10 Rekomendasi Makanan Khas Thailand, Ada Favorit Kamu?

Spread the love

Jalan-jalan ke Thailand nggak cuman menikmati Pagoda dan juga kebudayaan unik lainnya. Pasalnya, nggak sedikit turis mancanegara yang juga tertarik dengan kuliner khas Negara Gajah Putih tersebut. Beberapa diantaranya mungkin sudah familiar, sebut saja Tomyum. Namun, citarasa yang ditawarkan di restoran-restoran tentu saja akan berbeda jika kita mencicipi langsung di negara asalnya. Lantas, apa saja sih makanan khas Thailand yang populer? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Makanan Khas Thailand, Pad Thai

via minimalistbaker.com

Paid Thai adalah salah satu street food Thailand berupa mie nasi tumis. Bahan utamanya adalah mie beras kering yang digoreng bersamaan dengan tahu cincang dan telur. Untuk memberikan radsa gurih, campuranbahan tersebut dibalir dengan bumbu saus asam, bubur asam, bawang putih, bawang merah, cabai merah, udang kering, dan gula aren. kalau ingin rasa yang lebih segar, kamu bisa menambahkan jeruk nipis. Selain itu, makanan ini juga akan semakin lezat jika dihidangkan dengan sayuran. Jika dilihat dari gambarnya, Pad Thai ini mirip dengan kwetiaw.

2. Makanan Khas Thailand, Tomyum

via thailandbackpackershostel.com

Tom Yum atau Tom Yam adalah makanan populer Thailand yang punya citarasa asam dan pedas. Tom Yumini kaya akan rempah-rempah dan sering digunakan dalam pembuatan kaldu. Bahan dasarnya sendiri bisa berupa udang atau babi. Namun, bahan dasar babi biasanya jarang digunakan di restoran-restoran Indonesia. Jadi, ada baiknya kamu tanyakan dulu bahan dasar pembuatan Tom Yum ini saat kulineran di Thailand ya. Btw, variasi Tom Yun ini bermacam-macam. Ada yang pakai ayam. santan, dan masih banyak lagi.

3. Kaeng Phet

via simplelifemanagement.com

Kaeng Phet atau kari merah adalah hidangan lezat yang yang menggunakan bahan utama daging ayam, sapi, atau babi dengan campuran bumbu kari merah dan santan. Yang menjadi ciri khasnya adalah bumbu kari merah yang dihaluskan dan ditumbuk dengan menggunakan ulekan atau cobek.

Bumbu kari merah itu terdiri dari campuran cabai merah kering, terasi, garam, bawang putih dan merah, lengkuas, jintan putih, lada, dan rempah-rempah lainnya. Bumbu kari merah yang sudah ditumbuk halus itu kemudian dimasak dengan minyak goreng dan santan kelapa. Jadi, Kaeng Phet cocok buat kamu yang suka makanan pedas dan gurih.

4. Mango Sticky Rice

via Shutterstock/SherSor

Mango Sticky Rice sempat populer di Indonesia. Saking populernya, hidangan ini sampai bermunculan di beberapa platform e-commerce dan penjualan yang laris. Hidangan penutup ini adalah irisan buah mangga yang dilengkapi dengan campuran beras ketan, santan, gula aren, dan garam.

Di Thailand sendiri, Mango Sticy Rice ini banyak variasinya. Misalnya, mango sticky rice yang menggunakan ketan putih atau ketan hitam khas Thailand atau mengganti buah manganya dengan durian. Rasanya ‘nano-nano’. Ada manis, gurih, dan asam. So, kalau ke Thailand, jangan lupa cicipi hidangan yang satu ini, ya!

5. Makanan Khas Thailand, Ghai Yang

via cookpad.com/ikhwanarief

Ayam bakar bukan hidangan yang aneh. Namun, ayam bakar di Thailand ini begitu populer. Orang-orang disana menyebutnya dengan Ghai Yang. Makanan yang satu ini bisa kamu jumpai di street food. Sepeti pada umumnya, ayam bakar ini akan lebih nikmat jika disajikan dengan nasi. Namun, di Thailand sendiri ayam bakar ini sering dipasangkan dengan nasi ketan, sayuran mentah, salad pepaya hijau, dan saus pedas jaew bong. Bentuknya sendiri berupa ayam utuh yag dibelah dua, kemudian digeprek dengan bumbu-bumbu khasnya. Jika sudah meresap, ayam tersebut langsung dipanggang. Beuh, ngiler nggak?

6. Tod Man Pla

via aroi.com

Di Thailand, kue ikan biasa disebut dengan Tod Man Pla. Makanan yang bentuknya mirip karoket ini terbuat dari ikan atau makanan laut yang kemudian dilapisi oleh adonan kentang dan remah roti. Ikan yang digunakan bermacam-macam, mulai dari ikan kod, ikan salmon, dan ikan haddock. Makanan yang satu ini akan lebih lezat jika dimakan bersama saus cabai manis dan pasta kari merah. Jadi, cocok banget nih buat ngemil sekaligus mengganjal perut.

7. Khanom Krok

via reddoorz.com

Kalau tadi ngomongin makanan pedas dan gurih, poin kali ini cocok banget buat pencinta makanan manis. Khanom Krok, dessert manis khas Thailand ini terbuat dari campuran kelapa dan tepung. Toppingnya sendiri biasa menggunakan talas, jagung manis, dan ubi. Namun, kalau kamu adalah pencinta makanan asin, bisa banget request topping seperti daun bawang atau ayam. Bentuknya dibuat kecil-kecil sehingga makanan ini bisa dilahap dalam satu suap saja. Teksturnya yang creamy sudah pasti lumer di mulut. Jadi, makanan yang satu ini cocok dijadikan sebagai hidangan penutup.

8. Serangga Goreng

via KOMPAS.COM/ANGGITA MUSLIMAH

Salah satu makanan hits Thailand lainya adalah serangga goreng. Makanan yang satu ini tentu terbilang asing, khususnya bagi masyarakat Indonesia yang lihat kecoa saja sudah histeris nggak karuan. Penduduk Negeri Gajah Putih terbiasa mengonsumsi makanan ini karena serangga-serangga tersebut dipercaya memiliki kandungan gizi yang tinggi dan kaya akan protein. Bahkan serangga-serangga goreng ini sering dipesan untuk kebutuhan pesta. Serangga yang dijual bermacam-macam. Mulai dari ulat bambu, serangga air, belalang, kecoa, dan masih banyak lagi. Gimana, berani coba?

9. Khanom Buang

via otakesang

Khanom Buang adalah sejenis makanan leker yang populer di Thailand. Makanan yang satu ini terbuat dari campuran tepung yang terbuat dari kulit telur, tepung kacang hijau, tepung beras, telur, garam, dan air. Isiannya sendiri bermacam-macam, mulai dari keju, cokelat, dan pisang. Namun, di Thailand ini Khanom Buang ini dibuat dalam bentuk yang besar denga sisian daun bawang, sayuran, dan daging. So, bisa request Khanom Buang dengan rasa manis atau asin.

10. Makanan Khas Thailand, Khao Soi

via thewoksoflife.com

Makanan khas Thailand lainnya adalah Khao Soi. Hidangan yang satu ini tergolong populer di Thailand bagian utara. Khao Soi punya arti ‘beras potong’ karena adonannya terbuat dari mie beras. Khao Soi itu sendiri terdiri dari campuran berbagai bahan seperti bumbu-bumbu rempah, kari, dan daging seperti daging babi atau sapi. Hidangannya pun ada yang menggunakan santan dan tidak. Khao soi ini sangat lezat jika kamu menambahkan saus cabai. beuuh!

Itulah sepuluh makanan khas Thailand yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Thailand. Btw, kamu pernah coba yang mana?

 

 

Berikan komentarmu