazingnya, pastikan kondisi fisik dan mental siap, ya. Meski melelahkan, perjuangan kamu bakal terbayarkan dengan panorama cantik dari keinggian. Bahkan kamu juga bisa sekaligus melihat cantiknya Danau Segara Anak 🙂

3. Spot stargazing Kawah Ijen

Kawah Ijen terkenal dengan blue fire yang legendaris. Namun, daya tariknya nggak hanya sampai disitu karena kamu juga bisa menikmati pemandangan gugusan bintang di atas puncak Gunung Ijen. Ngga perlu repot cari sendiri karena pemandu kawah tersebut bakal memandumu mencari spot stargazing terbaik. Untuk itu, pastikan kamu juga berniat untuk bermalam disana karena menikmati pemandangan bintang nggak bakal seru kalau hanya sekejap. Romantis aja gitu kan sambil menyeruput mie instan dan secangkir suus hangattt..

4. Pegunungan Cangar, Batu

Pegunungan Cangar bisa kamu kunjungi dengan berangkat dari Kota Malang maupun Kota Mojokerto. Sepanjang perjalanan, kamu nggak bakalan dibuat bosan berkat suguhan pemandangan hutan dan pegunungan yang lmemesona. Namun, kamu juga bakal dikagetkan dengan jalur dari Mojokerto yang sangat memacu adrenaline.  Pasalnya, kamu bakal melewati jurang, tanjakan serta turunan, sehingga pastikan kamu dan teman-teman lainnya tetap fokus dan berhati-hati.

Pegunungan Cangar juga punya daya tarik lainnya, apalagi kalau bukan jadi spot stargazing terbaik di Malang. Spot ini tentu jadi buruan para pendaki karena kapan lagi bisa bersantai sambil ditemani pemandangan bintang berkelap-kelip. Pas banget lah sambil dengerin lagu Wish You Were Here 😀

5. Segara Anak, NTB

Danau Segara Anak juga jadi spot terbaik untuk melihat gugusan bintang di Nusa Tenggara Barat. Danau Segara Anak sendiri berlokasi nggak jauh dari kawah yang ada di kaki Gunung RinjaniBiasanya, orang datang kesini nggak dengan tangan kosong. Mereka riweuh bawa tenda dan seperangkat alat berkemah demi bisa menikmati pemandangan cantik langit di tepi danau. Untuk itu, pastikan kamu datang saat cuaca malam sedang cerah, ya…

6. Spot stargazing Gunung Batur

Jalan-jalan ke Bali nggak hanya bisa menikmati eksotisme pantainya saja. Wisatawan juga bisa punya pengalaman baru menikmati cantiknya gugusan bintang di Gunung Batur. Gunung Batur merupakan gunung berapi aktif tertinggi kedua di Pula Dewata. Selain terkenal dengan spot sargazingnya, gunung ini juga memiliki kaldera dan Danau Batur berbentuk bulan sabit yang begitu megah.

Menjadi salah satu lokasi paling gelap di Pulau Dewata, Gunung Batur bisa jadi spot paling pas untuk melihat cantiknya bintang-bintang. Kamu bisa berlama-lama disana tentu saja nggak hanya dengan berkemah. Kamu juga bisa menyewa penginapan kecil di beberapa area untuk dijadikan basecamp. Pilih saja sesuai dengan kenyamanan…

Baca juga artikel menarik lainnya:

7. Dumbleyung Lake – Australia

milky way di Australia

Danau Dumbleyung merupakan danau garam yang berlokasi di Australia barat. Danau ini memberikan kesan yang sunyi, ditambah dengan ratusan pohon yang mati karena kadar garam di sekelilingnya. Namun, hal tersebut rupanya nggak berlaku pada malamhari karena tempat ini biasanya selalu dikunjungi wisatawan hanya untuk melihat sinar bintang yang memantul ke air. Bahkan tempat ini juga bisa dibilang jadi spot terbaik untuk menikmati galaksi bima sakti di Benua Hijau tersebut.

8. Taman Hutan Galloway, Skotlandia

Taman Hutan Galloway juga menjadi spot favorit wisatawan lokal maupun dari luar Scotlandia. Disini, pengunjung bakal dimanjakan dengan 7000 bintang, rasi bintang dan planet saat langit mulai gelap. Untuk itu, nggak heran kalau Taman Hutan Galloway ini disebut-sebut sebagai wisata langit gelap pertama di Inggris. Tentu saja sangat disayangkan kalau kamu nggak sampai mengabadikan momen langka disini.

9. Brecon Beacons, Inggris

Brecon Beacons dinilai layak untuk menyandang Dark Sky Reserves pada Februari 2013. Tidak diherankan lagi karena Taman Nasional di South Wales ini memiliki pesona yang cantik saat langit mulai gelap. Pemandangannya apalagi kalau bukan gugusan bintang yang eksotis. Karena Taman Nasional Brecon Beacons menjadi tempat wisata alam favorit di Inggris, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya pada siang hari. Ada trekking, naik sepeda gunung, dan birdwatching.

10. Spot stargazing Kiruna, Swedia

Spot stargazing cantik lainnya apalagi kalau bukan di Kota Kiruna, Swedia. Lokasi ini terkenal sebagai spot favorit untuk melihat aurora, cahaya hijau kebiruan di langit gelap penuh bintang. Kiruna sendiri sering dijadikan tempat peneropongan bintang. Jadi, kamu bisa melihat langsung pemandangan tersebut dari teropong bintang. Tempat ini bahkan selalu ramai juga saat musim dingin. Wisawatan ramai berkunjung demi tidak melewatkan Snow Festival.

Itulah sepuluh spot stargazing cantik yang bisa jadi opsi menarik liburan kamu. Untuk menikmati gugusan bintang di Indonesia, pastikan datang pada musim kemarau, yaitu antara bulan Maret hingga Oktober, ya.

Berikan komentarmu