10 Pulau Angker di Dunia: Eksotismenya Nyaris Tenggelam

Spread the love

Ada beragam tempat angker yang bisa dijumpai. Nggak terkecuali pulau yang selalu identik dengan keindahannya. Beberapa daratan yang dikelilingi air tersebut nggak sedikit menyimpan kisah misteri. Sepertinya bukan karangan belaka karena cerita tersebut kerap dibuktikan dengan peristiwa-peristiwa horor yang dialami penduduk maupun wisatawan. Adapun pulau angker di dunia yang bisa kamu kunjungi kalau mau ngerasain sensasi uji nyali. Berikut rangkumannya.

1. Pulau Angker: Kelor

Pulau Kelor disebut-sebut sebagai salah satu pulau angker yang ada di Indoenesia, tepatnya di Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Kamal Muara dengan waktu tempuh 30 menit saja. Pulau ini konon menjadi saksi bisu perang dunia ke-2. Para tentara yang gugur dalam perang tersebut dikebumikan di pulau tersebut.

Dengan adanya kisah tragis tersebut, Pulau Kelor kini terkenal dengan kisah-kisah angkernya. Katanya, nggak sedikit pengunjung yang sering mendengar derap langkah kaki tentara dan suara gaduh seperti ada perang yang sedang berlangsung.

2. Pulau Onrust

Masih di kawasan Kepulauan Seribu, Pulau Onrust juga termasuk kawasan yang dinilai horor. Pada tahun 1911-1933,  pulau tersebut dijadikan sebagai sanatorium TBC sekaligus pusat karantina jemaah haji yang baru saja pulang dari Tanah Suci. Setelahnya, pulau ini dialihfungsikan menjadilokasi tawanan para pemberontak Peristiwa Kapal Tujuh.

Adapun peninggalannya berupa pemakaman Belanda serta legenda Maria van de Velve, yaitu noni Belanda yang tutup usia pada tahun 1721. Maria disebut-sebut menghabisi nyawanya sendiri, dan arwahnya dipercaya masih gentayangan di Pulau Onrust.

Akibatnya, munculah mitos di pulau ini. Para pengunjung tidak diperkenankan menggunakan baju berwarna merah. Hal itu bis amemancing arwah Maria untuk datang karena ia sendiri meninggal saat menggunakan baju merah.

3. Pulau Galang, Indonesia

Pulau Galang merupakan salah satu bagian dari Barelang (Batam-Rempang-Galang) yang berlokasi di Kepulauan Riau. Pulau ini dijadikan sebagai tempat bermukim ribuan pengungsi Vietnam pada sekitar tahun 1976-1996 akibat terjadinya perang Vietnam. Beberapa pengungsi berhasil melanjutkan perjalanan mereka ke Australia, Amerika Serikat, Kanada, dan memulai kehidupan baru di sana. Namun, ada juga yang bernasib malang seperti dirampok, diperkosa, dan dibunuh, setibanya mereka di pulau ini. Sisanya meninggal dunia akibat terkena penyakit dan bunuh diri.

Akibatnya, Pulau Galang terkenal dengan suasana angkernya. Tidak sedikit warga yang percaya kalau roh-roh warga Vietnam masih ada di sana.  Bahkan warga dari luar pulau tersebut menolak pergi ke sana saat langit mulai gelap. Katanya, mereka sering melihat penampakan orang-orang yang melambaikan tangan di pinggir pantai untuk meminta tumpangan.

4. Pulau Angker Wight – Inggris

Selain Indoenesia, Inggris juga punya pulau yang terkenal angker, namanya Isle of Wight. Masyarakat setempat percaya kalau ada beberapa rumah disana yang terkenal dengan suasana horornya. Sebut saja rumah bangsawan jaman dulu yang berada di Knighton Gorges, Newchurch. Katanya ada wisatawan yang bisa melihat rumah tersebut dengan jelas meski nyatanya rumah itu sudah dihancurkan pada 1821.

Melansir dar Boldsky, hantu-hantu di pulau tersebut juga sering gentangan di hotel, rumah sakit, istana, rumah-rumah warga. Bahkan kantor pemerintahan juga sering jadi incaran mereka.

5. Poveglia Island – Italia

Pulau Poveglia disebut-sebut sebagai yang paling angker di dunia. Pulau ini dulunya dijadikan sebagai tempat pembuangan orang-orang yang terkena wabah pes. Tragisnya, nggak hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak turut dibuang disini dan mereka dibiarkan mati dan terkubur begitu saja. Wabah tersebut disinyalir berasal dari kutu yang terinfeksi melalui kontak langsung dengan hewan pengerat seperti tikus.

Pulau yang kini tidak berpenghuni juga dijadikan tempat pembuangan para pasien yang menjadi kelinci percobaan dokter-dokter. Sejauh ini, ada 200.000 lebih mayat di pulau itu dan arwahnya dipercaya masih gentayangan.

Baca juga artikel menarik lainnya:

6. Hart Island – AS

Hart Island berlokasi di Pelhem Bay, New York, Amerika Serikat. Pulau tersebut mendadak jadi pusat perhatian setelah dijadikan sebagai lokasi syuting Island of The Dead. Setelah ditelusuri, pulau ini dulunya digunakan sebagai penjara bagi tahanan Perang Dunia ke-2. Dilansir dari berbagai sumber sejarah,  kurang lebih ada puluhan ribu orang yang ditahan di penjara tersebut, dan lebih dari 850 ribu orang tewas mengenaskan dan terkubur di Pulau Hart. Selain itu, pulau ini juga dijadikan sebagai pusat karantina penyakit kuning yang pernah melanda Amerika Serikat pada 1870. Akibatnya, Pulau Hart kini terkenal horor. Katanya, siapa saja nggak bakal betah berlama-lama di sana akibat adanya gangguan-gangguan mistis.

7. Pulau Angker Isla de Las Munecas – Meksiko

Pulau yang satu ini sering pulau boneka ini menyimpan sejarah yang mengerikan. Diceritakan seorang pria bernama Don Julian Santana Barrera menjadi satu-satunya penghuni di pulau itu. Selama 50 tahun ia menetap di pulau itu.

Setiap saat ia mendengar bisikan seorang gadis kecil yang tewas tenggelam di pulau itu saat sedang bermain bersama kedua temannya. Julian menjadi terobsesi membawa pulang boneka dan memaku atau menggantungnya di pohon-pohon yang ada di pulau itu, tujuannya untuk meredam emosi si gadis kecil yang mengikutinya.

Bentuk bonekanya pun membuat bulu kuduk Anda berdiri, pasalnya muka boneka yang sudah rusak, anggota tubuhnya pun sudah tidak lengkap lagi. Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, ribuan boneka tersebut dipercaya bisa hidup dan bergerak. Bahkan setiap malam boneka-boneka menyeramkan itu dapat mengeluarkan suara jeritan dan tangisan yang terdengar begitu memilukan.

8. Pulau Deadman – Kanada

Perang suku yang terjadi di Kanada pada masa lalu terekam jelas di pulau yang disebut sebagai “tanah mati” ini. Konon, ada banyak peti mati berisi tengkorak yang sengaja digantung di beberapa pohon pulau ini. Misteri peti mati menggantung itu ditelusuri oleh John Morton, salah seorang tokoh terkemuka Inggris, ternyata peti-peti itu milik para prajurit perang yang kalah dalam pertempuran antar suku di Kanada. John menemukan lebih dari 200 peti berisi tulang belulang di pulau ini.

Saking angkernya, banyak wisatawan yang mengaku mendengar jeritan ketika berada di sana. Bahkan orang yang nekat memotong pohon di pulau ini dapat dipastikan akan menjadi gila karena dirasuki arwah penghuni pulau itu.

9. Kepulauan Hawaii

Kepulauan Hawaii bukan lagi jadi rahasia umum akan keindahannya. Namun, rupanya ada beberapa tempat di Hawaii yang terkenal dengan cerita-cerita mistis dan keangkerannya. Beberapa diantaranya adalah Millani Cemetery, Manoa Chinese Cemeteri, Black Point, dan Pali Highway. Menurut legenda Hawaii, siapa saja yang sengaja membunuh babi di Pali akan mengalami kesialan bahkan kematian. Morgan Corner juga disebut-sebut nggak kalah serang. Tempat tersebut terkenal akan pohon besarnya yang berdarah setiap beberapa kali dalam setahun.

10. Pulau Angker Norfolk – Australia

Terletak di Samudra Pasifik, Pulau Norfold adalah pulau kecil yang berlokasi sekitar 1,400 kilometers (877mil) di timur daratan Australia. Sekarang, destinasi yang indah ini menjadi rumahnya bagi perbukitan yang hijau, pantai berbatu, dan pohon pinus Norfolk yang terkenal. Namun, pulau ini tidak tidak selalu seperti surga yang murni. Pada abad ke 19, pulau ini menjadi tempat pemukiman terakhir untuk beberapa penjahat terkejam di dunia. Dan pulau ini dirumorkan telah dihuni oleh beberapa hantu dari masa kelam saat itu.

Berikan komentarmu