Share this
Share

Share

shares

10 Pantai di Jogja Rasa Bali yang Wajib Kamu Junjungi

14 September 2020  Ajeng

Liburan ke Yogyakarta rasanya belum lengkap kalau belum mampir ke pantainya, kan? Pantai di Jogja terkenal dengan keelokan panoramanya. Tidak hanya satu atau dua, lho! Puluhan pantai bisa kamu temukan di daerah yang terkenal dengan keramahan dan kesederhanaan warganya. Setiap pantai tentu saja memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing, bahkan beberapa diantaranya rasanya seperti pantai di Bali. Apa saja? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Pantai Ngobaran

via instagram.com/arif_suparwono

Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul 55871, D.I. Yogyakarta, tepatnya berada di dekat pantai Ngrenehan. Daya tarik dari pantai ini adalah situs-situs peribadatan yang berdekatan seperti masjid, Joglo untuk peribadatan Kejawen, dan yang paling mencolok adalah sebuah bangunan seperti pura yang didalamnya berdiri patung-patung dewa berwarna putih.

Selain situs peribadatan, pemandangan pantainya pun nggak kalah keren. Pantai Ngobaran memiliki pemandangan luar biasa cantik dengan tebing yang menjulang tinggi. Di dalam airnya yang bersih dan jernih tersimpan berbagai biota laut yang terjaga. Ada juga landak laut, bintang laut, kerang-kerang, dan ikan disela-sela karang yang bisa kamu nikmati.

2. Pantai Parangtritis

via travel.tempo.co

Siapa yang tidak kenal dengan pantai yang satu ini? Parangtritis adalah salah satu pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Jalan Parangtritis km 28, Yogyakarta 55188. Suasana Parangtritis mampu menghipnotis siapa saja yang melihatnya karena keindahan airnya yang biru dan pemandangan air terjun yang terletak tepat di bibir pantai. Pantai ini terkenal dengan fasilitas olahraga paralayangnya yang bisa memberikan kamu pengalaman terbang menikmati keindahan pantai dari ketinggian hingga 200 meter di atas permukaan laut.

Namun, kalau kamu tidak punya nyali yang cukup kuat, lebih baik jangan dicoba, ya. Jika tidak suka olahraga ekstrem, kamu bisa melakukan hal lain seperti berenang , naik ATV, bermain layang-layang, atau menyusuri ujung pantai dengan menaiki bendi atau kereta kuda. Bagi yang lebih suka berkuda sendiri, kamu bisa menyewa kudanya saja dan berkeliling pantai.

3. Pantai Baron

via pantainesia.com

“Baron” berasal dari nama gelar terendah para bangsawan di kerajaan Eropa pada abad pertengahan. Menurut cerita dari warga setempat, pada tahun 1930-an pantai ini pernah difungsikan sebagai tempat penyimpanan senjata dan tempat persembunyian oleh bangsa Belanda. Dahulu pantai Baron masih kosong tidak berpenghuni.

Berbeda dengan sekarang, Pantai Baron sudah menjadi daya tarik wisata yang menyuguhkan panorama eksotis. Ciri khasnya adalah ombaknya yang ganas, dilengkapi pemandangan mercusuar yang menjulang tinggi di sebuah pulau karang. Mercusuar Tanjung Baron masih aktif dan difungsikan hingga sekarang. Menara ini digunakan sebagai alat navigasi ketika keadaan darurat seperti mengalami kerusakan.

Jika mengunjungi pantai Baron, kamu tidak diizinkan untuk berenang. Namun, kamu nggak usah khawatir. di Pantai baron kamu bisa menikmati pemandangan dari atas air laut dengan menyewa kapal yang disediakan.

4. Pantai Drini

via dolanyok.com

Salah satu pantai Gunung Kidul ini memiliki keunikan tersendiri. Ada satu pulau kecil ditengah perairannya yang membuat pantai seperti terbelah dua. Menurut penuturan warga, dahulu di sepanjang pulau kamu bisa menemukan banyak tanaman santigi, yang mana masyarakat setempat biasa menyebutnya drini. Dari nama tanaman inilah “drini” dijadikan nama pulau dan pantainya.

Dari atas pulau, kamu bisa menikmati pemandangan lengkap Pantai Drini, perahu-perahu nelayan yang berjajar rapi, air laut berwarna kehijauan, dan ikan-ikan cantik  yang saling berkejaran. Selain itu, kamu juga bisa memancing ikan disini.

Lalu, apakah di Pantai Drini kita diperbolehkan berenang? Tentu saja bisa, asalkan berenang di sisi sebelah barat yang ombaknya tenang. Setelah puas berenang dan main ke pulau, jangan lupa untuk menyempatkan bersantai di gazebo-gazebo cantik beratap ilalang yang ada di pinggir pantai sambil menikmati hidangan laut yang lezat.

5. Pantai Kesirat

via rimbakita.com

Kalau kamu bosan berkemah dengan pemandangan hutan atau awan diatas puncak, coba mampir dulu ke Pantai Kesirat. Salah satu pantai di Jogja ini begitu populer dengan keunikannya dibandingkan pantai-pantai pasir putih lain. Tidak ada dataran pasir putih yang menurun ke arah laut. Pemandangan yang disuguhkan bisa dibilang tidak biasa, tetapi luar biasa. Kamu akan menapakan kaki di sebuah tebing dengan rerumputan hijau diatasnya, dan tepat dihadapanmu terbentang lautan luas yang indah dihiasi pohon abadi yang berdiri dengan kokoh di tepi tebing.

Kamu akan semakin dibuat kagum dengan suasana senja yang begitu sempurna saat matahari mulai terbenam. Begitupun momen matahari terbit kala fajar. Nah jika ingin menikmati keduanya, nggak ada salahnya untuk membawa tenda dan berkemah disini seperti yang banyak dilakukan wisatawan lainnya. Dijamin, kamu akan mendapatkan momen keren dan romantis yang tak pernah terlupakan. Namun ketika berkemah disini, harus tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam, ya. Jangan sampai kamu pulang meninggalkan sampah atau api bekas pembakaran yang masih menyala.

6. Pantai di Jogja Glagah

via rimbakita.com

Pantai Glagah identik dengan tetrapod dan laguna. Ada ratusan tetrapod yang bertumpuk di tepi pantai ini yang berfungsi sebagai penahan dan pemecah ombak. Tetrapod diperlukan karena air laut disini bisa dibilang agresif. Ombak yang datang dari aliran laut selatan selalu ganas terutama ketika bulan sedang berada di fase new moon. Kamu tentu saja tidak akan diperbolehkan untuk berenang karena bisa-bisa kma tergulung ombak.

Jika ingin menikmati pemandangan unik yang ada di seluruh pantai, kamu jangan khawatir. Kamu masih bisa menikmati keindahan suasana sunset dan sunrise dari daratan, memancing di area tetrapod, berfoto sepuasnya, serta berlayar mengelilingi pantai dengan perahu sewa.

7. Pantai di Jogja Ngamblor

via outingjogja.com

Untuk kamu yang suka snorkeling, pantai ini wajib kamu kunjungi. Disana kita bisa menyelami kawasan pesisir selatan Yogyakarta dengan pemandangan dasar laut yang sangat indah, di mana terdapat deretan terumbu karang dan biota laut cantik. Buat yang gngak suka snorkelling, kamu masih bisa menikmati semua keindahan pantainya dengan berenang, berfoto, dan bermain pasir. Panorama pantai yang disuguhkan disini unik dan luar biasa menakjubkan. Pantainya berbentuk seperti huruf “M” di mana dua bukit karang raksasa, yaitu “Watu Kuntul” dan “Watu Kalong”.

Kamu tentu saja tidak ingin melewatkan momen untuk berfoto dengan “mereka berdua”. Walaupun wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas, masyarakat di sini melarang siapapun untuk memancing ikan kecuali sekali dalam setahun. Penangkapan ikan pun harus dilakukan dengan proses tertentu.

8. Pantai Indrayanti

via camerawisata.com

Pantai dengan nama unik ini berada di Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mengapa dinamakan pantai Indrayanti? Indrayanti bukanlah nama sebenarnya dari pantai ini, akan tetapi ada sebuah restoran di pantai yang bertuliskan Indrayati sehingga banyak masyarakat yang menjadikan nama tersebut sebagai nama pantai agar lebih mudah diingat.

Di pantai yang pasir putihnya menawan ini, kamu bisa berenang, bermain jet ski, bermain voli di pantai, dan nongkrong cantik di gazebo-gazebo keren, yang kalau malam hari akan terlihat cantik dengan lampu warna warni. Kalau masih betah, kamu bisa bermalam di penginapan yang sudah tersedia dengan konsep natural.

9. Pantai Wohkudu

via brobali.com

Di Pantai Wohkudu, kamu bisa melihat jajaran tenda-tenda pengunjung yang camping di area ini. Area camping terbagi menjadi tiga bagian berbentuk seperti tingkatan. Area pertama letaknya paling jauh dari bibir pantai. Area kedua memiliki tempat yang lebih luas dari lahan pertama sekaligus bisa melihat pemandangan air laut. Area ketiga memiliki lahan yang berdekatan langsung dengan laut. Di lahan ketiga, pengunjung tidak diperbolehkan untuk menyalakan api unggun karena risiko tersapu gelombang cukup tinggi. Oleh karena itu, kamu harus ekstra hati-hati.

Berbicara fasilitas, jangan khawatir. Disini kamu bisa menikmati keindahan langit, panorama laut, dan tebing di malam hari sambil menyalakan api unggun. Namun, dari sisi tengah ini kamu tidak bisa melihat matahari terbit dan tenggelam  karena tertutup oleh kedua tebing raksasa tersebut.

10. Pantai di Jogja Wediombo

via nginepdijogja.com

Pantai Wediombo ada di Jepitu, Girisubo, Pendowo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nama “Wediombo” diambil dari bahasa jawa yakni “wedi” yang artinya pasir dan “ombo” yang berarti luas. Sesuai namanya, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas dilengkapi bukit-bukit karang yang cantik. Selain itu, sisa sisa gunung api di masa lalu bisa kamu lihat disini.

Air laut di pantai ini jernih, menggoda setiap orang yang berkunjung untuk merasakan sejuknya berenang bersama ikan-ikan dan karang. Ada juga kolam alami yang terbentuk dari batu-batu karang, dan pengunjung bisa berenang di dalamnya.

Untuk yang suka memancing, boleh banget membawa alat pancing sendiri. Siapa tahu kamu bisa dapat ikan-ikan besar seperti tenggiri, kerapu, kakap, dan masih banyak lagi.

Itulah 10 pantai di Jogja rasa Bali yang bisa kamu kunjungi bersama teman dan keluarga. Abadikan momen bersama saat di pantai agar pengalaman liburan kamu menjadi lebih berkesan!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan komentarmu

Related articles

 #baju pantai #harga baju pantai #pantai cantik #pantai di jogja #pantai di jogja apa aja #pantai indrayanti #pantai jogja gunung kidul #pantai jogja running man #pantai jogja yang bagus #pantai jogja yang sudah buka #pantai kesirat #pantai mirip bali #pantai untuk bulan madu #pantai untuk camping #pantai untuk foto #pantai yang sudah buka
Share di whatsapp

Pilihan editor