10 Museum Sains Terbaik, Cocok untuk Belajar Sambil Bermain

Spread the love

Rasa malas adalah perasaan yang lumrah terjadi saat mencari tahu tentang suatu hal, khususnya di bidang pengetahuan. Sebagian orang suka pusing kalau udah lihat deretan kalimat berlembar-lembar, belum lagi dengan angka, rumus, dan sebagainya. Sebenarnya, ini bisa diatasi dengan cara yang lebih fun. Salah satunya adalah dengan mengunjungi Museum Sains. Meski memang terbilang kurang kondusif, setidaknya kita bisa mendapatkan beberapa pengetahuan baru dan mempelajari beragam hal dengan cara yang menyenangkan. Berikut ini adalah sepuluh Museum Sains keren dan terbaik yang bisa dikunjungi.

1. Museum Sains: Puspa IPTEK Sundial

Warga Bandung nggak perlu pusing mencari Museum Pengetahuan. Selain Museum Geologi, ada juga Puspa IPTEK Sundial yang berlokasi di Kota Baru Parahyangan, Bandung. Museum yang satu ini terbilang unik karena berbentuk jam matahari raksasa. Bahkan, Puspa Iptek ini dinobatkjan sebagai jam matahari horisontal terbesar di Indonesia oleh Museum Rekor Indonesia. Jam matahari ini memiliki jarum sepanjang 50 meter dan tingginya 15 meter dari tanah.

Museum Sains yang satu ini sering dikunjungi oleh rombongan pelajar. Nggak heran karena wahan pendidikan ini dilengkapi dengan beragam peraga interaktif dan edukatif. Mulai dari Bongoson, Bola Melayang, Waskom Air Mancur, Sepeda Gantung, Cermin Melayang, Kursi Paku, Cermin Tak Hingga, Generator Van Degraff, sampai Bioskop  4 Dimensi. Nggak usah khawatir nggak bisa make, ya. Disana sudah ada instruktur yang akan membantu kamu belajar sambil bermain.

2. Museum Sains: Telekomunikasi

Museum Telekomunikasi diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1991. Di museum yang satu ini, kita bisa mengetahui perkembangan pertelekomunikasian di Indonesia dari masa ke masa. Misalnya, ada alat peraga pada masa sebelum perang, awal kemerdekaan, orde baru, hingga masa depan telekomunikasi dunia. Untuk bisa berkunjung kesini, kita hanya perlu memilih hari dari Senin sampai Minggu, mulai pukul 9.00-16.00 WIB. Adapun yang menjadi daya tarik dari museum ini, yaitu memiliki atap berbentuk kubah berwarna biru

3. Museum Listrik dan Energi Baru

Kalau sedang berada di kawasan TMII, nggak ada salahnya kita mampir ke Museum Listrik dan Energi Baru. Disini, kita bisa mempelajari beragam teknologi kelistrikan dan energi. Misalnya, mulai dari sejarah, aplikasi dari masa ke masa, hingga semangat inovasi. Kita bakal dibuat betah karena museumin menampilkan sebanyak 619 unit koleksi peraga yang ada di dalam dan luar gedung. Untu bagian dalamnya sendiri meliputi pengenalan energi, teori, sejarah, hingga pemanfaatan energi. Museum yang satu ini mengusung konsep rekreatif, edukati, dan inovatif. Untuk itu, bisa banget dateng kesini pada pukul 9.00 – 16.00 dari Selasa sampai Minggu.

4. Planetarium Jakarta

Kita juga bisa belajar pengetahuan baru di Planetarium Jakarta. Disini, kita bisa menikmati wahana simulasi perbintangan dan benda-benda langit. Rupanya, pembangunan Planetarium ini digagas oleh Presiden Soekarno. Bekerjasama dengan pakar keastronomian Institut Teknologi Bandung, Planetarium ini mulai dibangun pada 1964 dan resmi beroperasi pada 1968. Di Planetarium ini, kita bisa belajar mengenai benda-benda langit dengan cara yang seru. Adapun beberapa wahananya, mulai dari Teater Bintang, Teleskop Observatorium, dan ruang pameran.

5. Museum Sains Bogor Zoology

Di kawasan Kebun Raya Bogor, kita bisa mampir dulu ke Bogor Zoology. Sesuai dengan namanya, tempat yang satu ini menyuguhkan pengetahuan terkait fauna. Diantaranya ada satwa langka, dan beberapa hewan seperti  burung, kepiting, serangga dan ikan yang diawetkan. Kit ajug abis lebih leluasa bereksplorasi karena museum ini menyediakan tujuh ruang pameran. Namun , ada satu ruangan yang jarang dimasuki pengunjung karena kurangnya pencahayaan, sehingga hewan-hewan yang dipamerkan tidak begitu terlihat jelas. Adapun ruangan-ruangan yang bisa dikunjungi, diantaranya koleksi Paus Biru, Badak, aneka ragam ikan, kelelawar, dan masih banyak lagi.

Baca juga artikel menarik lainnya:

6. National Emerging Science and Innovation Miraikan, Jepang

National Emerging Science and Innovation atau sering yang sering disebut Miraikan merupakan salah satu museum pengetahuan yang terkenal di Tokyo. Museum yang satu ini mulai didirikan pada tahun 2001 silam. Yang menarik dari museum ini adalah pengunjung bisa mendapatkan jawaban dari rahasia alam semesta. Ada tiga zona yang bisa dieksplor, yaitu Explore the Frontiers, Create Your Future, dan Discover Your Earth. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati atraksi seru lainnya, seperti Geo-Cosmos, globe LED raksasa yang menampilkan berbagai fenomena alam secara real-time, dan demonstrasi robot ASIMO. Kalau berkesempatan jalan-jalan ke Negeri Sakura, coba mampir ke sini, ya…

7. Museum Sains Deutsches, Jerman

UNESCO menobatkan Museum Deutsches Jerman sebagai salah satu museum sains terbaik di dunia. Di museum ini, pengunjungbisa mempelajari kurang lebih 28.000 objek sains dan 50 cabang ilmu sains. Angka tersebut belum termasuk koleksi tidak tetap yang terus berganti setiap musim. Museum yang dikunjungi 1,5 juta pengunjung per tahun ini memiliki beberapa koleksi populer. Mulai dari meja kerja Galileo Galilei, naskah asli Copernicus, mesin cetak buatan Gutenberg, mesin pertama rancangan Werner&William Siemens dan kamera pertama di dunia karya Jacques Da Guerre.

8. Science Museum, Denmark

Museum unik lainnya yang bisa jadi alternatif liburan sambil belajar adalah Science Museum Denmark. Di museum yang satu ini, kita bisa menemukan beragam kerajinan tangan yang menarik sampai cara pembuatan robot yang ditampilkan dengan elegan. Menariknya lagi, pengunjung juga bisa mencoba langsung berbagai wahana interaktif, yang tentu saja didampingi oleh instruktur agarkita nggak salah saat mengoperasikannya. Akses menuju museum ini tidak terlalu sulit, yaitu hanya 20 menit dari pusat kota Kopenhagen.

9. Hongkong Space Museum

Masih dari luar negeri, museum yang nggak kalah menariknya adalah Hong Kong Space Museum. Museumi yang satu ini menyuguhkan sensasi bberjalan-jalan di luar angkasa. Bahkan, planteariumdi museum ini dinobatkan sebagai yang tercanggih di dunia. Adapun beberapa wahana yang bisa kamu coba, beberapa diantaranya Hong Kong Space Museum Exhibition, Astronomy Carnival, Astronomy Happy Hour – Lunar Observation, Astronomy Film Show, Hong Kong Space Museum Starry Sky Tour, dan masih banyak lagi.

Astronomy Carnival adalah salah satu spot favorit para pengunjung. Disini, kita bisa menikmati suasana langit empat musim menggunakan sistem proyeksi yang canggih, yang merupakan ciri khas di Kuil Ho Hau.

10. Art Science Museum Singapore

Yang terakhir adalah Art Science Museum yang ada di Singapur. Bangunan tersebut merupakan Museum Seni Sains pertama di dunia yang resmi beroperasi pada tahun 2011. Di sini, seni dan ilmu pengetahuan digabungkan, sehingga menghasilkan karya-karya cantik yang bisa kita lihat seperti gambar di atas. Dengan demikian, siapa saja yang suka mengambil foto estetik, tempat ini bisa jadi solusinya. Btw, museum ini dilengkapi dengan beragam ruang pameran. Beberapa diantaranya adalah Future World, Nature, Town, Park, dan Space.

Berikan komentarmu