10 Masjid Cantik, Wisata Religi dengan Suguhan yang Instagenic

Spread the love

Ada beragam jenis wisata yang bisa kita sambangi untuk menghabiskan masa liburan. Salah satunya adalah Wisata Religi. Jenis wisata yang satu ini nggak susah ditemukan di Indonesia, terlebih Tanah Air tercinta ini juga mengakui enam agama dengan Islam sebagai mayoritasnya. Wisata religi yang bisa dikunjungi salah satunya adalah bangunan tempat ibadah alias masjid. Siapa saja bisa berkunjung kesini termasuk non muslim karena sedianya wisata ini juga menyuguhkan wawasan keagamaan. Wisata Religi Masjid di Indonesia sendiri nggak hanya menyuguhkan sejarah dan juga aktivitas keagamaan, tetapi juga bangunan-bangunannya dibuat nyentrik, sehingga itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Buat yang penasaran, langsung aja simak sepuluh daftar Masjid Cantik di Indonesia berikut ini.

1. Masjid Raya An-Nur, Bintan

Masji Raya An-Nur meruapakan salah satu masjid Instagenic yang bisa kita kunjungi saat berwisata di Bintan, Kepulauan Riau. Yang menjadi daya tarik masjid ini adalah kubahnya yang  warna-warni dengan aksen keemasan, dan cat berwarna merah muda. Meski dari luar masjid iini terlihat kecil, namun kita bisa melihat dalam masjid ini yang lumayan besar. Desain dalam kubahnya juga nggak kalah cantik. Jadi, wisatawan bisa leluasa mengambil foto di beberapa spot cantik di masjid ini.

2. Masjid Cantik: Asmaul Husna

Masjid yang nggak kalah hitsnya ada di Center Point of Indonesia (CPI), Pantai Losari, Makassar. Masjid yang satu ini sudah telihat begitu cantik dari luar. Apalagi kalau bukan penampakan kubahnya yang berjejer rapi, dengan warna oranye yang semakin mempercantik masjid tersebut. Masji berjuluk 99 Kubah ini rupanya dibangun dengan biaya sebesar Rp160 miliar. Untuk itu, nggak heran kalau jemaah yang bisa ditampung mencapai 13.075 orang. Desain masjid ini ternyata hasil desain Gubernur Jawa Barat saat ini, Ridwan Kamil. Menurutnya, proyek masjid tersebut adalah yang termegah yang ada di Indonesia Timur tahun 2019.

3. Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Kalau sedang berjalan-jalan di Batam, jangan lupa mampir ke Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah. Lokasinya ada di Tanjunguncang, Batuaji.  Masjid yang satu ini menampilkan daya tarik berupa bangunan yang didominasi warna putih, serta payung membran ala-ala di Madinah. Jadi, kita bisa merasakan suasana seperti di Tanah Suci saat mengunjungi masjid ini. Yang non-muslim bisa juga berkunjung kesini, tentu saja untuk sekedar bersantai di pelataran area payung membran tersebut , atau untuk aktivitas lainnya. Menariknya lagi, kita bisa melihat Kota Batam dari ketinggian. Caranya adalah dengan naik ke menara masjid ini yang ketinggiannya mencapai 99 meter. Tenang aja..naik lift, kok..

4. Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Banda Aceh memiliki satu masjid megah  yang menjadi ikon Kota Serambi Mekah tersebut. Apalagi kalau bukan Masjid Raya Baiturrahman yang juga menjadi saksi bisu tragedi Tsunami Aceh pada tahun 2004. Masjid yang satu ini dibangun dengan gaya arsitektur kuno khas India. Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam tak lain adalah sosok yang mendirikan masjid raya ini pada 1612 Masehi. Dan yang bisa kita lihat saat ini, Masjid Raya Baiturrahman semakin megah usai direnovasi beberapa kali, salah satunya pasca tsunami Aceh. Berasa jalan-jalan di Taj Mahal nggak sih?

5. Masjid Cantik: AR. Fachrudin, Malang

Saat berkunjung ke Malang, bisa banget meli[ir sejenak ke masjid yang berlokasi di Terminal Landungsari, Malang, tepatnya di Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas, Kota Malang, Jawa Timur. Masjid Ar. Fachrudin ini berdiri begitu megah dan luas yang dibangun lima lantai. Untuk tempat solatnya sendiri ada di lantai tiga sampai lantai lima jika masuk dari pinggir jalan raya. Sedangkan kalau kita masuk lewat belakang (bagian dalam kampus), di lantai satu kita akan menemukan kantin, koperasi, ATM, dan poliklinik. Sedangkan di lantai duanya dijadikan kantor takmir masjid, tempat wudu, aula, dan perpustakaan.

Baca juga artikel menarik lainnya:

6. Masjid Cantik Trans Studio Bandung

Bandung nggak cuman Masjid Alun-alun saja. Di jalan Gatot Subroto, ada juga masjid yang nggak kalah cantiknyam apalagi kalau bukan Masjid Trans Studio Bandung. Masjid ini memang berada di kawasan wisata terpadu Trans Studio Bandung. Yang menarik dari bangunan ini adalah desainnya yang mengusung tema seperti di Masjid Nabawi di Madinah. Kubahnya juga nggak kalah cantk dengan tampilan keemasan yang memberikan kesan megah. Masjid Trans Studio Bandung ini nggak hanya dijadikan sebagai tempat solat atau wisata religi saja, tetapi juga dijadikan tempat bermajelis ilmu yang didalamnya seringkali dihadiri anak-anak muda dengan pembicara hits seperti Ust. Hanan Attaki.

7. Masjid Lautze 2

Masih di Kota Kembang, ada juga masjid cantik lainnya yang bisa dikunjungi, yaitu Lautze 2. Masjid yang satu ini punya sentuhan gaya khas Tionghoa yang kuat. Ini bisa terlihat jelas dari warna cat bangunannya yang didominasi warna merah dan kuning, serta bentuk atap gentingnya yang lancip pada bagian ujungnya. Masjid yang satu ini selalu ramai, khususnya oleh pengunjung yang ingin belajar lebih dalam mengenai agama Islam. Untuk itu, masjid yang satu ini seringkali didatangi oleh muallaf.

8. Masjid Ramlie Musofa, Jakarta Utara

Masjid Ramlie Mustofa adalah salah satu wisata religi yang bisa kamu kunjungi di daerah Danau Sunter, Jakarta Utara. Sekilas, masjid yang satu ini terlihat seperti Taj Mahal.  Dan berkat kecantikannya tersebut, nggak sedikit wisatawan yang datang kesini untuk solat atau sekedar merebahkan badan dan menikmati keindahan masjid ini. Masji ini terbilang cukup megah dengan luas 2.000 meter persegi. Menariknya lagi, pendiri masjid ini merupakan seorang mualaf asal Tionghoa bernama Ramli Rasidin. Ia sengaja membangun masjid ini sebagai wujud cintanya terhadap Islam.

9. Masjid Muhammad

Meski mayoritas penduduknya beragama Hindu, Bali rupanya memiliki masjid cantik yang berdiri di Jalan Imam Bonjol No.335, Pemecutan Klod, Denpasar Barat, Kota Denpasar. Masjid Muhammad namanya. Jika dilihat dari luar,masjid ini memang terlihat tidak terlalu besar. Namun, pengunjung bisa langsung terkesima saat memasuki area bagian dalam masjid ini. Pintunya berjumlah empat dengan desain yang mirip seperti pintu Masjid Nabawi. Setiap pintunya diberi nama para Khulafaur Rasyidin, yaitu Abu Bakar, Umar bin Khattab, Ali bin Abi Thalib, dan Utsman bin Affan. Masjid ini selalu ramai karena setiap harinya dipastikan ada kegiatan keagamaan. Kalau jalan-jalan kesini, boleh ya mampir 🙂

10. Masjid Cantik: Khalifah

Bengkulu juga punya salah satu masjid yang berdiri cantik di Jalan Cendana, Padang Jati, Kec. Ratu Samban. Namanya Masjid Khalifah. Pendirinya adalah Maya Miranda Ambarsari yang merupakan seorang pengusaha sukses. Masjid ini didirikan di kampung halamannya, Bengkulu, yang proses pembangunannya terbilang cepat, yaitu setahun kurang dua bulan. Masjid ini tidak terlihat terlalu besar, namun ternyata bisa menampung hingga 1000 jemaah. Penampakan bangunannya sendiri terbilang menarik, dengan warna biru yang mendominasi. Penamannya sendiri diambil dari anak sematang wayang pengusaha tersebut, Muhammad Khalifah Nasif.

Berikan komentarmu