10 Soundtrack Film Horor, Lagu Tema yang Ciutkan Nyali

Spread the love

Terkadang, orang suka lupa dengan judul film horor tertentu. Sudah berkali-kali bertanya, tapi belum ada jawaban yang tepat. Namun, setelah dinyanyikan soundtracknya, kita langsung ngeuh kalau itu adalah film A. Lagu tema memang berpengaruh besar terhadap sebuah film. Dengan ciri khasnya tersebut, orang bakal secara otomatis mengingat filmnya. Nah, soundtrack film horor di bawah ini juga bisa mengingatkan kamu akan film-film seram dengan adegan yang mengerikan. Langsung aja kepoin dari poin pertama…

1. In Heaven (Lady in the Radiator) – Eraserhead (1977)

Lagu In Heaven (Lady in the Radiator) yang menjadi musik pengiring di filmeraserhead disebut-sebut bikin merinding banget! Lagu ini dinyanyikan Laurel Near yang isinya menceritakan tentang surga. Meski begitu, siapa saja yang mendengarnya bisa langsung ciut. Suara penyanyinya yang lembut seolah memberi sugesti negatif pada pendengarnya, sehingga kamu bisa auto merinding. Eraserhead sendiri merupakan film karya David Lynch. Film tersebut mengusung tema horor surealis yang di dalamnya terdapat simbol-simbol. Adapun penonton sendiri akan menemukan beragam keganjilan yang bikin auto ngeri liatnya. 

2. Soundtrack film horor Lullaby – Rosemary’s Baby Film (Krzysztof Komeda)

Lullaby merupakan soundtrack film horor Rosemary’s Baby yang dinyanyikan oleh Krzysztof Komeda. Dari judulnya saja, kamu sudah menebak kalau lagu ini isinya pengantar tidur untuk anak. Liriknya hanya la la la la. Namun, penonton mendengarnya dengan kesan lain. Lagunya memberikan nuansa horor,  apalagi saat dimunculkan di sebuah scene di Rosemary’s Baby.

Rosemary’s Baby merupakan film horor hits pada tahun 1968. Film ini mengusung tema horor dengan pendekatan psikologi. Untuk itu, kamu bakal ngerasa terteror oleh alam bawah sadarnya sendiri saat menontonnya.

3. Soundtrack film horor: Tubular Bells – The Exorcist

Soundtrack film horor ngga.k selalu yang selow atau mendayu-dayu. The Exorcist rupanya memiliki ciri khas soundtrack yang beraliran progresif rock instrumental. Lagu berjudul Tubular Bells yang dinyanyikan oleh Mike Oldfield ini memang terdengar cukup menyeramkan. Apalagi kalau kamu menonton film ini sendirian dan mendengar soundtracknya yang seolah mengepung kamu. Bahkan kamu jug abisa merasakan sensasi seperti diteror roh-roh yang ada di film itu. Lebay memang, tapi cobain ajaa..

 

4. Disasterpeace – It Follows

Film horor It Follows terkenal akan kisahnya yang seram, juga soundtracknya yang disebut-sebut paling mencekam. Lagu ini menyematkan unsur retro dan perkusi yang terdengar begitu mendayu-dayu. Semakin lama durasi lagu tersebut, semakin terdengar mencekam jug alagu tersebut. Soundtrack ini dibuat oleh Disasterpeace, musisi yang sering membuat lagu elektrik. It Follows sendiri merupakan film bergenre horor yang mengusung tema psikologis supranatural. Plotnya disebut-sebut bisa menghipnotis penontonnya seolah-olah bermain dalam film tersebut.

5. Halloween

John Carpenter rupanya nggakh cuman memproduksi, mengarahkan, dan menulis film Halloween. Tanpa haus menyewa composer, ia menciptakan sendiri soundtrack untuk filmHalloween dengan judul yang sama. Dengan demikian, ia nggak perlu mengeluarkan dana berlebih, dan cukup dengan piano dan synthesizer saja. Lagunya sendiri mengusung tema klasik instan. Nggak terlalu heboh, tapi lumayan bisa bikin merinding kalau didengar sendiriann..

Baca juga artikel menarik lainnya:

6. Soundtrack film horor Kelam Malam – Pengabdi Setan

Soundtrack film horor Indonesia bisa dibilang jadi yang paling creepy dibandingkan dengan soundtrack film-film barat. Pasalnya, kita ngerti dengan liriknya, ditambah lagi dengan musiknya yang horor kriuk-kriuk. Sebut aja lagu Kelam Malam (The Spouse) yang jadi lagu tema film Pengabdi Setan. Lagu tersebut mengadaptasi suasana dari lagu “Di Keheningan Malam” yang hit di era 1960-an. Kesannya tentu saja menjadi kuno, terlebih mistis.

Setiap lagu muncul, itu tandanya sosok ibu yang menyeramkan datang. Bahkan dalam trailernya, lagu ini dimainkan berbarengan dengan bunyi lonceng ibu saat karakter bernama Tony mendengar radio. Pencipta dan penyanyi lagunya, Tony dan Aimee, juga merasa merinding saat mendengarkan lagunya. Bahkan setelah rekaman, mereka menolak untuk mendengarnya lagi.

7. Antara Ada dan Tiada – Di Sini Ada Setan

Kamu tau apa soundtrack film horor yang paling legend di tahun 2000-an? Yes, judulnya “Antara Ada dan Tiada” yang jadi lagu tema sinetron horor berjudul “Di Sini Ada Setan”. Saat diperdengarkan di bagian pembukanya, kamu sudah tahu kalau film Disini Ada Setan mulai dimainkan. Alat tempu pun disiapkan, mulai dari camilan, sampai dengan bantal untuk menutup mata. Meski sebenarnya ini adalah lagu tentang patah hati, tetap saja alunan musiknya berhasil bikin merinding. Ada yang masih inget lagunya?

8. Selamat Malam – Malam Satu Suro

Vina Panduwinata adalah penyanyi lagu “Selamat Malam”-yang menjadi soundtrack film Malam Satu Suro. Dari suaranya sendiri, tidak terdengar menyeramkan, apalagi liriknya pun tidak mengarah pad ahal-ahl mistis. Namun, saat disajikan bersama film Malam Satu Suro yang diperankan Suzanna, seketika lagu ini membawa vibes horor. Jadi, bayangkan saja kalau mendengar lagu ini yangterbayang adalah wajah Ratu Horor Suzanna. Sudah pernah dengar? Kalau belum, jangan denger sendirian..

9. Boneka Abdi – Danur

Lagu berjudul Boneka Abdi dinyanyikan oleh Prilly Latuconsina dalam film Danur pertama. Lagu ini merupakan gubahan dari lagu Jerman berjudul Hanschen klein, yang artinya Boneka Abadi. Lagu ini dinyanyikan Prilly dengan menggunakan bahasa Sunda sambil bermain piano. Jika didengar secara seksama, lagu in seolah mengundang arwah.

Danur 1 merupakan film yang dirilis pada 30 Maret 2017. Ceritanya diambil dari buku karya Risa Saraswati dengan judul Gerbang Dialog Danur. Film ini menceritakan tentang Risa yang bisa melihat makhluk gaib atau indigo.

10. Soundtrack film horor Mawar Berduri – Kafir

Yang terakhir adalah soundtrack film Kafir yang berjudul Mawar Berduri. Lagu yang satu in idinyanyikan oleh Tetty Kadi  pada 1973. Saat itu, lagu “Mawar Berduri” adalah salah satu lagu lawas yang hits. Lirik lagunya sendiri menceritakan tentang patah hati. Namun,  lagu ini kemudian dijadikan sebagai lagu tema film Kafir  pada 2018. Sejak dipadukan dengan film horor, lagu ini jadi punya kesan mistis tersendiri. Ada rasaa merinding saat mendengarnya, apalagi sambil menonton film tersebut. Kuno-kuno mistis gimanaaa..gitu…

Berikan komentarmu