10 Sejarah Hantu Indonesia, Ada Tuyul Sampai Suster Ngesot

Spread the love

Hantu adalah sosok mengerikan yang selalu jadi ‘tersangka’ saat hal-hal ganjil terjadi. Misalnya, saat benda-benda mati berpindah tempat, pintu yang menutup dengan sendirinya, bahkan hilangnya anak kecil yang diduga diculik wewe gombel. Apapun itu, kita juga sebenarnya masih dibingungkan dengan asal-usul mereka. Coba bayangkan, darimana datangnya kuntilanak? Apakah dari mata terus turun ke hati? Ya nggak, lah. Hantu-hantu Tanah Air tentu saja punya sejarah sendiri kenapa mereka bisa eksis sampai saat ini. Buat kamu yang udah siap baca sejarah hantu Indonesia di bawah ini, sok.. scroll sampai bawah, ya!

1. Sejarah hantu indonesia: wewe gombel

via photo/Deviantart/adhytcadelic

Zaman bocah dulu, kita mungkin pernah ditakut-takuti wewe gombel saat mabal pulang kesorean atau melebihi waktu magrib. Latanya, kamu bakalan dibawa kabur, terus dikasih makan dengan disusui langsung. Apa nggak ngeri :'(. Sosok wewe gombel ini konon berasal dari tradisi Jawa Kuno. Mulanya, masyarakat setempat menciptakan sosok wewe gombel untuk menakut-nakuti anak agar dia tidak keluyuran saat malam hari. Pada saat itu, listrik masih belum ada, sehingga orang tua khawatir anak-anaknya dimangsa hewan buas.

Mereka menceritakan bahwa sosok wewe gombel ini doyan menculik anak-anak. Sosoknya digambarkan begitu mengerikan, yaitu berupa nenek-nenek  berambut panjang dengan payudara yang menjuntai. Sosok tersebut konon berasal dari bukit di Gombel, Semarang. Nah, sampai saat ini, sosok wewe gombel masih jadi senjata ampuh emak-emak yang nggak suka anaknya keluyuran malam-malam.

2. Kuntilanak

ilustrasi via makassar.terkini.id

Hantu paling hits di Indonesia siapa lagi kalau bukan kuntilanak. Sosok yang satu ini punya selera fashion yang simpel, tapi lumayan ampuh bikin orang lari terbirit-birit. Bermodalkan rambut dan kain putih yang panjang, sosok ini sukses menjadi makhluk yang paling ditakuti apalagi kalau mereka nongkrongnya di pohon pisang atau pohon-pohon besar sambil tertawa.

Kuntilanak ini merupakan hantu berjenis kelamin perempuan yang hobinya menculik anak kecil atau mengganggu wanita yang baru saja melahirkan. Menurut beberapa sumber, sosok kuntilanak ini merupakan wanita yang meninggal dunia saat melahirkan. ia kemudian gentayangan untuk mencari anaknya. Sambil nunggu, mereka bisa nongki dulu di tempat gelap atau pohon besar. Btw, kamu pernah lihat penampakan ini?

3. Tuyul

Istimewa/Facebook

Tuyul juga selalu menjadi ‘tersangka’ saat warga satu kampung kehilangan duitnya. Sosok bocil botak ini punya job desc ngambilin duit, yang nantinya diberikan kepada sang majikan. Menurut mitologi Nusantara, tuyul mirip seperti manusia dengan badan yang mungil. Masyarakat percaya bahwa sosok tersebut berasal dari janin yang keguguran.

Namun, kepercayaan samawi mengatakan hal lain. Mereka adalah sejenis jin yang susudah eksis dari zaman baheula. Dalam kepercayaan orang jawa, tuyul ini menjadi peliharaan manusia untuk melancarkan pesugihan. Tuyul ngepet?

4. Genderuwo

Foto: Istimewa

Genderuwo juga menjadi sosok yang mengerikan karena digambarkan punya perawakan yang tinggi besar. Konon, makhluk yang satu ini punya istilah asli dari bahasa Kawi, yakni “gandharwa”. Siluman berjenis laki-laki ini konon berasal dari legenda kuno Persia. Meski perawakannya menyeramkan, sosok ini biasa menyerap hal-hal baik, tinggal di kayangan, dan berwujud siluman air. Masyarakat Jawa percaya bawha sosok gandharwa ini sellau menampakan diri di sore menjelang petang. Mereka juga suka gentayangan untuk mencari perempuan. Mau jadi pacarnya? Enak lho tinggal di kayangan 🙂

5. Sejarah hantu indonesia: Jenglot

via Merdeka.com/Laurel Benny Saron Silalahi

Orang suka ribut kalau udah liat jenglot. Konon, jenglot ini adalah sosok orang yang bertapa dengan tujuan agar hidupnya kekal. Alih-alih bertapa di gua, ia malah menyusut dan membeku seperti boneka yang berukuran kecil. Saat ini, jenglot banyak dipelihara dukun, dengan wujud menyeramkan yang kuku dan rambutnya konon bisa memanjang. Agar jenglot itu tetap punya khasiat, sang pemilik harus memberinya darah.

Sumber lainnya mengatakan bahwa jenglot ini sudah hadir pada tahun 1972. Boneka seram itu kono ditemukan saat para dukun melakukan tirakat (menahan hawa nafsu e.g puasa) di Wlingi, Jawa Timur. Dukun-dukun tersebut percaya bahwa jenglot ini bisa membuat pemiliknya selalu aman dari segala musibah dan marabahaya. Jika disimpan di rumah, konon pemiliknya bakalan dibanjiri oleh rezeki tapi nggak berkah. 

6. Pocong

via Tagar/Pixabay

Hantu dengan look seperti permen bungkus tersebut diakui memang bikin bergidik. Masyarakat percaya bahwa sosok pocong ini bisa gentayangan gara-gara orang yang sudah meninggal dunia tidak dibuka tali pocongnya (karena tidak sengaja) saat akan dikubur. Namun, ada sumber lain yang mengatakan bahwa pocong ini merupakan sosok jin yang menjelma menjadi sosok mengerikan tersebut. Mereka sering tinggal di pohon pisang, jdi nggak heran kalau kita suka ngibrit pas lewat pohon pisang malam-malam.

7. Sundel Bolong

Melihat sundel bolong, sekilas sosok ini mirip dengan kuntilanak. Apa jangan-jangan mereka saudara sedarah tapi tidak se-ibu? Hmmm.. tidak juga. Sundel bolong ini berpakaian putih panjang dengan rambut yan menjuntai panjang. Bedanya, dia punya spec tambahan berupa punggungnya yang berlubang. Dalamnya tentu saja tidak hanya menunjukan organ tubuh yang mengerikan, tetapi juga belatung yang menandakan kalau tubuh tersebut sudah busuk. Cerita hantu Sundel bolong ini berasal dari Negeri Jiran Malaysia yang dibawa masuk ke Indonesia oleh imigran. Meski begitu, sosoknya masih eksis di Tanah Air sampai sekarang.

8. Leak

via dutchieontheroad.nl

Ingat Leak, ingat Bali. Sosok menyeramkan yang satu ini berasal dari mitologi Pulau Dewata. Leak dipercaya sebagai manusia yang mendalami ilmu supranatural. Jika ditujukan untuk hal-hal yang jahat, orang tersebut harus memenuhi persayaratan. Saat malam, ia harus berburu organ-organ tubuh manusia untuk bahan ramuan sihirnya, baik itu yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia. Wujud leak itu sendiri nggak hanya satu macam. Mereka bisa berubah menjadi kera, harimau, rangda atau babi yang jahat. Untuk saat ini, kita sering melihat sosok Leak ini dalam berbagai pertunjukan seni, salah satunya Calonarang.

9. Kuyang

foto: istimewa

Kuyang juga menjadi sosok hantu yang ditakuti, khususnya di wilayah Kalimantan. Sosok yang satu ini disebut-sebut sering berburu darah perempuan yang baru melahirkan atau darah bayi yang masih ada di kandungan. Mengerikannya lagi, kuyang ini wujudnya hanya berupa organ tubuh saja dengan kepala yang utuh. Bayangin aja gitu, malem-malem gentayangan terus diam di dekat jendela. Untuk itu, perempuan hamil di wilayah Kalimantan selalu diberi mantra khusus agar tidak diganggu kuyang. Kamu yang tinggal di Bandung dan sekitarnya nggak bakalan ketemu hantu ini, btw 🙁

10. Sejarah hantu indonesia: Suster Ngesot

via urbanlejen.files.wordpress.com

Yang terakhir adalah sosok hantu pendatang baru bernama suster ngesot. Sosok yang satu ini biasa menampakan diri di rumah sakit dengan wajah yang pucat dan berpakaian layaknya suster. Sambil ngesot, dia bakalan meneror pasien dan petugas kesehatan disana. Btw, seremnya dimana coba, kamu bisa jelasin? 🙁

Menurut beberapa sumber, hantu yang satu ini muncul akibat seorang suster yang diperkosa oleh dokternya. Setelah diketahui berbadan dua, si dokter tersebut tidak mau tanggung jawab dan membunuh suster tersebut. Mayatnya dikuburkan di sekitar rumah sakit, dan tidak ada yang tahu atas kejadian tersebut. Kalau kamu ketemu sosok, santuy aja. Jalan biasa aja, nggak bakalan kekejar.

Itulah sejarah hantu Indonesia yang sosoknya masih eksis sampai saat ini. Diantara sepuluh hantu tersebut, mana yang pernah (nggak sengaja) kamu lihat?

Berikan komentarmu