Share this
Share

Share

shares

10 Pasar Seni di Bali yang Banyak Diincar Wisatawan

11 September 2020  Ajeng

Selain bisa menikmati pemandangan pantainya yang eksotis, di Bali juga kamu bisa menemukan aneka kerajinan tangan bernilai tinggi. Benda-benda tersebut merupakan hasil karya tangan-tangan cantik masyarakat Pulau Dewata. Kamu bisa menemukannya di beberapa Pasar Seni di Bali. Harganya bisa dibilang terjangkau, tergantung juga dari seberapa jago kamu menawar harganya. Ini bisa banget untuk oleh-oleh untuk keluarga tercinta dan juga teman-teman.

Setidaknya, ada 10 Pasar Seni yang bisa kamu kunjungi untuk membeli aneka kerjainan tangan. Berikut rangkumannya.

1. Pasar Seni Kumbasari

via denpasartourism.com

Kalau kamu sedang jalan-jalan di daerah Denpasar, mampir sejenak ke Pasar Seni Kumbaran. Di sini, kamu akan dimanjakan dengan aneka kerajinan mulai dari gantungan kunci, pakaian, lukisan, patung, dekorasi khas bali, tas eceng gondok, dan masih banyak kerajinan lainnya.

Pasar Seni Kumbaran terdiri dari empat lantai. Lantai dasar menjual bahan-bahan pokok, lantai dua menjual aneka pakaian adat dan kain tenun khas Bali. Sedangkan antai tiga menjual aneka lukisan, dan lantai empat menjual dekorasi dan pernak pernik yang terbuat dari kerang. Jadi, kalau kesini kamu mau ke lantai mana dulu?

Alamat:Jl. Gajah Mada, Pemecutan, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali
Jam Buka: Setiap hari 08.00 WITA – 17.00 WITA

2. Pasar Seni di Bali Guwang

via kompasiana.com

Biasanya, orang akan malas kalau belanja ke ‘pasar’ karena suasananya panas dan sesak oleh pengunjung. Namun, di sini kamu bisa belanja dengan leluasa karena suasananya tidak terlalu padat oleh pengunjung. Sebut saja Pasar Seni Guwang. Lokasinya tidak jauh dari Pasar Seni Sukawati. Meskipun pengunjungnya tidak seramai pasar seni yang lain, di sini kamu bisa menemukan koleksi barang yang lengkap mulai dari lukisan, tas rajut, baju khas Bali, patung, pernak=pernik, dan masih banyak lagi.

Bentuk pasar ini berbentuk seperti hurif ‘U’, sehingga kamu akan lebih mudah menelusuri setiap sudut pasar. Selain itu, kamu juga bisa berteduh di sekitar pohon rindang kalau memang sudah mulai lelah berburu souvenir. 

Kalau pengen dapat harga yang lebih murah, kamu bisa datang lebih pagi. Bagi mereka, pembeli pertama dianggap sebagai penglaris, sehingga penjual akan memberikan kamu harga yang lebih terjangkau. Kalau gitu, jangan sampai bangun kesiangan, ya!

Alamat:Gg. Cemp. 2, Guwang, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam Buka:Setiap hari 09.00 WITA – 17.00 WITA

4. Pasar Seni Kuta

via water-sport-bali.com

Kalau sudah puas menikmati Pantai Kuta, kini saatnya untuk memanjakan diri kamu ke Pasar Seni Kuta. Di sini, kamu bisa menemukan aneka cinderamata yang cantik mulai dari patung-patung kecil gelang, kalung, gantungan kunci, dan masih banyaklagi. Selian itu, ada juga baju-baju motif khas Bali yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh atau pemakaian sendiri. Lukisan dan tas rotan karya penduduk setempat juga dijual disini, lho!

Alamat: Jl. Melasti No.86, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam Buka: Setiap hari 06.00 WITA – 23.00 WITA

5. Pasar Seni di Bali Ubud

via baligetaway.co.id

Ubud menjadi salah satu destinasi wisata populer di Bali. Untuk itu, nggak heran kalau Pasar Seni Ubud juga ramai oleh pengunjung. Disini, kamu bisa membeli aneka pernak-pernik, aromaterapi, tas rotan, perhiasan, dan souvenir lainnya. Bahkan saking cantiknya, kamu harus membawa uang lebih karena bisa jadi kamu laper mata. Kualitas barangnya bervariasi, mulai dari yang biasa-biasa saja sampai yang berkualitas tinggi. Sesuaikan saja dengan budget kamu, ya!

AlamatJl. Raya Ubud No.35, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam Buka:Setiap hari 04.00 WITA – 18.00 WITA

6. Pasar Seni di Bali Sukawati

via baligetaway.co.id

Pasar Seni Sukawati menjadi salah satu tempat perbelanjaan populer yang banyak diincar wisatawan. Di sini, kamu bisa membeli aneka kerajinan dari para seniman, mulai dari patung, anyaman tas, baju khas Bali, pernak pernik, dan masih banyak lagi.

Di sini, ada berbagai kios yang menjual aneka oleh-oleh. Kalau bisa, kunjungi satu per satu untuk mendapatkan barang dan harga terbaik. Jangan beli di satu kios saja kalau nggak mau nyesel. Siapa tau di kios sebelah harganya lebih terjangkau dan kualitasnya pun lebih bagus.

Alamat: Jalan Raya Sukawati, Sukawati, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam Buka: Setiap hari 06.00 WITA – 18.00 WITA

7. Wake Bali Art Market

via id.foursquare.com

Wake Bali Art Market bisa dibilang tempat yang cukup nyaman untuk berbelanja. Setiap barang ditata dengan rapi di setiap rak, jadi kita bisa lebih mudah mencari barang yang diinginkan. Disini, kamu nggak cuman bisa beli cinderamata seperti kalung, pernak-pernik, daan sejenisnya. Ada juga aneka parfum, hand body, aroma terapi, dan aneka jajanan khas Bali. Di sini lengkap banget, jadi kamu bisa membeli berbagai jenis oleh-oleh sekaligus tanpa harus pergi ke tempat-tempat lain.

Alamat:Jl. Kartika Plaza No.9, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka:Setiap hari, 09.00 WITA – 00.00 WITA

8. Pasar Seni Semarapura Klungkung

via balitravelhealth.net

Pasar Seni Semarapura Klungkung cocok buat kamu yang suka dengan aneka kain tradisional. Di setiap sudut kiosnya, hampir semuanya menjual kain tradisional Khas Bali. Ada kain endek, kain songket, pakaian adat untuk sembahyang, dan masih banyak lagi. Yang menjadi nilai jualnya adalah kain ini masih dikerjakan secara tradisional. Jadi, ada harga ada kualitas, ya!

Alamat:Jl. Diponegoro No.16, Semarapura Kelod Kangin, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali
Jam Buka:Setiap hari, 07.00 WITA – 15.00 WITA

9. Prapen Jewelry and Artifacts

via tripadvisor.com.id

Mau cari perhiasan di Bali? Mampir saja ke Prapen Jewelry and Artifacts. Tempat ini merupakan milik anggota keluarga Pande Mas yang merupakan salah satu keluarga pengrajin tertua di Pulau Dewata. Di sini, kamu bisa menemukan aneka perhiasan perak dengan berbagai motif yang cantik. Uniknya, motifnya terinspirasi dari ritual-ritual di bali, jadi kesannya nggak akan pasaran.

Ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh maupun hadiah ulang tahun, Meskipun terbuat dari perak, kualitasnya nggak perlu diragukan. Siapa saja pokoknya bakalan tampil lebih cantik dan elegan saat menggunakan perhiasan dari Prapen Jewelry ini.

Alamat:Jl. Jaga Raga No.66, Celuk, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WITA – 16.00 WITA

10. Rote Adhi Stone Carver

via krisnamahay.blogspot.com

Kalau senang megoleksi seni pahat batu, nggak ada salahnya mengunjungi Rote Adhi Stone Carver. Disini tersedia berbagai patung pahat yang terbuat dari batu alam. Kamu bisa memesan patung pahat kecil maupun besar. Beli barang langsung jadi pun bisa. Kamu bisa melihat berbagai pilihannya di ruang galeri.

Ada berbagai jenis pilihan batu, mulai dari sand stones, lime stones, lava granite stones hingga perunggu yang dibuat menjadi patung-patung yang cantik. Jadi, belilah sesuia budget dan selera, ya!

Alamat: Banjar Seraya, Jl. Raya Singapadu, Singapadu, Sukawati, Gianyar, Bali
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WITA – 17.00 WITA

Itulah 1o Pasar Seni di Bali yang wajib kamu kunjungi saat ada di Pulau Dewata. Kamu mau berkunjung ke Pasar Seni yang mana?

Berikan komentarmu

Related articles

 #baju bali murah #harga baju bali #harga di pasar seni kuta #harga pie susu #oleh oleh bali #oleh oleh khas bali #pasar seni harga murah #pasar seni terdekat bali #pasar sukawati #pasar ubud bali #pie susu bali #souvenir bali #tempat oleh oleh bali
Share di whatsapp

Pilihan editor