Share this
Share

Share

shares

10 Oleh-oleh Bandung Hits yang Wajib Masuk List Belanja

20 September 2020  Ajeng

Wisata ke Bandung sebaiknya nggak hanya diabadikan melalui foto saja. Setidaknya ada souvenir atau oleh-oleh lainnya yang bisa mengingatkan kamu akan Kota Kembang ini. Selain itu, oleh-oleh juga bisa kamu berikan untuk teman dan orang-orang tersayang di rumah. Jadi, oleh-oleh Bandung apa saja yang bisa kamu beli? Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Brownies Kukus Amanda

via tempatwisatadibandung.info

Brownies menjadi salah satu kue bolu yang disukai banyak orang. Untuk itu, kamu bisa banget beli kue yang satu ini buat oleh-oleh keluarga di rumah. Brownies yang bisa kamu beli di Bandung adalah Brownies Kukus Amanda. Brownies yang satu ini memiliki cita rasa khas yang lezat dengan tekstur lembut uang lumer di mulut. Kamu nggak hanya bisa memesan rasa coklat saja, tetapi ada juga varian rasa lainnya seperti cheese cream, choco marbel, tiramius, blueberry, dan masih banyak lagi.

Brownies Kukus Amanda ini nggak hanya dijual di Jalan Rancabolang No. 29, Margahayu Raya. Kamu juga bisa menemukan oleh-oleh ini di kios pinggir jalan dan toko oleh-oleh lainnya. Tanggal kadaluarsanya biasanya empat hari saat brownies itu dibeli. Jadi, segera beli brownies ini dan berikan pada orang-orang tersayang!

2. Bolu Gulung

via id.pinterest.com

Selain brownies, ada juga oleh-oleh bolu gulung. Makanan yang satu ini bisa kamu temukan di Toko Bolu Bawean. Bolu gulung adalah makanan yang paling laris terjual di toko ini. Rasanya lumer di mulut dengan tekstur yang sangat lembut. Yang tidak kalah menarik adalah tampilannya yang sangat menggugah selera. Di setiap sudut etalase, kamu bisa menemukan aneka kue dengan tampilan yang sangat cantik. Bahkan, aromanya juga bisa membuat kamu lapar seketika.

Selain bolu gulung, ada juga aneka kue dan bolu lainnya. Ada taarten, lapis malang, cake, bagelen, macaroon, dan kue kering. Kalau penasaran, langsung saja datang ke Jalan Bawean No 4, Bandung.

3. Bandung Kunafe

via bandungkunafe.com

Orang sempat ‘latah’ dengan kue-kue artis yang katanya rasanya lumer di mulut. Sebut saja Bandung Kunafe. Kue besutan Irfan Hakim dan Ananda Omesh ini sukses mencuri perhatian karena ciri khas kuenya yang berasal dari bahan dasar Japanese Cheese Cake. Bahan tersebut kemudian diolah dan menghasilkan berbagai varian filling. Ada Kunafe Greentea, Kunafe Chocolate, Kunafe Cheese, Kunafe Nutella, Kunafe Tiramisu, dan Kunafe Durian.

Untuk oleh-oleh, sebaiknya kamu memesan lebih dari satu varian rasa. Beli rasa greentea untuk adik, dan rasa durian untuk ayah, misalnya. Jadi, kalau inget Bandung, inget Bandung Kunafe juga!

4. Oleh-oleh Bandung Kue Kartika Sari

via shopee.com/mondyanandaa

Untuk pusat oleh-oleh Bandung lainnya, kamu bisa mengunjungi Kartika Sari. Di sini, kamu bisa membeli aneka kue seperti peuyeum bollen, cheese roll dan stick, brownies bakar dan kukus, dan masih banyak lagi. Untuk olahan bollen sendiri, ada banyak varian rasanya, mulai dari durian, apel, kacang hijau, pisang, dan cokelat. Selain kue dan bolu, tersedia juga jajanan tradisional sepert lemper ayam, risoles, kroket, bacang, dan masih banyak lagi.

Kedai ini sudah dibuka sejak tahun 1970-an. Oleh karena itu nggak heran kalau kedai yang satu ini sudah terkenal sampai wisawatan mancanegara. Jadi, kalau kamu berasal dari luar kota atau pulau jawa, beli oleh-oleh di Kartika Sari, ya!

5. Oleh-oleh Bandung Baso Aci

via shopee.com/ajeng_sylvia

Baso aci mendadak populer di kalangan anak muda, khususnya di Bandung. Makanan yang satu ini tersebar di berbagai penjuru kota Bandung. Biasanya, orang akan rela mengantre demi mendapatkan santapan lezat dari baso aci ini. Untuk itu, banyak yang berinovasi membuat Baso Aci kemasan agar kamu yang berasal dari luar bandung bisa mencicipi jajanan kekinian ini.

Kalau kamu bingung mau cobain baso aci yang mana, cobain aja Baso Aci Neng Geulis. Harganya ramah di kantong, yaitu Rp 15 ribu saja per kemasan. Di dalamnya sudah ada baso aci isi daging dan kacang, batagor siomay, sukro cikur, bumbu jeruk, minyak bawang, dan cabai kering. Buat oleh-oleh, sebaiknya beli lebih dari satu, ya! Jajanan yang satu ini soalnya nagih banget!

6. Peuyeum

via kebudayaan.kemdikbud.go.id

Kalau bosan dengan kue dan sejenisnya, kamu bisa banget beli Peuyeum Bandung. Peuyeum merupakan singkong yang difermentasi, sehingga teksturnya menjadi lebih lembut dan rasanya sedikit asam. Makanan yang satu ini hampir mirip dengan tape. Bedanya, peuyeum lebih berair dan encer. Kamu bisa membeli oleh-oleh yang satu ini ini di pasar tradisional atau di pusat oleh-oleh Bandung di sekitaran Rancaekek dan Nagreg. Harganya terjangkau, mulai dari Rp 10 ribuan saja per kotaknya.

7. Tahu Susu Lembang

via pergikuliner.com

Bosan dengan rasa tahu yang gitu-gitu aja? Yuk, cobain Tahu Susu Lembang! Makanan yang satu ini dicampur dengan susu, sehingga rasanya menjadi lebih gurih dan nikmat. Teksturnya pun lebih lembut dan tidak berair. Karena makanan yang satu ini lebih enak kalau disantap selagi hangat, kamu sebaiknya membeli tahu susu lembang yang masih mentah. Apalagi untuk olhe-oleh, nggak mungkin, kan, ngasih tahu susu yang sudah dingin?

Untuk satu pak tahu susu dihargai sebesar Rp 15 ribu – Rp 25 ribu. Lokasinya ada di Jalan Raya Lembang-Bandung, No.177 dan buk setiap hari pukul 08.00 – 19.00 WIB.

8. Oleh-oleh Bandung Souvenir

via pasarbarubandung.files.wordpress.com

Selain makanan, kamu juga bisa beli souvenir sebagai oleh-oleh. Biar lebih gampang, kamu bisa pergi ke Jalan H. Akbar No.10, Bandung. Di sana, terdapat Galeri Cupumanik yang isinya berbagai souvenir cantik khas Bandung, mulai dari gantungan kunci, alat permainan tradisional, topeng, wayang golek, miniatur angklung, dan masih banyak lagi. Harganya bervariasi, yaitu mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 3 juta tergantung dari jenis souvenir, bahan pembuatan, dan kerumitan pembuatannya.

9. Oleh-oleh Bandung Oncom

via mamikos.com

Oncom merupakan jenis makanan yang terbuat dari kacang tanah atau ampas kelapa yang diberi ragi. Di Bandung sendiri, umumnya oncom terbuat dari kacang tanah. Dari hasil pemberian ragi tersebut, warna permukaan oncom akan berubah menjadi oranye. Oncom ini sangat nikmat jika dicampur dengan nasi. Tanpa lauk pun, makan siang kamu akan tetap terasa nikmat dengan oncom.

Selain itu, oncom juga sering diolah menjadi bentuk makanan lain. Misalnya, tutug oncom, ulukutek leunca, pepes, keripik, dan masih banyak lagi. Jadi, kalau kamu mau bawa oleh-oleh Bandung yang khas dan menarik, beli saja oncom!

10. Oleh-oleh Bandung Rujak Cireng

via wowkeren.com

Cireng adalah salah satu camilan yang cocok sebagai teman bersantai. Rasanya yang kenyal akan sangat nikmat jika ditambah dengan balutan saus sambal. Di Bandung, kamu bisa menemukan cireng yang unik dengan rasa yang sangat lezat. Namanya Rujak Cireng. Cireng dibuat seperti biasa dari tepung kanji, lalu dipadukan dengan bumbu rujak yang rasanya pedas, asam, dan masin. Makanan yang satu ini bisa kamu beli dengan harga Rp 7 ribu sampai Rp 21 ribu per kemasan. Ada duaa varian rujak cireng, yaitu kerupuk cireng dan cireng salju. Keduanya sama-sama dibalut dengan bumbu rujak. Mantap!

Itulah sepuluh oleh-oleh Bandung yang bisa kamu jadikan referensi. Jadi, lengkapi liburan kamu di Kota Kembang dengan oleh-oleh di atas biar lebih berkesan!

Berikan komentarmu

Related articles

 #cafe di cihampelas #harga bandung makuta berapa #harga sepeda lipat #jalan cihampelas #oleh oleh bandung apa aja #oleh oleh bandung kekinian #oleh oleh bandung tahan lama #oleh oleh bandung terdekat #oleh oleh bandung yang bisa dibawa pulang #oleh oleh cihampelas #rujak cireng bandung
Share di whatsapp

Pilihan editor