10 Serba-serbi Spirit Doll, Boneka Arwah Viral di Kalangan Artis

Spread the love

Boneka menjadi barang lucu yang biasa dimiliki anak-anak. Ada yang bentuknya hewan, tokoh kartun, bahkan bayi manusia. Namun, kesan menggemaskan tersebut seolah sirna usai spirit doll menjadi tren. Netizen Tanah Air baru-baru ini digegerkan dengan berita artis Ibu Kota yang “mengadopsi” boneka yang kerap diperlakukan seperti bayi atau anak pada umumnya, mulai dari diberi pakaian sampai diberi makan. Ini tentu saja fenomena yang cukup mengejutkan karena hal tersebut memang tidak lumrah terjadi. Buat kamu yang penasaran lebih jauh tentang spirit doll, langsung aja simak serba serbinya di bawah ini

1. Spirit Doll Sudah Eksis Sejak Dulu

Spirit doll ini keberadaannya sudah diakui sejak zaman baheula. Dulu, orang-orang sering memanfaatkan boneka ini untuk keperluan ritual pemujaan atau keagamaan. Boneka tersebut lantas dijadikan objek pengabdian. yang kemudian diletakan di altar dan digunakan di gereja. Bedanya dengan sekarang, spirit doll zaman dahulu ini umumnya berupa patung tokoh suci, leluhur, malaikat, serta dewa dan dewi.

2. Metode Penyembuhan

Boneka “arwah” ini rupanya sering dijadikan sebagai metode penyembuhan, atau lebih kerennya, healing. Seseorang bisa membuat sendiri spirit doll yang diinginkan, dan itu dipercaya bisa lebih manjur saat penyembuhan. Batin seseorang katanya akan segera pulih seperti biasa berkat perantara boneka tersebut.

Bahkan pada tahun 2006, seorang seniman, Barb Kobe, sengaja mendirikan kelas Medicine Dolls: How to Make Healing Dolls for Yourself. Ia memiliki keyakinan kalau boneka bisa membantu penyembuahn seseorang pada tingkat fisik, emosional, mental, dan spiritual.

3. Spirit Doll Memiliki Daya Tarik

Alasan seseorang mengadopsi spirit doll ini salah satunya adalah berkat daya tariknya. Entah itu dari rupa, atau bahkan khasiatnya. Informasi tersebut biasanya dicantumkan melalui e-commerce seperti eBay, Amazon, Etsy, dan situs lainnya. Jadi, ini seolah menghipnotis pembeli untuk segera memiliki boneka tersebut.

4. Jadi Tren di Kalangan Artis Tanah Air

Sebelum spirit doll ini booming di Indonesia, mtren tersebut rupanya lebih dulu merebak di Thailand. Mereka percaya bahwa boneka tersebut bisa mendatangkan keberuntungan. Pertama-tama, orang tersebut perlu mengadakan upacara khusus dan biksu yang akan mendo’akan boneka tersebut. Ritual ini katanya bisa menghidupkan boneka itu berkat roh yang dimasukan ke dalamnya.

Indonesia rupanya seperti tidak ingin ketinggalan. Sejumlah artis tanah air mulai mengikuti tren tersebut. Selain Ivan Gunawan, Sarwendah, Celine Evangelista, Nora Alexandra, Lucinta Luna dan Soimah juga tertarik untuk mengadopsi spirit doll. Bahkan, kegiatan “mengasuh” boneka tersebut kerap dibagikan di akun media sosial masing-masing. Sebelumnya, ada Furi Harun yang diketahui mengoleksi “boneka arwah” terbanyak!

5. Dijadikan Anak Adopsi

Fakta menarik lainnya terkait boneka ini adalah sering dijadikan sebagai “anak adposi”. Setelah (katanya) diisi arwah atau roh anak yang sudah meninggal dunia, bonekat tersebut seolah hidup dan wajib diperlakukan seperti anak manusia pada umumnya. Jika tidak, pengadopsi boneka tersebut dipercaya bakal mengalami kesialan bahkan musibah yang besar.

6. Dijual di E-Commerce

Orang yang mau ikut-ikutan mengadopsi boneka arwah ini rupanya nggak usah susah-susah datang ke tokonya. Saat ini nggak sedikit penjual spirit doll yang menjajakan dagangannya di e-commerce. Untuk kualitas boneka terbaik, kamu bisa coba membelinya di Etsy, eBay, dan Amazon. Untuk harga dan spesifikasinya sendir biasanya sudah tercantum jelas pada deskripsi, sehingga kamu bisa lebih puas membeli boneka sesuai dengan keinginan.

7. Harga

Harga boneka ini rupanya bervariasi. Ada yang harganya ratusan ribu, bahkan sampai ratusan juta rupiah.Itu tentu saja disesuaikan dengan spec dan brandnya. Semakin cakep dan unlimited, semakin fantastis juga harganya. Bagi kamu yang juga pengoleksi boneka arwah, tentu saja nggak keberatan kalau harus merogoh kocek lebih dalam 🙁

8. Tidak Berbahaya

Spirit doll diketahui tidak berbahaya dan tidak akan mengganggu orang tua asuh atau orang lain, jika memang diperlakukan dengan baik. Pasalnya, boneka itu sebelumnya sudah ditraining agar patuh pada pemiliknya. Spirit doll bahkan disebut-sebut bisa mencari makanannya sendiri. Jadi, seru kan punya anak adopsi yang mandiri? Di sisi lain, boneka itu juga harus diberi hadiah sesekali seperti dupa, bunga atau kopi.

9. Dianggap Seperti Merawat Jin dalam Agama Islam

Dalam tayangan YouTube Adi Hidayat Official, Ustaz Adi menjelaskan mengenai spirit doll dalam pandangan Islam. Diungkap oleh Ustaz Adi, spirit doll sendiri didefinisikan sebagai boneka yang dimaknai di dalamnya ada arwah tertentu yang dirawat dipelihara sesuai dengan persepsi orang yang merawatnya atau mengadopsinya. Baik dipahami sebagai diadopsi anak atau pasangan, intinya boneka yang dipahami mengandung arwah yang dirawat. Lebih lanjut, berbicara mengenai arwah sendiri, diungkap Ustaz Adi Hidayat dalam Islam sendiri tidak mengenal adanya ruh gentayangan yang hinggap di benda tertentu.

“Dalam Islam tidak mengenal ruh gentayangan yang ada kumpul semua di alam barzah yang menyelesaikan persoalan alam kubur dulu.  Kita tidak mengenal roh yang gentayangan misalnya dalam konteks dia hinggap di benda tertentu ke benda ini ke benda ini,” kata Ustaz Adi Hidayat. Lebih lanjut, Ustaz Adi Hidayat juga menjelaskan bahwa tidak ditemukan referensi dalam Islam mengenai ruh yang gentayangan yang hinggap di boneka lantaran belum menyelesaikan tugasnya di dunia.

10. Ada Spirit Doll yang Terkenal di Dunia

Annabelle: Annabelle adalah salah satu boneka arwah yang paling terkenal usai ceritanya diangkat ke layar lebar. Boneka tersebut bernama asli Raggedy Ann. Annabelle ini adalah hadiah boneka dari ibu Donna, si pemilik. Namun, boneka tersebut sering berubah posisi atau berpindah kamar.

Kejadian ini rupanya menjadi teror selama kurang lebih 1 tahun. Pada akhirnya paranormal Ed dan Lorraine Warren turun tangan. Annabelle akhirnya diamankan oleh keduanya.

Okiku: Pemilik boneka Okiku, Kikuko, meninggal mendadak. Bonekanya lantas diserahkan ke kuil rumah untuk didoakan. Anehnya. rambut Okiku semakin memanjang. Masyarakat saat itu percaya kalau boneka itu dirasuki oleh roh anak tersebut. Pada tahun 1938,  kuil Mannenji akhirnya menjadi rumah baru boneka tersebut.

Lilly: Sebelumya, pemilik boneka Lily ini adalah seorang mantan pedagang barang antik. Singkat cerita, Lilly diserahkan pada Zak Bagan yang merupakan pemilik Museum Berhantu di Las Vegas. Wanita tua itu mengalami pengalaman seram saat harus menurunkan Lilly dari atas rak. Saat itu, wajahnya memerah dan ia mulai panik. Ia teriak histeris, dan sayangnya tidak bisa bergerak karena perutnya seperti terluka.

Robert:  Pemilik boneka, Robert, meninggal pada tahun 1974. Karena sering bergerak dengan sendirinya, boneka itu akhirnya diserahkan kepada Museum Martello Timur. Anehnya, para pengunjung yang memotretnya tanpa izin mengaku mengalami kesialan mengerikan akibat melanggar larangan memotret itu.

Ruby: Boneka ini dulunya adalah milik seorang gadis kecil. Menurut legenda, anak perempuan itu meninggal sambil menggendong Ruby. Namun, arwahnya terasa terus melekat pada boneka kesayangannya. Akhirnya, boneka tersebut diserahkan ke Museum Perjalanan Paranormal dan Ilmu Gaib milik Dana dan Greg Newkirk di AS.

Baca juga artikel menarik lainnya:

Berikan komentarmu